Kembali

Girl's Life

Makan Nanas Saat Haid? Memang Boleh?

Makan Nanas Saat Haid? Memang Boleh?


Kamu mungkin pernah dinasihati oleh Mama agar tidak makan nanas saat haid. Katanya sih, nanas bisa bikin aliran darah jadi sangat deras.

Buah yang satu ini memang banyak banget mitosnya di masyarakat. Padahal sebenarnya, nanas tidak seburuk itu, kok. Nanas bukanlah buah yang dihindari saat haid. 

Memang ada beberapa efek makan nanas saat haid. Namun, manfaat makan nanas sendiri gak kalah banyak, lho. Terutama terkait dengan siklus menstruasi. 

Baca ulasan berikut ini untuk tahu apakah makan nanas saat haid boleh atau tidak? 

Manfaat makan nanas saat haid

Yap, nanas adalah salah satu buah yang bagus dimakan saat haid karena memiliki beragam manfaat. Salah satunya bisa dilakukan oleh Charm Girls yang mengalami gangguan siklus menstruasi tidak teratur. Nanas bisa membuat haid datang lebih cepat, lho.

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa habis makan nanas langsung haid? Semua itu berkat kandungan bromelain dalam buah ini. Bromelain disebut bisa membantu peluruhan lapisan dinding rahim kamu yang memulai siklus menstruasi.

Jadi gak heran ya, kalau ada yang mengklaim nanas dapat mempercepat haid. Kamu bisa coba mengonsumsinya ketika siklus menstruasimu datang terlambat.

Selain itu, makan buah nanas selama haid sangat bisa membuat aliran darah haid semakin deras. Efek makan nanas saat haid ini mungkin akan sangat berguna buat kamu yang aliran darahnya agak sedikit dan tak selancar biasanya.

Laporan mencatat, kalau wanita muda yang mengonsumsi nanas secukupnya mengalami peningkatan aliran darah menstruasi hingga 50%! 

Soalnya, nanas mengandung enzim bernama bromelain yang bisa meningkatkan sel darah merah dan putih yang bermanfaat membuat aliran darah haid makin deras.

Kondisi ini gak berbahaya, kok. Hanya saja mungkin membuat kamu sedikit tidak nyaman. Apalagi kalau kamu memakai pembalut yang kurang pas.

Makanya, cobain pembalut Charm Extra Dry Slim Wing Long yang panjangnya sampai 25 cm! Gak perlu lagi khawatir tembus belakang di siang hari. Pembalut yang satu ini bisa banget kamu andalkan kalau darah haid lagi deras banget. 

Dengan inovasi baru extra dry sheet, bisa menyerap gumpalan kental seketika dan mencegah cairan tertinggal di permukaan tanpa tersisa, selalu kering setiap saat. Permukaannya juga lembut dan halus, bebas lembab sehingga kamu tetap nyaman menjalani hari.

Manfaat makan nanas lainnya adalah bagus untuk meredakan gejala Pra-Menstrual Syndrome (PMS), lho. Berkat kandungan mangan dan antioksidan di dalam nanas, gejala PMS seperti kram perut bisa lumayan berkurang. 

Kandungan bromelain pun tak hanya bisa membantu melancarkan aliran darah haid, tapi juga bisa mengendurkan otot sekitar perut. Alhasil, gejala kram atau nyeri saat menstruasi pun bisa berkurang.

Apalagi, nanas juga termasuk salah satu buah kaya serat yang baik sekali untuk pencernaan kita. Nanas bisa jadi pelengkap dalam pola makan kita, nih. Khususnya untuk menjaga asupan gizi mengikuti anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna.

Makan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin di dalamnya. Selain makanan pokok dan lauk pauk kaya protein dan karbohidrat, kita wajib juga menjaga asupan vitamin dan serat dari sayuran dan buah-buahan. Nanas bisa jadi pilihan untuk pola makan sehat sehari-hari.

Jadi gak perlu ragu lagi dan bertanya-tanya, apakah makan nanas saat haid boleh atau tidak, ya.

Tapiiii, perhatikan hal ini ya!

Berarti bolehkah makan nanas saat haid? Boleh banget! Tapi tetap saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak mengalami efek samping makan buah nanas. 

Yap, makan buah nanas saat haid tetap ada efek sampingnya, ya. Khususnya buat yang perutnya sensitif, nih. Soalnya, asam vitamin C dalam nanas bisa membuat perut terasa mulas atau asam lambung naik.

Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi nanas yang sudah matang. Soalnya, nanas muda bisa menimbulkan efek pencahar yang parah. Kamu bisa diare saat haid atau bahkan muntah. 

Kandungan buah nanas juga bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat seperti antikoagulan, antibiotik, pengencer darah, antikonvulsan, obat insomnia, dan antidepresan. Makanya, buat orang yang lagi mengonsumsi obat-obatan tersebut disarankan untuk tidak makan nanas terlalu banyak.

Walaupun begitu, bahaya makan nanas setiap hari itu hanya bisa terjadi kalau kamu makan terlalu banyak nanas. Misalnya, kamu makan sekitar 7-10 buah nanas segar utuh dalam sekali makan. Nah, baru deh itu bisa kejadian.

Kalau kamu makan nanas selama haid masih dalam porsi yang wajar, gak perlu khawatir sama sekali deh. Masih aman, kok. Memang segala sesuatu yang berlebihan tuh gak akan pernah baik, Charm Girls. Lebih baik lakukan secukupnya, termasuk juga makan nanas ini.

Efek makan nanas saat haid
apakah makan nanas saat haid boleh
bolehkah makan nanas saat haid
Komentar (1065)
A

An
Anonymous
Nice
a month ago
Balas
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Yaa
a month ago
An
Anonymous
Oke
a month ago
An
Anonymous
Sip
a month ago
Avatar Profile Image
Yisunsin Nibos
Nice
a month ago
An
Anonymous
Niceu
a month ago
An
Anonymous
Yup
a month ago
An
Anonymous
syapp
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Yepp
20 days ago
Sr
Sri rahayu ningsih
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
An
Anonymous
yoi
a month ago
Avatar Profile Image
krisni ati
Yoi
a month ago
An
Anonymous
Y
a month ago
AK
Ana Kamsiyah
Wah baru tau
a month ago
Balas
An
Anonymous
Membantu banget yah
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
YA
Yuli Alfiyani
Sama
a month ago
An
Anonymous
Iya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
ya
a month ago
An
Anonymous
ya
a month ago
An
Anonymous
ya
a month ago
An
Anonymous
ya
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Iyaa
20 days ago
floating-icon