Kembali

Edukasi

Mitos atau Fakta Minum Kopi saat Haid Membuat Tidak Sehat?

Mitos atau Fakta Minum Kopi saat Haid Membuat Tidak Sehat?


Buat para wanita yang harus banget minum kopi setiap hari, mungkin pertanyaan apakah boleh minum kopi saat haid jadi sangat penting. 

Soalnya, banyak pendapat yang mengatakan bahwa kopi adalah salah satu minuman yang dilarang saat haid karena punya banyak efek samping buruk pada tubuh kita. Katanya sih, kopi bisa bikin gejala menstruasi lebih parah, mood swing, insomnia, sampai perut terasa tak enak.

Namun, apakah semua itu fakta atau malah sekadar mitos belaka?

Dilansir Hello Sehat, sebenarnya minum kopi saat haid tidak akan jadi masalah. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Soalnya, kopi mengandung kafein yang cukup tinggi. Untuk satu cangkir kopi tubruk hitam saja mengandung sekitar 95-200 mg kafein, dan kafein itulah yang punya banyak dampak negatif buat kita.

Efek Minum Kopi Saat Haid

Efek minum kopi saat haid akan semakin parah khususnya terhadap orang yang sensitif terhadap kopi, Charm Girls. Apalagi, tubuh wanita saat sedang menstruasi juga jadi jauh lebih sensitif dari biasanya. Alhasil, semua dampak minum kopi bakal jadi berkali lipat lebih terasa pada tubuh kita.

Salah satunya karena kafein yang mempengaruhi gangguan hormonal maupun fisik pada tubuh kita, Charm Girls. Biar nggak bertanya-tanya lagi amankah minum kopi saat haid, simak beberapa bahaya minum kopi saat haid berikut ini, ya.

1.Kualitas tidur buruk

Dilansir Detik, efek minum kopi saat haid sangat bisa membuat kualitas tidur kita jadi buruk, lho. Khususnya jika kamu minum kopi 5 jam sebelum tidur karena bisa membuat tubuh kesulitan mendapatkan istirahat yang cukup, alhasil jadi insomnia, deh.

Padahal, tubuh kita selama menstruasi saja sudah terasa tak enak dan mudah lelah. Seharusnya, kita bisa beristirahat dengan maksimal, malah jadi susah tidur gara-gara kafein.

2.Mood swing

Bukan rahasia kalau mood kita bakal terasa dibolak-balik selama menstruasi. Itu semua karena ketidakseimbangan hormon yang ada pada tubuh.

Nah, salah satu risiko minum kopi saat haid adalah bisa mempengaruhi pusat saraf dan memicu ledakan adrenalin yang tak terkendali. Belum lagi, sebagian Charm Girls bahkan bisa merasa lebih cemas, stres, dan tertekan dari biasanya. 

Itu semua karena kafein bisa meningkatkan kortisol, norepinefrin, dan epinefrin, yang merupakan hormon stres yang bertanggung jawab untuk meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

3.Pencernaan terganggu

Efek minum kopi saat haid selanjutnya adalah pencernaan jadi terganggu. Tubuh kita akan menghasilkan hormon prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi otot perut selama menstruasi dan menyebabkan sembelit selama menstruasi.

Jika kita mengonsumsi kopi dengan asupan kafein yang tinggi, bisa memperparah produksi hormon tersebut, Charm Girls. Alhasil, kram perut dan konstipasi semakin parah tapi kotoran bakal sulit dikeluarkan.

4.Bikin perut kembung

Gejala menstruasi selanjutnya yang umum dirasakan adalah perut kembung. Nah, gejala ini bisa makin parah dengan konsumsi kopi, lho. Soalnya, kopi punya sifat asam yang akan membuat perut lebih kembung serta berisiko meningkatkan asam lambung. 

Kalau sudah begitu, berbagai gangguan pencernaan pun bisa terjadi. Mulai dari sensasi panas di ulu hati, perut terasa penuh, hingga mual. Hal ini bakal jadi makin parah kalau kamu minum kopi saat perut kosong.

