Kembali

Girl's Life

7 Cara lewati Masa Menstruasi dengan Nyaman, Wajib Coba!

7 Cara lewati Masa Menstruasi dengan Nyaman, Wajib Coba!


Setiap perempuan akan mengalami menstruasi di dalam hidupnya. Hal ini terjadi pada saat lapisan dinding rahim atau endometrium dan sel telur yang tak dibuahi meluruh keluar dari vagina. Masa menstruasi dialami perempuan yang sudah melewati masa pubertas dan melalui berbagai fase di dalam organ reproduksi.

Siklus bulanan ini ditandai dengan keluarnya darah dari vagina dan jadi tanda alami sebagai bagian proses wanita untuk siap dengan kehamilan. Penebalan dinding rahim yang berisi pembuluh darahlah yang jadi tanda kehamilan. Jika tidak terjadi pembuahan atau ovulasi yang menyebabkan kehamilan maka endometrium atau dinding rahim akan luruh dan keluar bersama darah dari vagina.

Baca Juga: 10 tips liburan nyaman saat masa menstruasi

Buat diri nyaman saat menstruasi yuk!

Menstruasi tak jarang jadi monster bagi perempuan, mulai dari mood yang jelek, rasa nyeri di perut dan bagian tubuh lainnya hingga kehilangan semangat dan nafsu makan.

Tapi, banyak cara untuk buat menstruasi jadi lebih nyaman lho, hal itu bisa dilakukan dari diri sendiri untuk diri sendiri juga Charm Girls!

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar menstruasi makin nyaman.

Pakai baju yang hangat 

Hal ini bisa menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Kamu bisa gunakan baju yang menutupi bagian bawah tubuh seperti kaus kaki atau penghangat kaki Charm Girls.

Baca Juga : Memilih pakaian dalam yang nyaman saat menstruasi

Tidur yang cukup 

Menstruasi tak jarang membuat tubuh mudah lelah, maka dari itu, yuk istirahat dan gunakan pembalut malam sebelum kamu tidur ya.

Mandi dengan air hangat 

Karena suhu tubuh tetap terjaga, mandi air hangat akan membuat rileks dan membuat mood jadi nyaman lho. Tapi, harus kamu perhatikan juga nih untuk suhu air hangatnya, jangan sampai terlalu panas ya, Charm Girls, karena bisa melukai kulitmu.

Tenangkan diri dengan menaikkan mood 

Charm Girls bisa dengarkan lagu favorit, mencium aroma terapi kesukaan, menikmati minuman hangat, menonton series kesukaan apapun yang bisa menaikkan mood. Hindari hal-hal yang membuat perasaan jelek ya Charm Girls, kamu yang lebih tau dirimu sendiri.

Konsumsi makanan yang bergizi

Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat menstruasi nyaman adalah makan dengan porsi yang secukupnya namun bergizi, jangan sampai terlalu sering makan junk food ya, Charm Girls! Berikut makanan yang bisa kamu konsumsi:

Camilan yang sehat

Makanan yang bisa kamu konsumsi salah satunya adalah camilan sehat, seperti yoghurt, kacang-kacangan dan buah yang segar. 

Makan makanan dengan zat besi

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, susu, ikan, sayuran hijau dan sereal gandum.

Jamu tradisional juga buat nyaman

Rempah tradisional juga perlu dikonsumsi saat menstruasi, ini juga bisa membuat nyaman lho, karena rempah seperti kunyit dan jahe bisa kurangi nyeri menstruasi.

Hindari makanan ini saat menstruasi

Saat menstruasi hindari gandung olahan yang tidak punya nutrisi seperti gandum asli, karena bisa ganggu gula darah dan nafsu makan.

Saat masa menstruasi lebih baik hindari terlalu banyak konsumsi gandum olahan seperti roti, kue, dan makanan manis lainnya, lebih baik makan oatmeal atau nasi merah.

Selain itu, di masa menstruasi hindari makanan dan minuman berkafein seperti teh, kopi, soft drinks dan coklat. Kamu juga perlu hindari makanan yang mengandung lemak trans seperti goreng-gorengan, jadi nanti dulu ya makan kentang gorengnya Charm Girls.

Olahraga secukupnya 

Cobalah untuk sedikit berolahraga jika kamu merasa kuat, tubuh bagian bawahmu akan tetap hangat, sirkulasi darah jadi lancar dan lebih rileks, namun jika tidak jangan dipaksakan dan tetap istirahat secara cukup. Kamu bisa olahraga di rumah lho.

Beri respons positif untuk lepas hormon rasa sakit 

Saat kamu menemukan sesuatu yang keren, katakan saja “lucu”, “keren”, “enak”, “hebat”, atau “wow” dengan antusias hal ini bisa membuat otak melepaskan hormon yang dapat mengurangi rasa sakit.

Berpikir positif dan tersenyumlah 

Walau mood bisa berantakan saat menstruasi, coba untuk tetap berpikiran positif, otak bisa melepaskan hormon yang membuatmu senang. Jadi, tersenyumlah.

 

charm
pembalut charm
masa menstruasi
haid artinya
masa ovulasi pada wanita biasanya terjadi setiap
masa subur perempuan sebelum atau sesudah haid
Komentar (3)
A

yo
yoly
oke terima kasih ya infonya, bagus banget
a year ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Wahhh thankyou Charm Girls, semoga informasinya bermanfaat yaa! <3
a year ago
An
Anonymous
Makasih udah dikasih tau ☺️, artikel ini emang bagus bgt 😍
7 months ago
Balas
floating-icon