Kembali

Tentang Menstruasi

Yuk kenali cara agar cepat haid untuk anak

Yuk kenali cara agar cepat haid untuk anak


Apakah bisa anak cepat datang menstruasi?

Menstruasi biasanya dimulai pada usia sekitar 12 tahun, tetapi menstruasi mungkin terjadi pada usia delapan tahun, maka dari itu penting untuk mendiskusikan topik ini lebih awal. Jadi terkadang muncul pertanyaan cara agar cepat haid untuk anak.

Kadang anak-anak mendapatkan menstruasi antara usia 10 dan 15. Tubuh setiap anak gadis memiliki jadwalnya sendiri.

Cara agar cepat haid untuk anak yang belum haid.

secara normal tidak bisa dibantu oleh orang tua, tetapi jika seorang anak perempuan belum mendapatkan haid pertamanya hingga usia 16 tahun, maka bantuan bisa dicari dokter.

Menstruasi terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh yang memberikan pesan. Hormon-hormon ini menyebabkan lapisan rahim (atau rahim) meluruh serta terjadi pendarahan yang keluar dari vagina.

Saat seorang anak sudah berusia 12 tahun tetapi belum menstruasi

Beberapa perempuan memang tidak mendapatkan menstruasi karena ketidakseimbangan hormon, dan hal itu terjadi pada sejumlah orang. 

Anak perempuan yang sangat atletis mungkin akan sulit mendapat menstruasi pertama sampai mereka berhenti berolahraga secara berlebihan. Stres berat atau beberapa penyakit juga dapat menunda menstruasi.

Kelebihan berat badan dan bahkan kekurangan berat badan juga bisa mempengaruhi keterlambatan menstruasi pada seorang anak.

Jika berat badan anak 10 persen kurang dari yang sehat untuk tinggi badan, itu dapat membuat hormon tidak bekerja dengan benar dan benar-benar menghentikan menstruasi.

Inilah kenapa mengapa anak perempuan yang memiliki gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia mungkin tidak mulai menstruasi.

Sedangkan jika anak-anak terlalu gemuk hingga mengalami obesitas juga akan mempengaruhi siklus menstruasinya. Terlalu banyak atau terlalu sedikit lemak tubuh dapat menyebabkan menstruasi tertunda.

Faktor keturunan juga bisa mempengaruhi seorang anak terlambat menstruasi. itu mungkin benar jika bibi, nenek, dan sepupu juga mulai menstruasi hanya setelah mereka memasuki sekolah menengah pertama. 

Anak perempuan cenderung mendapatkan menstruasi mereka 2-3 tahun setelah payudara mereka mulai berkembang dan 6-12 bulan setelah mereka melihat keputihan seperti lendir di pakaian dalam.

Masalah kesehatan lainnya juga jadi penyebab menstruasi tertunda, bisa meliputi beberapa hal:

  • Masalah dengan bagian otak yang disebut hipotalamus, atau organ terdekat yang disebut kelenjar pituitari dan bekerja sama untuk mengontrol hormon.
  • Sindrom ovarium polikistik, yang menyebabkan hormon tidak seimbang
  • Kondisi genetik seperti sindrom X rapuh, sindrom Turner, atau sindrom insensitivitas androgen

Bagaimana agar anak cepat menstruasi?

Charm Girls, jika kalian seorang ibu, kakak atau saudara dari seorang anak yang belum haid perlu dijelaskan bahwa haid pertama pada anak perempuan pasti berbeda-beda, ada yang mengalaminya lebih cepat ada juga yang lebih lambat. 

Perlu ada perubahan pola asuh dan cara membimbing anak, tidak hanya soal perubahan fisik tetapi soal bagaimana menstruasi mempengaruhi banyak hal.

Tidak ada yang bisa mengatakan dengan tepat kapan seseorang akan mendapatkan periode menstruasi pertama, tetapi itu akan terjadi selama masa pubertas. Pubertas adalah waktu dalam hidup ketika seseorang mulai menjadi dewasa. Ini berarti banyak hal yang berubah di tubuh baik di dalam maupun di luar.

Selain menstruasi di masa awal pubertas, seorang akan melihat bahwa payudaranya bertumbuh dan akan mulai ada rambut yang tumbuh di alat kelamin atau disebut sebagai rambut kemaluan dan juga di ketiak.

Perlu dipahami bahwa saat anak terlambat menstruasi, jangan salahkan dirinya. Hal-hal ini bisa ditangani dengan upaya medis, menjaga pola hidup sehat dan lain sebagainya. Pertama perlu dipahami kenapa menstruasi datang terlambat, apakah karena hormon, aktivitas anak yang terlalu berlebih atau hal yang lain.

Beberapa cara lainnya adalah dengan mengurangi tingkat stres dengan bersantai, melakukan yoga, atau olahraga secara teratur bagi anak yang memang kelebihan berat badan.

Mengatur pola makan juga penting, seperti mengkonsumsi sayuran dan buah  Beberapa makanan tertentu juga dapat menunda atau mempercepat menstruasi dan mempengaruhi seberapa berat alirannya dan durasinya. Ini mungkin karena lemak, protein, dan kandungan nutrisi lainnya dalam makanan.

Mengonsumsi vitamin C juga dapat mempercepat datangnya haid. Ini karena kemungkinan efek vitamin C pada kadar estrogen dan progesteron, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab atas waktu siklus menstruasi.

Meminum jus nanas yang mengandung bromelain, enzim yang diduga mempengaruhi hormon seperti estrogen. Buah terkadang dianjurkan untuk dimakan atau diminum sebagai metode untuk merangsang menstruasi. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menghubungkan nanas dengan menstruasi yang lebih cepat.

Sebagai catatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak terkait kenapa seorang anak terlambat mendapatkan menstruasi pertama, jangan lakukan diagnosis sendiri ya Charm Girls.

cara cepat haid untuk anak
cara cepat menstruasi untuk anak
cara agar cepat haid untuk anak yang belum haid
Komentar (229)
A

RR
Relisa Rosana
Hehe
2 months ago
Balas
An
Anonymous
😁
2 months ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Oke
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Y
2 months ago
An
Anonymous
Sippp
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
2 months ago
floating-icon