Kembali

Edukasi

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda
Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda


Bagi orang dewasa, menstruasi memang suatu hal yang biasa namun tidak untuk anak-anak perempuan. Banyak sekali dari mereka yang merasa khawatir dengan perubahan fisik selama menstruasi, seperti nyeri haid dan payudara yang lembut. Pastikan Anda ada untuk sang buah hati agar dia bisa lebih nyaman melewati fase hidupnya yang baru ini.

Baca Juga : Apakah Papa tahu Aku sudah menstruasi pertama? - Charm Girl's Talk

Pola makan 

Sajikan jenis makanan yang berbeda namun penuh nutrisi. Dimulai dari ati ampela dan bayam yang kaya akan zat besi, kacang-kacangan yang memiliki isoflavon kedelai, sayuran hijau dan kuning yang kaya vitamin dan mineral, rumput laut, serta buah-buahan kering. Jangan lupa, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Terlalu banyak makan makanan sehat juga dapat merusak efek baiknya, jadi tetap jaga keseimbangan nutrisinya ya, Parents!

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda
Olahan kedelai 
susu kacang kedelai, tempe, tahu, tahu sutra dan lainnya
Kaya dengan kandungan isoflavon untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah
Rumput laut 
alga, rumput laut panggang, kelp
Menjaga kulit dan tubuh tetap sehat
Biji-bijian dan beras 
beras merah, millet, millet jepang, barley, beras hitam, beras merah, biji wijen dan lainnya
Kaya dengan vitamin dan mineral
Sayur yang berasal dari akar 
jahe, daun bawang, lobak, burdock, akar teratai, dan lainnya
Menghangatkan tubuh
Sayuran hijau dan kuning 
labu, bayam, brokoli dan lainnya
Kaya dengan vitamin
Buah dan kacang keringLengkap dengan vitamin, mineral, dan lemak baik. Diperkaya juga dengan vitamin E yang memperlancar aliran darah

Memijat 

Memijat kaki, tangan, pinggang bagian bawah putri Anda adalah sebuah kegiatan seru yang dilakukan bersama. Selain mempererat hubungan, memijat juga dapat memperlancar aliran darah dapat meredakan sakit ketika menstruasi.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Teknik pijat yang efektif untuk rahim dan ovarium 

Pijatan ini sangat mudah, Anda dapat melakukannya sambil menonton TV. 

Memijat bagian dalam kaki di dekat pergelangan kaki sangat efektif untuk rahim (➊), dan bagian luar efektif untuk ovarium (➋). Tekan bagian tersebut dengan jari hingga terasa sedikit sakit untuk membuatnya lebih baik. Ada baiknya juga Anda memutar pergelangan kaki dan melakukan peregangan sambil memijat area tersebut.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Ujung jari (➌) adalah zona pemijatan untuk kepala dan leher, sedangkan daerah pergelangan tangan di dekat telapak tangan (➍) adalah zona uterus dan ovarium. Berikan pijatan di area ini menggunakan ibu jari Anda di tangan yang berlawanan.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Redakan nyeri punggung 

Atasi nyeri punggung putri Anda dengan cara mengepalkan kedua tangan lalu menekannya ke titik-titik selebar dua jari di kiri dan kanan tulang belakang (➎) di belakang pusar (➏) kemudian memutarnya.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Melancarkan aliran darah 
Ukur lebar dua jari di bawah pusar (➐), lalu pijat dari titik tiga hingga lima sentimeter di bawahnya (➑) dengan gerakan memutar. Setelah itu pijat dalam lingkaran besar melewati pusar Anda sebanyak sepuluh kali. Ulangi putaran ini dua hingga tiga kali.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Gunakan jempol Anda untuk menekan titik sejauh tiga jari di atas bagian dalam tempurung lutut (➒) dan titik sejauh empat jari di atas bagian dalam pergelangan kaki (➓). Anda dapat menggunakan minyak aromaterapi sambil memijat.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Pastikan tubuh tetap hangat 

Jangan biarkan tubuh putri Anda menjadi dingin selama menstruasi! Sarankan Ia untuk meminum minuman hangat seperti susu panas atau teh herbal. Menggunakan penghangat perut dan kaus kaki tebal juga dapat menjadi alternatif, lho.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Tidur 

Tidur dan istirahat adalah bagian penting dari menstruasi. Pastikan Ia menggunakan pakaian piyama, bantal dan selimut yang nyaman. Hindari penggunaan ponsel, komputer atau bermain video games karena hal tersebut akan merangsang sistem saraf simpatik sehingga Ia akan sulit untuk tidur.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Merelaksasi tubuh 

Suasana hati anak perempuan yang sedang menstruasi cenderung murung karena keadaan fisiknya yang berbeda. Buat dirinya merasa nyaman dan rileks dengan aroma-aroma kesukaannya atau mendengarkan musik bersama.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Tenangkan diri dengan aroma terapi 
● Berikan beberapa tetes minyak esensial dalam secangkir air panas untuk menciptakan lingkungan yang wangi. 
● Berikan beberapa tetes minyak esensial di atas saputangan atau tisu agar Ia dapat membawa aroma favoritnya. 
● Berikan sedikit minyak di bak untuk mandi yang menenangkan.

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Cegah kebocoran dengan celana khusus menstruasi 

Pembalut cenderung bergeser dari pakaian dalam ketika seseorang tidak terbiasa dengan menstruasi. Pastikan Anda memiliki beberapa celana menstruasi untuk membuat menstruasi putri Anda lebih nyaman. Celana dengan jenis seperti ini dapat menjaga pembalutnya tetap terpasang dan pas dengan tubuh untuk mencegah kebocoran. Celana khusus juga terbuat dari bahan yang mudah dicuci jika terjadi kebocoran. Karena celana ini langsung menyentuh kulitnya, pastikan juga Anda memilih yang lembut dan nyaman, Parents!

Berikan perhatian untuk kenyamanan putri Anda

Tetap ceria sepanjang hari ketika menstruasi 

Ketika putri Anda mendapat menstruasi, Ia mungkin tidak akan menyukai perasaan pembalut yang aneh. Ia akan merasakan perubahan yang terjadi pada tubuhnya dan membuatnya menjadi mudah tersinggung, depresi, dan tidak stabil secara emosional; termasuk merasakan nyeri dan mudah lelah. Bagaimana cara seorang anak perempuan memandang menstruasi saat dia tumbuh menjadi seorang wanita dapat menyebabkan dia memandang menstruasi dengan cara yang negatif, Parents.

Untuk mencegah hal ini terjadi, berikanlah perhatian Anda. Jelaskan sepenuh hati tentang apa yang terjadi pada tubuhnya dan biarkan Ia mengetahui bahwa hal yang dialami adalah sebuah proses menuju kedewasaan yang menakjubkan. Dengan memahami apa yang terjadi di tubuhnya sendiri dapat membantunya rileks dan meredakan beberapa perasaan tidak nyaman. Oh ya, dengan Ia mengerti bahwa Ia akan mampu mengandung dan melahirkan anak mungkin dapat membantunya menerima menstruasi secara bertahap.

Hal yang harus diingat! 

Berikan seluruh perhatian dan bantuan yang dapat Anda berikan karena putri Anda akan merasa tidak nyaman secara fisik dan mental selama menstruasinya. 
// 
Jelaskan apa yang terjadi di dalam tubuhnya dan pastikan Ia mengerti bahwa kini tubuhnya bersiap untuk melahirkan anak. Sehingga, di masa depan Ia tidak melihat menstruasi sebagai hal yang negatif.

Komentar (0)
A