Kembali

Girl's Life

Masa Menstruasi Di Sekolah, Berikut Tipsnya!

Masa Menstruasi Di Sekolah, Berikut Tipsnya!


Menstruasi terjadi karena lapisan dinding rahim atau endometrium dan sel telur yang tak dibuahi meluruh keluar dari vagina. Setiap perempuan mengalami masa menstruasi pertama yang berbeda, ada yang datang lebih cepat atau lambat. Rata-rata siklus atau masa menstruasi pertama pada seorang perempuan adalah mulai dari di usia 12 tahun atau bisa dibilang beberapa tahun setelah payudara tumbuh, yakni sekitar dua sampai tiga tahun.

Remaja yang mengalami menstruasi pertama mungkin akan merasa khawatir dan bingung, dan harus memperhatikan tanggal-tanggal saat jelang menstruasi, apalagi harus berkegiatan di sekolah dengan kondisi sedang menstruasi dan mengenakan seragam.

Pengalaman menstruasi pertama kali pada anak adalah hal yang harus dilalui dan perlu pembekalan dari orang tua, mulai dari edukasi, membantu remaja siap menghadapi datang bulan baik secara psikologis.

Baca Juga: Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?

Tips Saat Masa Menstruasi tapi harus sekolah

Charm Girls! Jika kamu masih berusia remaja lalu khawatir ketika menstruasi tiba saat sekolah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, berikut rangkumannya!

1. Pembalut dan celana dalam di tas

Siapkan pembalut dan celana dalam. Menstruasi bisa datang kapan saja, Charm Girls bisa antisipasi hal ini dengan terus menyiapkan pembalut dan celana dalam ganti di tas sekolah. 

Hal ini bisa membantu apalagi saat berseragam, meminimalisir kepanikan harus mencari pembalut cadangan kemana dan terhindar dari kebocoran. Pembalut dan celana dalam ekstra ini bisa dibawa dalam pouch kecil atau di sela tas sekolah. 

2. Obat pereda nyeri saat kram menyerang

Masa Menstruasi Di Sekolah, Berikut Tipsnya!
Obat pereda nyeri haid

Jika memang kerap merasakan nyeri perut atau kram saat menstruasi, Charm Girls bisa membawa obat pereda nyeri, apalagi jika rasa tidak nyaman saat menstruasi muncul ketika berkegiatan di sekolah. 

Obat pereda nyeri yang bisa disiapkan adalah ibuprofen atau paracetamol. Obat ini ditempatkan bersama dengan pembalut dan celana dalam cadangan.

3. Tulis jadwal dan ingat tanggal menstruasi

Satu hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menuliskan jadwal menstruasi di buku catatan atau di handphone Charm Girls. Ini dapat membantu jika waktu menstruasi sudah dekat, persiapan bisa dilakukan jelang hari-hari menstruasi. Rata-rata siklus menstruasi perempuan adalah 28 hari bisa kurang atau lebih. Setiap orang punya jadwal yang berbeda-beda.

Baca Juga: Penyebab berat badan naik saat masa menstruasi

4. Pergi ke UKS jika menstruasi ganggu kegiatan sekolah

Charm Girls juga bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan di sekolah atau Unit Kesehatan Sekolah (UKS) jika mengalami kondisi saat menstruasi terasa tidak wajar, seperti nyeri, kram atau lemas.

Hal ini bisa dilakukan jika memang persiapan di atas tak ada, Charm Girls juga tak usah takut untuk meminta bantuan saat mengalami nyeri menstruasi di sekolah, cari ruang aman dan orang yang nyaman untuk mendapat pertolongan.

5. Jika menstruasi tembus ke seragam sekolah?

Darah menstruasi bisa saja tembus ke seragam sekolah loh Charm Girls! Namun, jangan panik, segera cari ruang aman untuk menenangkan diri. Setelah itu panggil guru atau orang tua untuk meminta seragam ekstra. 

Namun dibalik itu semua, persiapan jadi hal yang penting untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebelum datang bulan tembus ke seragam, Charm Girls perlu memperhatikan tanggal-tanggal menstruasi.

Charm
Pembalut Charm
masa menstruasi
masa menstruasi adalah
menstruasi terjadi karena
Komentar (17)
A

Ra
Rani
makasih tipsnya min
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Sama-sama Charm Girls! :)
2 months ago
AD
Asfidar Duha
ok thanks
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Semoga informasinya bermanfaat yaa.. :)
2 months ago
Avatar Profile Image
Namira aruby
Jadi tau nih infonya
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Waahh semoga informasinya bermanfaat yaa Charm Girls :)
2 months ago