Kembali

Breast Cancer

Ada Benjolan di Payudara, Apa Sudah Pasti Kanker?

Ada Benjolan di Payudara, Apa Sudah Pasti Kanker?


Siapa sih, yang nggak panik kalau tiba-tiba punya benjolan di payudara? Munculnya benjolan di payudara ternyata belum tentu jadi tanda kanker, loh, Charm Girls. Kamu pun tanpa sadar bisa aja mengalami hal yang sama setiap kali selesai menstruasi. Terus, benjolan-benjolan ini penyebabnya apa, sih?

Ada Benjolan di Payudara, Apa Sudah Pasti Kanker?
Periksa payudaramu untuk mengetahui jika ada benjolan

Macam-macam benjolan di payudara

Charm Girls, payudara itu ternyata terbentuk dari banyak banget jaringan. Ada kelenjar susu, lemak, saraf, pembuluh darah, kelenjar getah bening, dan jaringan ikat. Hormon yang naik-turun gara-gara menstruasi kadang bikin jaringan membentuk benjolan.

Karena jaringannya banyak, benjolan payudara yang terbentuk juga macam-macam. Ini nih, beragam benjolan yang biasanya ada di payudara.

1. Kista

Kista adalah kantong berisi cairan yang sifatnya nonkanker. Ketika kamu raba, biasanya kista bakal kerasa lembut seperti karet di bawah kulit. Ukurannya bervariasi, dari 2,5 - 5 sentimeter. Kadang-kadang kista yang besar ini nih, yang bikin kamu nggak nyaman.

Para ilmuwan sampai sekarang pun belum paham kenapa kista bisa tumbuh, tapi sepertinya ini berkaitan sama perubahan hormon kamu selama menstruasi. Walaupun nggak nyaman, kamu nggak perlu khawatir karena kista payudara bisa hilang sendiri.

2. Adenoma

Adenoma itu benjolan payudara yang muncul karena kelenjar payudara tumbuh secara abnormal. Kedengarannya seram, tapi kamu nggak perlu cemas. Soalnya adenoma nggak bersifat kanker dan biasanya bakal hilang dengan sendirinya.

Benjolan ini umum banget dan biasanya dialami sama cewek berusia di bawah 30 tahun. Jadi, jangan panik ya, kalau sewaktu-waktu kamu mengalami hal yang sama. Coba bilang ke orang tua untuk minta periksa ke dokter kalau kamu ngerasa khawatir.

3. Abses

Charm Girls, kamu tahu nggak kalau payudara juga bisa kena infeksi bakteri? Kalau infeksinya tambah parah, kadang-kadang bisa muncul kumpulan nanah yang disebut abses. Tapi, kondisi ini lebih banyak dialami sama ibu yang lagi menyusui.

Benjolan payudara gara-gara abses biasanya bikin kulit payudara jadi kemerahan, agak panas, atau keras. Gejala kayak gini emang sebelas-dua belas sama kanker payudara, jadi ada baiknya kamu periksa ke dokter kalau mengalami tanda-tandanya, ya!

4. Papiloma intraduktal

Payudara punya banyak saluran yang jadi tempat keluarnya air susu ibu (ASI). Kalau ada jaringan mirip kutil yang tumbuh di dalam saluran payudara, ini disebut papiloma intraduktal. Kutil-kutil ini kadang juga muncul di bawah puting payudara.

Banyaknya kutil payudara ternyata tergantung sama usia kamu. Kutil biasanya tumbuh lebih banyak pada cewek yang masih muda, sedangkan wanita yang bakal menopause cenderung cuma punya satu. Kadang, ada darah juga yang keluar gara-gara kutil ini.

5. Nekrosis lemak

Charm Girls, ingat kan kalau sebagian besar jaringan payudara kita itu terbentuk dari lemak? Ternyata kalau jaringan lemak ini rusak, pecahan lemak yang tersebar itu bisa ngebentuk benjolan di payudara. Ini nih, yang namanya nekrosis lemak.

Benjolan gara-gara nekrosis lemak kadang terasa sakit, bikin kulit di sekitarnya jadi mengerut, atau diikuti sama keluarnya cairan dari puting. Gejalanya emang bikin khawatir, jadi sebaiknya kamu bilang ke orang tua untuk periksa ke dokter, ya. Benjolan payudara yang bahaya itu kayak apa, sih?

Meski benjolan payudara banyak yang mirip, benjolan yang sifatnya kanker biasanya punya ciri-ciri kayak begini.

Ada Benjolan di Payudara, Apa Sudah Pasti Kanker?
Benjolan yang merupakan kanker payudara
  • Terasa padat atau keras waktu diraba.
  • Rasanya kayak tersangkut di kulit atau terasa dalam di payudara.
  • Bentuknya nggak beraturan.
  • Nggak nyeri, terutama di stadium awal.
  • Bisa terbentuk di bagian payudara mana aja, tapi seringnya ada di bagian atas payudara agak ke luar.
  • Tumor yang besar bisa terasa nyeri.
  • Kulit di sekitarnya berubah.

Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Ada Benjolan di Payudara, Apa Sudah Pasti Kanker?
Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition
charm
charm extra maxi
charm extra maxi pink ribbon
benjolan payudara
kanker payudara
breast cancer
oktober
pink month
Komentar (1)
A

VA
Vianny Anita
thanks infonya, sangat membantu
7 days ago
Balas