5.Siklus haid tidak lancar

Efek minum kopi saat haid selanjutnya adalah bisa menyebabkan siklus haid tidak lancar, Charm Girls. Minum kopi saat haid mungkin memperpendek siklus pada sebagian perempuan.

Soalnya, kafein yang membatasi pembuluh darah bisa mengurangi aliran darah ke rahim dan membuat penurunan perdarahan menstruasi dan membuat siklus jadi lebih pendek dan tidak teratur.

6.Gejala haid lebih parah

Sebaiknya hindari minum kopi saat haid karena bisa berpotensi membuat gejala haid lebih parah. Itu semua benar lho, Charm Girls. Soalnya, kafein pada kopi bakal menyempitkan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah di sekujur tubuh jadi tidak lancar. 

Kurangnya aliran darah ke otot rahim perut bakal memotong suplai oksigen, sehingga rasa sakit dan kram perut yang normal kita derita selama menstruasi jadi lebih parah!

Minuman yang Baik Saat Haid

Kalau masih ragu apakah ada manfaat minum kopi saat haid, lebih baik Charm Girls beralih dulu ke beberapa minuman yang dirasa lebih aman untuk dikonsumsi saat sedang menstruasi agar terhindar dari efek minum kopi saat haid yang tak enak.

Beberapa minuman yang baik saat haid tentu saja air putih dan minuman elektrolit untuk menghindari dehidrasi dan meredakan kram perut. 

Kamu juga bisa coba minum teh saat haid, seperti teh peppermint atau teh jahe untuk membantu meredakan gejala haid seperti kram, kelelahan, diare, serta mual. 

Selain itu, minum coklat saat haid juga terbukti bisa meredakan gejala menstruasi. Kandungan zat besi dan magnesium dalam segelas cokelat hangat sangat baik untuk tubuh.

Kalau mau yang segar-segar, Charm Girls sebaiknya beralih ke yoghurt dan jus buah. Kandungan magnesium, kalsium, dan bakteri baik pada yoghurt bisa memperlancar pencernaan. Sementara jus buah yang kaya kandungan air seperti semangka dan timun bisa menjaga kadar cairan dalam tubuh.

Buat yang bertanya-tanya apakah saat haid boleh minum soda, sebaiknya hindari dulu ya. Karena soda diketahui punya efek samping yang bisa bikin tubuh tidak nyaman, sama seperti kopi.

Walaupun begitu, minum kopi saat haid bisa jadi tak bermasalah, kok. Soalnya, tak semua wanita bakal merasakan dampak-dampak di atas. Semuanya tergantung pada kondisi tubuh masing-masing.

Tapi ada baiknya, kalau kamu tidak minum kopi berlebihan. Misalnya, cukup satu cangkir atau sekitar 300 mg kafein saja per hari untuk mengurangi rasa lesu dan ledakan kram parah.

Selain menangani gejala menstruasi yang mengganggu dengan minuman sehat di atas, kamu juga wajib mengenakan pembalut yang nyaman banget biar tetap bisa aktif di keseharian. Sudah coba pembalut Charm Cooling Fresh yang punya sensasi dingin menyegarkan berkat ekstrak daun mint-nya?

Charm Cooling Fresh bakal bikin hari-hari kamu terasa menyenangkan karena bisa mengurangi rasa gerah di sekitar miss V selama menstruasi. Tenang saja, daya serapnya maksimal berkat pori serap extra dan ketebalan pas, tidak mengganjal. Bebas rasa pengap jadi tetap segar dan nyaman jalani harimu, deh!

Efek minum kopi saat haid
Komentar (11)
A

LD
Leni Damayanti
Wah ternyata kurang bagus yaaa efek nya
10 days ago
Balas
An
Anonymous
Ok
10 days ago
Balas
An
Anonymous
Mantap
10 days ago
Balas
floating-icon