Kembali

My Growing Up Body

Bagaimana Cara Menghadapi Masa Pubertas? Berikut 5 Tipsnya!

Bagaimana Cara Menghadapi Masa Pubertas? Berikut 5 Tipsnya!


Charm Girls, pasti sudah akrab dengan istilah puber atau pubertas. Nah setiap dari kita pasti akan menghadapi pubertas untuk menuju dewasa. 

Pubertas sendiri adalah fase yang menjembatani masa anak-anak ke masa dewasa Charm Girls, dan ditandai dengan berbagai macam perubahan baik dari segi fisik-biologis maupun segi psikis. Banyak cara untuk menghadapi masa pubertas yang akan atau sedang kamu lalui.

Nah Charm Girls, pubertas anak perempuan terjadi lebih awal dibandingkan anak lelaki, yaitu pada usia 8 sampai 13 tahun, dengan rata-ratanya terjadi pada usia 10 tahun. Pubertas juga melibatkan perubahan fisik dan emosional yang dapat menjadi tantangan.

Baca juga: Perbedaan Masa Kanak-Kanan dan Masa Pubertas Adalah Fisik&Psikis

5 cara menghadapi pubertas 

Ini adalah sejumlah cara yang perlu kamu ketahui untuk menghadapi masa pubertas mu Charm Girls.

Bersiap untuk Pubertas agar kamu bisa bersiap untuk semua perubahan yang akan terjadi pada tubuh dan emosional kamu.

1. Bicaralah dengan orang dewasa

Kamu bisa memberitahu orang dewasa terpercaya, seperti ibu, bibi, atau kakak atau pihak sekolah tentang apa yang mengganggumu saat masa pubertas ini.

Kamu bisa bertanya ke ibu untuk mengajari bagaimana cara menggunakan pembalut yang baik dan benar, supaya menstruasi saat pubertas tak mengganggu kamu dan malah membuat kamu stress.

Selalu simpan beberapa pembalut atau tampon di rumah dan di tas kecil untuk berjaga-jaga jika menstruasi yang bisa saja terjadi mendadak karena kamu masih beradaptasi dengan proses pubertas.

2. Berpikir positif atasi perubahan tubuh 

Kadang kamu merasa berpikir terlihat berbeda dari teman-teman dan ini bisa menyulitkan harga diri kamu. 

Alih-alih melihat tubuh yang berubah sebagai hal yang buruk, rangkul lekuk tubuh yang baru. Ketika bercermin, belajarlah untuk mencintai diri kamu yang baru.

Baca juga: Apa itu Pubertas? Mengapa Temanku Sudah Menstruasi Sedangkan Aku Belum?

3. Atasi bau badan 

Saat bertambahnya usia dan kegiatan, Charm Girls juga akan mudah berkeringat, hal ini kadang tak membuat percaya diri karena bau badan yang ditimbulkan.

Nah, kamu bisa memperbaikinya dengan mandi dengan teratur, gunakan pewangi badan yang cocok untuk usia dan kulit remaja. Jangan terlalu berlebih dengan wewangian dan sesuaikan diri dengan usia.

4. Menghadapi jerawat 

Saat pubertas, tubuh akan mengalami banyak perubahan mulai dari bentuk badan, bulu yang mulai tumbuh di beberapa area tak terlihat, kemudian jerawat yang akan muncul di wajah kamu.

Charm Girls, jangan takut untuk menghadapi apapun yang ada di masa-masa pubertas. Semua hal bisa dilakukan untuk menghadapi perubahan penampilan, salah satunya jerawat, kamu perlu membersihkan wajah secara teratur usai berkegiatan di luar rumah, jika jerawat timbul segera obati dengan obat jerawat yang sesuai dengan usia kamu.

Namun, hal yang terpenting adalah dengan menjaga kesehatan dan pola makan, jerawat bisa timbul karena kesenangan remaja memakan goreng-gorengan, jadi yuk kurangi makanan yang tak baik buat tubuh.

5. Kontrol suasana hati dan pikiran 

Charm Girls, masa pubertas memang terkadang memberatkan, tidak semua hal di depan kamu tampak menyenangkan atau mulai tampak membosankan. Kadang saat seseorang salah berbicara denganmu, suasana hati langsung buruk.

Penting untuk bisa menghadapi perubahaan suasana hati dengan pikiran yang positif, kamu bisa mencari kegiatan yang membuatmu nyaman, hindari bertemu banyak orang jika memang kamu sedang tidak ingin, temui ibu, ayah atau temanmu jika merasa kesepian, dengarkan lagu-lagu yang kamu suka dan jangan pernah menyalahkan diri sendiri untuk apapun yang sedang kamu lalui hingga perasaan jadi buruk.

Nah itu Charm Girls, beberapa cara untuk menghadapi pubertas, tetap semangat dan berusaha terus menjadi yang terbaik untuk diri sendiri ya!

Baca juga: Mulai Dari Fisik Hingga Emosional, Ini 7 Ciri-ciri Pubertas!

menghadapi masa pubertas
pubertas
apa itu pubertas
Komentar (90)
A

An
Anonymous
Okey Cha 👌🏻😁. Makasih atas tips nya, aku usahakan tetap semangat dan berusaha terus menjadi yang terbaik untuk diri sendiri 💪🏻☺️
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Ade Tina Sri Rahayu
Yaps
4 months ago
Er
Ernawati
Makasih tipsnya
5 months ago
Balas
An
Anonymous
oke, semangat
4 months ago
Balas
floating-icon