Kembali

Girl's Life

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuang Pembalut Ya!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuang Pembalut Ya!


Buat Charm Girls yang baru merasakan menstruasi pertama pasti akan ada kebingungan mengenai perlu atau tidaknya seseorang mencuci pembalut sebelum dibuang. Soalnya memang hal ini nggak terlepas dari mitos yang beredar di kalangan masyarakat, lho!

Ada mitos yang mengatakan bahwa jika pembalut bekas pakai tidak dicuci dulu sebelum dibuang, maka Charm Girls akan diganggu dengan hal-hal mistis. Belum lagi muncul larangan membuang pembalut yang mengatakan bahwa perilaku tersebut bisa membuat Charm Girls mengalami sakit perut dan sebagainya.

Jadi nggak mengherankan, kalau mungkin Charm Girls yang baru pertama kali mengalami menstruasi juga masih mempertanyakan hal ini.

Lalu sebenarnya, perlu nggak sih kita mencuci pembalut dulu sebelum dibuang? Apakah itu hanya sebuah mitos belaka saja? Yuk, lihat penjelasannya di bawah ini! Namun kalian harus ingat ya, masalah mencuci atau tidak tetap balik ke diri kamu masing-masing, Charm Girls!

Apakah saat mengalami menstruasi pertama, perlukah pembalut dicuci dulu sebelum dibuang?

Untuk Charm Girls ketahui nih, rupanya pembalut adalah sebuah benda disposable alias bisa langsung dibuang dan fungsinya memang untuk menampung darah kotor loh. Jadi, Charm Girls sebenarnya tidak perlu mencuci pembalut terlebih dahulu sebelum membuangnya.

Dikutip dari laman Detik, beberapa dokter juga mengklaim kalau Charm Girls tidak perlu mencuci pembalut terlebih dahulu sebelum membuangnya, terutama buat kamu yang masih bingung menghadapi menstruasi pertamamu.

Yaps, menurut dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG, sebenarnya tidak ada yang salah jika ingin mencuci pembalut terlebih dahulu atau tidak sebelum dibuang. Asalkan, pembalutnya dibuang dengan cara yang benar.

Kalau dari sisi medis, terutama dalam kesehatan genitalia perempuan, sebenarnya nggak ada hubungannya antara harus dicuci dahulu atau boleh langsung dibuang. Tapi kalau misalnya kita memikirkan masalah limbah, memikirkan masalah pencemaran dari darah, itu yang memang lebih baik habis dari pembalutnya dibungkus langsung dan dibuang,” imbuhnya.

Masih dikutip dari laman Detik, dokter kandungan di RS Pondok Indah, dr Ni Komang Yeni Dhana Sari, SpOG, juga mengatakan bahwa masyarakat nggak perlu takut dengan mitos yang beredar mengenai jika pembalut tak dicuci terlebih dahulu sebelum dibuang akan membawa sial.

Itu sih mitos ya, kalau pembalut memang biasanya dibuang begitu saja setelah dibungkus, tidak ada masalah menurut saya, itu hanya kebiasaan saja. Toh nanti semua sampah akan dibakar,” jelasnya.

Nah, dari penjelasan kedua dokter di atas, bisa disimpulkan kalau Charm Girls nggak perlu mencuci dulu pembalutnya sebelum dibuang ya saat sedang mengalami datang bulan. Tetapi, kalau demi kenyamanan, mungkin ada beberapa dari Charm Girls yang lebih merasa lega dan bersih untuk mencuci pembalut bekas terlebih dahulu sebelum dibuang.

Sebenarnya, apapun kebiasaan yang dipilih Charm Girls terutama saat menstruasi pertamamu dalam mengolah pembalut bekas pakai, hal terpenting justru jatuh dalam cara membuangnya. Yups, yang terpenting memang adalah pembalutnya harus dibuang dengan cara benar dan aman agar tidak mencemari dan mengotori lingkungan sekitar.

Cara Membuang Pembalut dengan Benar Saat Menstruasi

Yups, Charm Girls harus tahu nih cara membuang pembalut yang tepat itu seperti apa. Pasalnya, pembalut bekas pakai nggak boleh dibuang sembarangan loh. Hal tersebut bisa menimbulkan masalah lingkungan yang cukup mengganggu.

Lalu, bagaimana sih cara membuangnya yang benar? Dikutip dari situs Unicef Indonesia, beginilah caranya. Yuk, simak!

1. Gulung pembalut bekas pakai

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuang Pembalut Ya!
Gulung pembalut terlebih dahulu

Hal pertama yang Charm Girls lakukan sebelum membuang pembalut bekas pakai adalah dengan melipatnya saat mengalami menstruasi. Kenapa? Hal itu diyakini agar darah kotor yang ada di produk sanitasi tersebut bisa terus berada di pembalut.

Setelah menggulungnya, Charm Girls bisa membungkus pembalut bekas pakai itu dengan kertas koran, kertas bekas, atau plastik. Jangan lupa, untuk mengikat atau membungkusnya dengan rapi hingga bagian produknya tertutup semua ya.

2. Buang ke tempat sampah

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuang Pembalut Ya!
Buang juga ke tempat sampah ya!

Jika sudah, barulah Charm Girls bisa membuang pembalut yang sudah dibungkus secara rapi ke tempat sampah.

Nah, itulah penjelasan mengenai perlu atau nggaknya kita harus mencuci dulu pembalut sebelum dibuang. Semua tergantung kenyamanan kamu ya, tidak ada yang salah dengan kedua perilaku tersebut. Yang terpenting, kamu bisa membuang pembalut bekas pakai dengan benar saat menghadapi menstruasi pertamamu.

 

 

 

3. Cuci tangan

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuang Pembalut Ya!
Jangan lupa cuci tangamu!

Naaah, kalo udah selesai, jangan lupa untuk cuci tangan ya! Kebersihan adalah yang utama, Charm Girls. Selain itu, juga untuk menghilangkan bau bekas menstruasi yang mungkin saja bisa menempel di tanganmu.

Jadi, kamu tim mencuci dulu sebelum dibuang atau nggak nih, Charm Girls? Yuk, berikan alasan versi kamu!

charm
pembalut charm
cara membuang pembalut
hal yang harus diperhatikan sebelum membuang pembalut
Komentar (18)
A

Na
Nana
oke thanks charm
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga ya Charm Girls! :)
7 months ago
Avatar Profile Image
Mirah Lestari
Wah baru tau ternyata mitos ya kak
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Hihihi yukk cari tau informasi lainnya di charmgirlstalk.com yaaaa :)
7 months ago
Avatar Profile Image
Heny Hamzah
Aku tim dicuci dulu min biar bersih baru dibuang 😁
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Wahh Charm Girls tim yang di cuci dulu yaa.. :D
7 months ago
floating-icon