Kembali

Edukasi

Menarche, berbahaya atau tidak?

Menarche, berbahaya atau tidak?


Saat beranjak dari anak menuju dewasa, seorang anak perempuan akan mengalami beberapa ciri-ciri pubertas, mulai dari perubahan fisik hingga menstruasi pertama. Menarche adalah menstruasi pertama pada seorang perempuan. Tanda-tanda menarche meliputi pendarahan ringan, kram, hingga perubahan suasana hati. Menarche jadi tanda tonggak penting selama pubertas seorang perempuan, karena jadi tanda masa subur.

Menstruasi hanyalah salah satu bagian dari siklus menstruasi, rangkaian peristiwa bulanan yang mempersiapkan tubuh selama masa subur sehingga berpotensi untuk hamil. Saat menstruasi ada lapisan rahim yang luruh melalui vagina setiap bulannya, dan ini jadi tanda bahwa seseorang tidak hamil.

Menarche mengacu pada menstruasi pertama seseorang. Charm Girls, yang unik dari haid pertama bukan hanya awal dari berkembangnya proses reproduksi seorang perempuan, namun juga jadi bagian bagian yang menentukan dari transisi tubuh dari masa kanak-kanak ke dewasa, yang disebut pubertas. Jadi menarche juga jadi bagian dari ciri-ciri pubertas. 

Dalam proses pubertas, seorang anak perempuan juga akan merasakan ciri-ciri pubertas lainnya sebelum menarche atau menstruasi pertama ini, berikut penjelasannya:

  • Perkembangan payudara (dada).
  • Pinggul melebar.
  • Percepatan pertumbuhan.
  • Kulit berminyak dan berjerawat.
  • Pertumbuhan rambut di ketiak.
  • Pertumbuhan rambut kemaluan.

Tubuh dapat terus tumbuh setelah menarche. Tetapi seorang perempuan akan mengalami sebagian besar perubahan selama pubertas saat mendapat menstruasi pertama.

Penyebab menarche

Charm Girls, seorang anak perempuan yang mendapat menstruasi pertama atau menarche karena bagian dari proses reproduksi dan hormon seperti estrogen dan progesteron. Siapapun dengan anatomi reproduksi yang terkait dengan wanita saat lahir (AFAB) - vagina, rahim, saluran tuba, ovarium bisa mengalami menstruasi.

Seorang anak perempuan yang tengah pubertas pada umumnya bakal alami menstruasi antara usia 11 dan 14 tahun Cara lain untuk memprediksi kapan seorang anak perempuan akan menstruasi pertama adalah dengan mengingat kembali saat mendapati perubahan pada payudara atau dada. Menarche biasanya terjadi dua sampai dua sampai dua setengah tahun setelah payudara mulai berkembang.

Banyak faktor yang memengaruhi kapan menarche dimulai, tetapi biasanya menstruasi terjadi pada waktu yang sama dengan ibu atau orang tua kandung.

Charm Girls, saat seorang anak perempuan mendapatkan menstruasi pertama artinya tubuh sudah cukup matang untuk mendukung siklus menstruasi. Setiap bulan, indung telur akan menghasilkan sel telur, dan lapisan rahim bakal menebal dan akan meluruh hingga keluar melalui vagina dalam bentuk darah.

Nah Charm Girls, ada beberapa penyebab lain yang membuat seorang anak perempuan di masa pubertasnya mengalami menarche melalui genetika dan lingkungan yang keduanya berperan dalam memicu menarche:

1.Keturunan: 

Gen memengaruhi saat soeorang anak perempuan mendapatkan menstruasi pertama. Orang biasanya mendapatkan menstruasi seperti ibu atau orang tua kandungnya.

2.Hormon

Hormon di otak dan organ seks mengatur siklus menstruasi yang juga berperan dalam menarche.

3.Komposisi tubuh

Perbedaan fisik setiap orang juga menjadi salah satu ciri-ciri pubertas yang jadi penyebab menarche. Tinggi badan, berat badan, dan distribusi lemak dalam tubuh bakal berpengaruh saat seseorang mendapatkan menstruasi pertama.

4 Kesehatan

Stres, gizi buruk, dan kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan menarche terlambat dan menyebabkan menstruasi tidak teratur.

5. Lingkungan

Faktor lingkungan, seperti akses sumber daya, kemungkinan menarche terpengarug. Misalnya, orang dari negara yang lebih kaya cenderung mendapatkan menstruasi lebih cepat daripada orang dari negara yang kurang kaya.

Cara menghadapinya

Charm Girls, Menstruasi setiap bulan membutuhkan penyesuaian terhadap perubahan pada tubuh. Perubahan ini melibatkan edukasi soal organ reproduksi dan menemukan produk yang tepat untuk menghadapi menstruasi pertama. Kalian bisa menggunakan produk pembalut dari CHARM untuk mengawali menstruasi pertama. Ganti pembalut setiap empat hingga delapan jam dan jangan lupa untuk rajin juga mengganti celana dalam. Kebersihan jadi hal yang penting saat menghadapi menarche dan menstruasi selanjutnya.

Saat menghadapi menarche, Charm Girls juga mungkin akan mengalami gejala-gejala ini:

  • Kram (nyeri atau pegal di perut, punggung, atau kaki).
  • Kembung (perut terasa penuh atau bengkak).
  • Payudara lunak atau sakit (dada).
  • Breakouts (jerawat/jerawat berjerawat).
  • Perubahan suasana hati atau mood
  • Kelelahan.

Menarche tidak berbahaya 

Selama menstruasi, Charm Girls mungkin akan melihat darah merah atau coklat di pakaian dalam atau di toilet setelah menggunakan kamar mandi. 

Untuk menstruasi pertama, mungkin seorang perempuan akan  mengeluarkan darah sangat sedikit sehingga hanya terlihat beberapa titik sebelum menstruasi berakhir, atau, pendarahan yang mungkin ringan, berat, dan kemudian menjadi ringan lagi sebelum menstruasi berakhir.

Setiap orang mengalami menstruasi secara berbeda dan periode pertama sangat tidak dapat diprediksi. Jangan khawatir jika gejala atau menstruasi berbeda dari orang lain, karena setiap tubuh dan ciri-ciri pubertas juga berbeda.

Menarche bukanlah suatu hal yang berbahaya, di momen ini, Charm Girls bisa bertemu dengan dokter kandungan dan bertanya soal tentang perubahan yang dialami untuk mencari tahu beberapa hal, seperti berapa banyak perdarahan yang dianggap “normal” selama menarche, kapan menstruasi menjadi lebih dapat diprediksi, gejala apa yang bisa saya tangani di rumah dan saat kondisi seperti apa Charm Girls harus menemui dokter.  Semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan Charm Girls soal apa itu menarche dan seluk beluknya.

Apa itu menarche
Komentar (217)
A

An
Anonymous
Thanks infonya❤️
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
iya bermanfaat ya
22 days ago
An
Anonymous
3
19 days ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
ok
22 days ago
An
Anonymous
sip
19 days ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
4
22 days ago
floating-icon