Kembali

Girl's Life

Kenapa Kentut Terasa Sakit Saat Kamu Haid?

 Kenapa Kentut Terasa Sakit Saat Kamu Haid?


Menstruasi adalah perdarahan normal dari vagina akibat luruhnya lapisan rahim dan bergejala. Dari berbagai gejala datangnya menstruasi, salah satu yang paling mengganggu adalah kentut yang lebih sering dari biasanya. Nggak cuma itu, kentut sakit saat haid juga bisa terjadi. Hal ini tentu bisa bikin kamu merasa nggak nyaman.

Ditambah lagi, kamu mungkin juga akan merasakan nyeri pada perut, mual, kembung, dan gejala gangguan pencernaan lainnya. Kumpulan gejala ini dapat muncul bersama tanda-tanda PMS dan bertahan selama beberapa hari pertama menstruasi.

Nah, mengapa kentut saat haid bisa terasa sakit, ya? Yuk, simak ulasan ini!

Apakah sering kentut tanda akan haid?

Kentut merupakan proses biologis yang nggak bisa kita hindari. Bahkan, kentut yang bau itu sangat normal, 

lho, Girls. Meskipun sering dianggap memalukan, kentut justru bermanfaat untuk kesehatan.

Perempuan umumnya akan lebih sering buang angin saat haid. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron sehingga terjadi pembentukan gas pada dinding usus yang menyebabkan kamu lebih sering kentut selama menstruasi.

Oleh karena itu, buang angin yang lebih sering dari biasanya menjadi salah satu tanda bahwa kamu akan segera haid. Kalau kamu udah merasakan ini, apalagi ditambah gejala PMS, segera siapkan pembalut yang nyaman ya, Charm Girls!

Kenapa kentut terasa sakit saat haid?

Terkadang, kentut saat haid juga terasa lebih sakit daripada kentut biasa. Ini lantaran perubahan hormon sebelum menstruasi juga memengaruhi lambung dan usus halus. Beberapa efeknya yakni sembelit dan penumpukan gas di dalam perut.

Nah, tepat sebelum menstruasi dimulai, sel-sel pada lapisan rahim akan menghasilkan prostaglandin. Prostaglandin merupakan asam lemak yang memiliki fungsi mirip seperti hormon. 

Prostaglandin membantu rahim berkontraksi sehingga proses menstruasi bisa berjalan lancar. Apabila tubuh memproduksi prostaglandin terlalu banyak, otot polos di bagian tubuh lain juga ikut berkontraksi, tak terkecuali otot usus.. 

Hal itulah yang menyebabkan perut terasa kembung saat haid sehingga kamu buang angin berkali-kali disertai rasa sakit. Menahan sakitnya kentut memang nggak nyaman, terlebih jika kamu sedang berada di luar ruangan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa tips mengatasi atau mencegah kentut terasa sakit saat haid.

Cara mengatasi kentut yang sakit saat haid

Saat haid, tubuh perempuan mengalami banyak perubahan hormonal yang menjadi penyebab dari banyak gejala, termasuk perut bunyi dan kentut yang terasa sakit. Hal ini terjadi karena gas atau udara bisa menumpuk di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, kontraksi pada rahim dan otot-otot lain di sekitarnya juga menjadi alasan kenapa kamu merasakan sakit ketika kentut. Kabar baiknya, hal tersebut umum terjadi, kok, Girls. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi atau mencegah sakitnya kentut saat haid.

1.Banyak minum air putih

Kamu dianjurkan untuk minum lebih banyak air putih saat haid, sebab minum banyak air bisa membuat saluran cerna lebih tenang. Pembentukan gas di dalam perut juga jadi berkurang. Jadi, kamu nggak akan merasakan sakit lagi saat kentut.

2. Makan dengan porsi lebih kecil

Charm Girls, makan sering dalam porsi kecil bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh kita, lho. Kebiasaan ini juga bisa mengurangi rasa penuh di perut karena kamu nggak akan sering kelaparan. Dengan begitu, tubuh nggak akan menerima gas terlalu banyak.

3. Berolahraga secara teratur

Meski rasanya mager, olahraga bisa membantu mengatasi kentut yang sakit saat haid. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam selama 30 menit setiap hari. Selain mengurangi rasa sakit, aliran darahmu juga akan menjadi lancar.

4. Menghindari minuman berkarbonasi

Saat haid, sebaiknya kamu menghindari minuman berkarbonasi atau soda. Alasannya karena minuman jenis ini mengandung gas karbon dioksida yang dapat menambah udara di kerongkongan. 

Udara tersebut akan keluar melalui sendawa atau kentut. Pada saat yang sama, otot dalam tubuhmu sedang berkontraksi selama haid. Alasan itulah yang menyebabkan perutmu berbunyi dan kentut terasa sakit saat haid.

5. Menghindari makanan yang menyebabkan kentut

Penelitian mengatakan bahwa asupan sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol, hingga kacang-kacangan harus dikurangi saat menstruasi. Pasalnya, makanan tersebut bisa membuat kamu lebih sering kentut dari biasanya.

Dengan menghindari makanan yang memicu kentut, kamu juga bisa terhindar dari rasa sakit tiap kali kentut saat haid. Oleh karena itu, yuk, perhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh ketika kamu sedang haid.

6. Makan lebih banyak serat

Serat merupakan zat gizi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tubuh nggak cuma memerlukan serat untuk melancarkan buang air besar, tapi juga menjaga sistem kekebalan tubuh dan keseimbangan bakteri dalam usus.

Namun, jangan berlebihan ya, Charm Girls. Makan terlalu banyak makanan berserat tinggi juga memiliki efek samping. Serat yang menumpuk dapat membuat perut terasa kembung dan juga terjadi penumpukan gas.

Nah, itulah jawaban kenapa buang angin terasa sakit saat haid. Meskipun sering terjadi, kondisi ini bisa mengganggu aktivitasmu. Kalau udah begitu, coba lakukan berbagai tips di atas supaya kamu bisa merasa nyaman lagi selama haid, ya!

Baca juga Disini :

Polimenorea Adalah Salah Satu Jenis Haid Ini Bedanya Dengan Haid Biasa

Mengenal Prostaglandin, Si Hormon Ajaib Dengan Banyak Fungsi

Darah Haid Keluar Sedikit dan Cuma 2 HAri Apakah Normal

Buang angin sakit saat haid
perut bunyi saat haid
apakah sering kentut tanda akan haid
Komentar (41)
A

Mu
Muthmainnah
g
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
momos talaga
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
Mu
Muthmainnah
nice artikel
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
momos talaga
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
An
Anonymous
ok
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
momos talaga
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
floating-icon