Kembali

Girl's Life

Ikuti Cara Mencuci Pembalut Yang Benar!

Ikuti Cara Mencuci Pembalut Yang Benar!


Perempuan biasanya akan menghadapi menstruasi selama tiga hingga tujuh hari dan membutuhkan pembalut untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Pembalut disposable umumnya memang bisa langsung dibuang, namun ada juga loh sebagian orang yang memilih untuk mencuci pembalut lebih dulu sebelum membuangnya.

Sebagian besar perempuan mencuci pembalut mereka sebelum dibuang karena mereka percaya darah menstruasi adalah tidak murni atau kotor. Tidak mencuci pembalut bekas pakai juga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jika kamu lebih suka mencuci, tidak ada salahnya, Namun tak semua tau bagaimana cara mencuci pembalut.

Saat menstruasi sebaiknya seseorang mengganti pembalut kurang dari empat jam sekali, hal ini untuk menjaga kebersihan diri selama menstruasi berlangsung. Pembalut menampung darah yang kotor serta carian lainnya, jika kondisi tidak bersih dibiarkan, akan menyebabkan jamur hingga infeksi.

Baca juga: Tips and Trick Mencuci Darah Menstruasi Tembus

Berikut adalah beberapa cara mencuci pembalut dengan baik dan benar ya Charm Girls.

Cara mencuci pembalut yang benar

1. Tempat mencuci pembalut

Penting untuk memperhatikan tempat mencuci pembalut bekas pakai, jika suatu tempat ada saluran pembuangan airnya perhatikan apakah bekerja dengan baik atau tidak, jangan sampai nanti saat mencuci pembalut, darah menyebar ke mana-mana.

Jangan lupa untuk menyiram dengan benar dan perhatikan sudutnya, terkadang ada darah dan itu terlihat tidak nyaman.

2. Bersihkan dengan sabun atau detergen

Agar pembalut bersih, jangan cuma mencucinya dengan air saja. Tambahkan sedikit sabun cair atau detergen dan kucek dengan lembut hingga bersih.

Tak perlu sampai mengeluarkan isi pembalut bekas pakai ya Charm Girls, jika sudah dirasa bersih kamu bisa beralih ke tahap selanjutnya.

3. Gulung pakai plastik pembalut yang baru

Dalam keadaan bersih usai dicuci, gunakan plastik pembungkus pembalut yang baru sekaligus mengganti pembalut bekas pakai kamu.

Gulung pembalut semakin kecil, kemudian masukkan ke plastik pembungkus pembalut, perhatikan ukurannya agar lebih mudah dibuang dan pastikan tak ada air lagi, kamu bisa memerasnya supaya sedikit kering.

4. Buang ke tempat yang tepat

Selanjutnya adalah membuang pembalut ke tempat yang tepat. Jangan buang sampah pembalut sembarangan ya Charm Girls.

Jika kamu mencuci pembalut dan menggantinya di rumah bisa sediakan kantong atau tempat sampah khusus untuk sampah pembalut.

Namun, jika berada di fasilitas umum seperti mall atau kantor, biasanya sudah disediakan tempat sampah khusus untuk pembalut wanita yang ada di dekat tempat sampah. Beberapa fasilitas umum bahkan menyediakan kantong sampah untuk pembalut bekas pakai.

5. Cuci tangan hingga bersih

Setelah cuci pembalut hingga bersih, jangan lupa untuk sekali lagi mengecek apakah area tempat pencucian pembalut juga sudah bersih dan tak meninggalkan bau.

Selain itu jangan lupa mencuci tangan dengan sabun ya Charm Girls.

Baca juga: Charm Girls, Ini 5 Tips Menjaga Kebersihan Vagina Saat Masa Menstruasi

Manfaat mencuci pembalut dengan benar

Terdapat manfaat saat kamu mencuci pembalut sekali pakai loh Charm Girls. Beberapa orang nyaman untuk mencuci pembalutnya sebelum dibuang. Hal ini dilakukan agar pembalut lebih bersih saat dibuang.

Kemudian, di dalam pembalut ada darah menstruasi yang berisi banyak bakteri, hal itu bisa membahayakan jika terkena lingkungan sekitar dan juga menyebabkan bau yang tak sedap juga, apalagi jika kita terpaksa membuangnya di tempat sampah umum atau ketika berada di luar rumah.

Charm Girls juga jadi lebih bisa perhatian dengan kebersihan diri sendiri dan sekitar kita.

Baca juga: Cara Membersihkan Miss V Kamu

cara mencuci pembalut yang benar
Komentar (13)
A

An
Anonymous
Okey Cha👌🏻😁, Makasih udah dikasih tau caranya, artikel ini emang bermanfaat bgt 👍🏻😄
5 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Tina sri Rahayu
Bnerr ituu haruss jaga kebersihann
2 months ago
Balas
Er
Ernawati
Good
2 months ago
Balas
floating-icon