Kembali

Edukasi

Tips yang bisa dilakukan untuk merawat miss v

Tips yang bisa dilakukan untuk merawat miss v


Menjaga kesehatan vulva dan vagina akan membantu mencegah infeksi vagina dan rasa tidak nyaman. Jika Charm Girls merasakan ada yang tidak biasa, contohnya keputihan itu adalah tanda bahwa mungkin ada masalah dari vagina.

Perawatan miss v jadi hal yang penting bagi perempuan, hal ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Meskipun demikian Charm Girls mungkin khawatir tentang menjaga kesehatan dan kebersihan vagina, namun sebenarnya tidak perlu melakukan banyak hal.

Sebelumnya perlu dipahami, banyak perempuan yang bingung antara istilah vulva dan vagina. Mereka adalah dua area berbeda dari alat kelamin perempuan.

Vulva adalah area organ intim wanita yang terletak di luar vagina. Organ-organ ini termasuk lipatan jaringan sensitif yang disebut labia (labia berarti "bibir"). Labia memiliki dua bagian. Lipatan terluar disebut labia mayora. Kumpulan lipatan kedua, disebut labia minora, tertutup di dalam labia mayor. 

Vulva juga berisi area gundukan yang dibuat oleh tulang kemaluan (mons pubis), organ bulat kecil (klitoris), dan bukaan vagina dan saluran kemih (uretra).

Sedangkan, vagina dimulai dari pembukaan yang disebut introitus atau bagian dalam labia, dan berakhir di pembukaan rahim yang disebut serviks. Bagian kelamin perempuan inilah yang memungkinkan terjadinya menstruasi dan persalinan bulanan.

Perawatan vulva dan vagina itu penting

Banyak wanita mengalami infeksi vagina yang tidak nyaman (vaginitis) pada satu waktu atau lainnya. Area di sekitar pintu masuk vagina (vulva) juga bisa mengalami iritasi. Maka dari itu perawatan miss v 

Tidak semua infeksi vagina sama, kemudian perawatan di rumah juga bisa memperburuk beberapa jenis infeksi vagina. Jika Charm Girls punya kekhawatiran tentang kesehatan vulva atau vagina, segera hubungi layanan kesehatan atau temui dokter.

Cara melakukan perawatan miss v 

Sekarang mari kita tinjau beberapa tip untuk menjaga kesehatan vulva dan vagina yang optimal agar mendapat miss v sehat.

1. Jaga Kebersihan miss v

Membersihkan area vulvovaginal dengan sederhana, pertama cuci dengan air hangat dan sabun bersifat opsional, tetapi gunakan sabun yang lembut. Gunakan jari sebagai pengganti waslap. 

Kedua Jangan mencuci bagian dalam vagina. Melakukan hal itu dapat mengganggu keseimbangan pH dan menyebabkan iritasi dan infeksi. Vagina biasanya membersihkan dirinya sendiri dengan keluarnya cairan.

2. Jangan pakai produk beraroma ke vagina

Hindari menggunakan scrub khusus, sabun atau beraroma yang dapat mengganggu keseimbangan pH alami dan menyebabkan infeksi. 

Jika Charm Girls khawatir dengan bau vagina, pertama-tama, ingatlah bahwa vagina memang tidak sewangi bunga. Namun jika kalian mencium bau yang tidak sewajarnya serta mengalami rasa terbakar, gatal, atau ketidaknyamanan lainnya, maka segera hubungi dokter obgyn

3. Bersihkan vagina dari depan ke belakang

Setelah menggunakan toilet, bersihkan area vagina dari depan lalu ke belakang. Ini untuk meminimalisir bakteri dari uretra atau anus dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

4. Gunakan pakaian dalam berbahan katun

Kenakan pakaian dalam katun. Hindari memakai nilon, asetat, atau serat buatan lainnya jika Charm Girls punya kulit halus atau rentan terhadap iritasi vulva.

5. Kebersihan dalam proses mencuci pakaian dalam

Bilas pakaian dalam dengan hati-hati setelah dicuci atau bilas dua kali. Hindari menggunakan terlalu banyak deterjen. Cuci pakaian dalam baru sebelum dipakai.

Hindari pelembut kain (termasuk lembaran pengering) dan deterjen dengan enzim (amilase, lipase, protease, dan selulosa).

6. Rutin ganti celana dalam

Ganti pakaian dan pakaian dalam setelah berolahraga. Kemudian hindari memakai baju renang basah sepanjang hari.

Jika Charm Girls mengalami keputihan yang berat, ganti celana dalam dua kali sehari. Di malam hari, kurangi keringat yang terperangkap di sekitar vulva dengan melepaskan pakaian dalam.

7. Bagian cukur mencukur rambut vagina

Rambut kemaluan melindungi vulva dari bakteri dan virus serta melindungi kulit sensitif yang ditutupinya. Selama dibersihkan secara teratur, rambut kemaluan tidak menimbulkan risiko kesehatan.

Mencukur dapat menyebabkan luka bakar, kemerahan, gatal saat rambut tumbuh kembali, dan infeksi dari rambut yang tumbuh ke dalam. Jangan gunakan krim penghilang bulu, yang membakar rambut dan bisa menyebabkan efek keras pada kulit sensitif vulva.

8. Pembalut yang tepat

Charm Girls bisa juga menjaga kesehatan miss v dengan memilih pembalut yang tepat seperti CHARM saat datang bulan. Jangan lupa untuk mengganti pembalut setiap 4-6 jam pemakaian. Artinya, dalam sehari sebaiknya Anda ganti pembalut sebanyak 4-6 kali.

Rasa nyaman bisa didapatkan dengan menggunakan CHARM Body Fit Extra Maxi Wing 23 sentimeter yang anti bocor ke pakaian dalam, kesehatan miss v juga terjaga karena darah haid tidak berantakan dan bersih. Charm Girls juga bisa tetap aktif dan percaya diri jalani aktivitasmu sepanjang hari.

Pada akhirnya, miss v akan melakukan proses pembersihan sendiri, pembersihan yang berlebih juga berbahaya. Pastikan pakaian dalam bersih dan rajin diganti. Kesehatan vagina yang baik bukanlah proses satu langkah. Namun untungnya, ada banyak hal sederhana dan mudah yang dapat dilakukan setiap hari, untuk pastikan vagina terlindungi dengan baik dan nyaman.

Miss v sehat
Komentar (13)
A

Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
nice info
9 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
nice info
9 days ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
9 days ago
Balas
An
Anonymous
Ya
9 days ago
An
Anonymous
Ya
9 days ago
An
Anonymous
Ya
9 days ago
An
Anonymous
Ya
9 days ago
floating-icon