Kembali

Girl's Life

Apa Itu Pantyliner? Yuk, Kupas Bersama!

Apa Itu Pantyliner? Yuk, Kupas Bersama!


Banyak perempuan mengalami keputihan sebelum atau sesudah menstruasi. Biasanya, orang-orang mengatasi ini dengan memakai pantyliner. Kalau kamu belum tahu apa itu pantyliner, ini adalah produk kewanitaan dengan fungsi yang mirip dengan pembalut.

Terus, apa aja sih, fungsi pantyliner buat perempuan yang lagi mengalami keputihan? Simak jawabannya di sini, yuk!

Baca Juga : Pembalut keputihan (pantyliner) - Charm Girl's Talk

Sekilas tentang keputihan

Apa Itu Pantyliner? Yuk, Kupas Bersama!
Mengalami keputihan

Keputihan selama siklus menstruasi adalah hal yang wajar banget. Cairan putih yang keluar ketika keputihan ini sebenarnya adalah kombinasi dari lendir, air, bakteri, serta sel-sel yang luruh dari vagina dan serviks (leher rahim).

Apa Itu Pantyliner? Yuk, Kupas Bersama!
Tentang Keputihan

Keputihan berperan penting buat membersihkan vagina dan rahim dari sel-sel mati dan bakteri. Cairan yang keluar saat keputihan juga menjaga organ reproduksi tetap bersih dan bersifat asam sehingga bakteri nggak bisa berkembang.

Warna dan tekstur keputihan berbeda-beda pada tiap perempuan, tergantung produksi hormon estrogen dan progesteron. Ciri-ciri keputihan yang normal yaitu:

  • bening atau berwarna putih,
  • kental dan lengket,
  • basah dan licin, serta
  • nggak mengeluarkan bau yang menyengat.

Kamu bisa mengalami keputihan pada usia berapa pun, Charm Girls. Baik itu sebelum ataupun setelah gejala menstruasi pertama. Selama keputihan yang kamu alami punya ciri-ciri di atas, kamu nggak perlu panik, ya!

Banyak anak perempuan malu bicara soal keputihan

Walaupun keputihan itu sangat normal, sayangnya banyak anak perempuan merasa kesulitan buat berbicara sama orang-orang di rumah soal ini. Padahal, mereka sendiri mungkin cemas dengan keputihannya dan nggak tahu harus berbuat apa.

Apa Itu Pantyliner? Yuk, Kupas Bersama!
Banyak Charm Girls yang masih malu membicarakan soal keputihan

Kebanyakan anak perempuan merasa kalau keputihan nggak harus dibicarakan. Ada juga yang merasa malu, bingung harus berkata apa, dan ada pula yang merasa nggak didengarkan sama orang dewasa. Alhasil, mereka pendam ketakutannya sendiri.

Nggak sedikit pula anak perempuan yang panik ketika celana dalamnya tiba-tiba kotor, tapi nggak tahu harus berbuat apa. Termasuk juga nggak tahu apa itu produk kewanitaan buat mengatasi masalah keputihan seperti pantyliner.

Hal-hal baru yang terjadi sama tubuh kita memang kadang bikin takut. Tapi, kalau kamu tahu penjelasan di baliknya, kamu pun bakal tahu apa yang perlu kamu lakukan. Jadi, sebisa mungkin coba ceritakan apa yang kamu alami ke orang tua, ya!

Hal yang harus dilakukan jika terjadi keputihan

Keputihan merupakan bagian dari siklus menstruasi normal yang nggak bisa dihindari. Namun, kalau keputihanmu cukup banyak atau kamu khawatir keputihan akan berbau, kamu bisa menggunakan pantyliner. Sudah tahu belum nih, apa itu pantyliner?

Apa Itu Pantyliner? Yuk, Kupas Bersama!
Pakai pantyliner saat keputihan datang

Cara penggunaannya kurang-lebih sama seperti memakai pembalut. Ada dua macam pantyliner, yaitu pantyliner sekali pakai dan pantyliner yang bisa dicuci. Ukurannya pun bervariasi, mulai dari yang kecil hingga besar untuk menampung cairan berlebih. 

Keluarkan produk dari kemasannya, lalu lepas kertas yang melapisi strip perekat. Selanjutnya, tempelkan pada celana dalam dengan posisi yang pas. Jangan lupa diganti tiap 3–4 jam sekali, ya!

charm
pembalut charm
pantyliner charm
pantyliner adalah
kegunaan pantyliner
manfaat pantyliner
Komentar (5)
A

Pr
Pinky ramadhinta
thanks infonya admin
a year ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga Charm Girls! :)
a year ago
ga
gabriella
makasih sarannya
a year ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga Charm Girls! :)
a year ago
An
Anonymous
Makasih udah dikasih tau tentang pantyliner, gak rugi deh kalo udah baca artikel ini.
6 months ago
Balas
floating-icon