Kembali

Edukasi

Pembalut wanita yang aman seperti apa ya? Yuk lihat penjelasannya!

Pembalut wanita yang aman seperti apa ya? Yuk lihat penjelasannya!


Menstruasi adalah fase yang wanita alami ketika dirinya telah mengalami pubertas. Menstruasi memiliki arti bahwa organ reproduksi wanita sudah matang dan siap memproduksi sel telur. Ketika haid perempuan akan mengeluarkan darah dari organ intimnya. Pembalut adalah produk kesehatan yang penting dan banyak dipakai oleh mayoritas wanita Indonesia. Pembalut wanita merupakan produk yang dipakai ketika haid. Berfungsi sebagai alat untuk menyerap dan menampung darah haid.

Karena penggunaannya berhubungan dengan organ intim, kira-kira pembalut wanita yang aman seperti apa ya? Sebelum jauh membahasnya, kita belajar sedikit yuk soal sejarah pembalut ya, Charm Girls. Usut punya usut ternyata wanita dari berbagai jaman sudah familiar dengan penggunaan pembalut, loh. Diketahui kalau penggunaan pembalut sudah ada sejak dari abad ke-10. Lalu, apa saja ya yang menjadi bahan pembalut?

Serba-serbi bahan pembalut

Kalau dilihat dari sejarahnya pembalut wanita terbuat dari berbagai bahan. Tentunya dilihat dari jaman-jaman yang berbeda serta datang dari peradaban yang berbeda. Hal ini mewarnai sejarah bahan dasar pembalut wanita.

Dahulu kala sebelum pembalut sekali pakai populer digunakan. Banyak wanita yang menggunakan pembalut dari bahan kain, kulit kelinci yang digunakan oleh orang Inuit, bulu domba, wol, bahkan daun papyrus yang digunakan pada jaman Mesir kuno. Terus, bahan-bahan pembalut yang bagus jaman sekarang apa aja ya?

Pembalut sekali pakai atau disposable pads yang populer beredar di jaman ini kebanyakan terbuat dari katun. Tidak jarang juga pembalut menggunakan bahan campuran katun dan rayon. Rayon merupakan bahan yang didapatkan dari serat selulosa yang berbahan dasar pulp kayu. Pembalut sekali pakai ditemukan pertama kali pada jaman perang dunia ke-2 oleh para perawat yang menggunakan bahan ini untuk dijadikan perban para prajurit.

Nah, demi menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Pembalut yang dipakai semasa haid harus menggunakan bahan yang tidak berbahaya bagi tubuh. Karena nyatanya banyak jenis pembalut yang masih menggunakan zat berbahaya dalam proses pemutihan (bleaching) bahan baku rayon. Kenapa ya hal itu berbahaya? 

Pembalut aman? Apa aja tuh?!

Produk menstruasi seperti pembalut perlu diperhatikan keamanannya dan dampaknya bagi kesehatan wanita. Lantas, pembalut aman yang nyaman dipakai itu syaratnya apa aja ya, Charm Girls?

Pembalut wanita yang aman untuk digunakan perlu mendapatkan izin beredar dari Kementerian Kesehatan Indonesia. Izin yang dimaksud adalah izin AKL dan AKD yang tertera pada kemasan pembalut. Tidak hanya itu, pembalut yang bagus dan aman juga harus memiliki persyaratan seperti memiliki daya serap minimal 10 kali dari bobot awal dan tidak berfluoresensi kuat. Sesuai dengan apa yang tertera pada SNI. 

Ada pula persyaratan pada proses produksi pembalut berbahan selulose yang perlu diperhatikan. Metode proses pemutihan atau bleaching yang diperbolehkan sesuai dengan izin FDA adalah Elemental Chlorine-Free (ECF) Bleaching dan Totally Chlorine-Free (TCF) Bleaching. Hal ini untuk menjamin bahwa pembalut wanita bebas dari zat kimia chlorine. Pembalut dengan izin edar harus melalui dua metode ini untuk memastikan bahwa pembalut tidak mengandung dioksin. Penggunaan zat kimia chlorine dapat memicu senyawa dioksin yang dapat menimbulkan efek membahayakan bagi tubuh.

Charm Girls pastinya peduli akan kesehatan tubuh dan pemilihan pembalut yang aman. Oleh karena itu, sebelum kamu memilih pembalut yang akan kamu gunakan ada hal-hal penting yang perlu kamu ketahui. Pertama, pastinya adalah untuk selalu cek tabel komposisi pada kemasan, kenapa? Dengan melakukan ini kamu bisa tahu detail komposisi yang terkandung dalam pembalut. Kamu juga perlu cermat dalam memilih pembalut yang sudah jelas memiliki izin edar pada kemasannya. 

Pembalut yang aman dan cocok untuk kamu, yes!

Nah, karena pembalut aman sudah kita bahas. Sekarang tinggal misi pencarian merk pembalut yang menyediakan pembalut yang sehat dan aman untuk kamu. Tenang, kamu nggak perlu repot dan cemas mencari-cari. Karena pembalut dari Charm semuanya sudah memiliki izin dan aman buat tubuh, wih!. Nah, kalau untuk cewek dengan segudang aktivitas kira-kira pembalut yang cocok buat kamu apa ya?

Buat kamu si cewek aktif tapi suka risih dengan cuaca panas. Tenang kamu tetap bisa beraktivitas dengan pede seharian saat haid. Tentunya dengan ditemani oleh Charm Cooling Fresh. Eh tapi, pembalut Charm Cooling Fresh apakah aman? Tentu dong! Dengan ekstrak daun mint dan pelindung samping, Charm Cooling Fresh adalah pilihan pembalut yang aman dan nyaman untuk kamu. Pembalut ini cocok buat kamu yang suka efek dingin karena aktivitas outdoor mu yang mewarnai harimu ketika haid. Dengan sensasi dingin menyegarkan dan daya serap maksimal. Serta desain yang fleksibel dan nyaman ketika dipakai. Keseruan hari mu nggak akan terhalangi oleh keringat dan rasa nggak nyaman pas haid dan aktifitas di luar ruangan. 

Eits, tapi tahu gak sih kalau Charm Cooling Fresh punya pantyliner loh? Charm Cooling Fresh Pantyliner yang cocok menemani kamu. Stay cool dengan sensasi dingin dari daun mint yang tipis dan seperti tidak terasa menggunakan pantyliner, membuat kamu tetap cool saat jalani aktifitas dan liburan. Siap liburan gak Charm Girls? 

Pembalut Charm Cooling Fresh apakah aman?
Cooling Fresh, pembalut aman
pembalut yang bagus
Komentar (52)
A

An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
floating-icon