Kembali

Breast Cancer

Harus Kamu Ketahui! Stadium Kanker Payudara!

Harus Kamu Ketahui! Stadium Kanker Payudara!


Charm Girls karena kemarin Oktober adalah bulan Breast Cancer Awareness penting banget kalian tau tentang penyebab kanker payudara dan tahapan stadiumnya. Bagaimana sih proses terjadinya kanker payudara ini? Coba disimak langsung yaaa!

Seberapa Parah Kanker Payudara

Kanker payudara terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel abnormal (sel kanker) yang tidak terkontrol di jaringan payudara. Tapi karena adanya mutasi DNA menyebabkan terjadinya perubahan sel tersebut menjadi sel kanker.

Nah sedangkan mutasi DNA yang menyebabkan terbentuknya sel kanker payudara ini tidak diketahui penyebab pastinya Charm Girls. Tapi faktor hormon, lingkungan, dan mutasi DNA yang diturunkan dari keluarga diyakini berperan dalam pembentukan sel kanker tersebut.

Sama seperti penyakit kanker lain, seberapa parah kanker payudara yang dialami bisa dilihat berdasarkan stadiumnya. Tahapan ini menunjukkan berapa banyak sel kanker di payudara dan bagaimana penyebarannya. Masing-masing stadium memunculkan gejala kanker payudara yang berbeda, sehingga beda pula pengobatan yang akan dipilih.

Tahapan Kanker Payudara

Dilansir dari Yayasan Kanker Payudara Indonesia, 70 persen dari pasien kanker payudara datang ke dokter pada keadaan stadium lanjut sehingga mempengaruhi kuakitas hidup pasien. Nah Charm Girls, secara umum berdasarkan American Joint Committee on Cancer (AJCC), pembagian tahapan kanker payudara ini menggunakan sistem “TNM”, yaitu:

  • T (Tumour) menunjukkan adanya ukuran tumor dan apakah sudah tumbuh dan menyebar ke jaringan terdekat.
  • N (Node/kelanjar getah bening)  menunjukkan perubahan sel kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening.
  • M (Metastasis)  menunjukkan metastasis atau penyebaran sel kanker ke organ lain di luar payudara, seperti paru-paru.

Kode huruf di atas akan disertai dengan nomor yang menjelaskan seberapa jauh kanker payudara telah berkembang Charm Girls. Contohnya seperti To, T1, T2, N0, N1, M0, M1, dan seterusnya. Angka 0 ini menunjukkan tidak ada atau belum menyebar, semakin tinggi angkanya maka semakin besar atau parah perkembangannya.

Setelah tahapan TNM dan status sel kanker ditentukan, dilanjutkan menjadi proses “stage grouping” atau tahap pengelompokkan yang biasa dimulai dari stadium 0-4. 

Kanker payudara stadium 0

Sel kanker payudara non-invasif atau carcinoma in situ. Artinya, sel kanker belum berkembang dan menyebar ke jaringan sehat lainnya.

Kanker payudara stadium 1

Tahap paling awal yang berpotensi menyebar (invasif). Ukuran tumor masih sangat kecil (kurang dari 2cm) dan belum menyebar ke kelenjar getah bening. Tapi, sel kanker telah menyebar ke luar dan merambat ke jaringan payudara sehat di sekitarnya. Perempuan yang berada di tahapan ini masih memiliki kualitas hidup yang baik.

Kanker payudara stadium 2

Pada stadium 2, ukuran tumor sudah sekitar 2-5 cm dan sel kanker pun sudah menyebar ke kelenjar getah bening.  Tetapi belum menyebar lebih jauh ke bagian tubuh lainnya. Angka harapan hidup pada stadium ini diperkirakan bisa mencapai lima tahun setelah didiagnosis, dengan bantuan pengobatan.

Kanker payudara stadium 3

Disebut juga dengan stadium lanjut lokal, benjolan yang ada ukurannya lebih dari 5 cm dan penyebaran sel kanker sudah menuju ke kelenjar getah bening ketiak. Kanker payudara di tahap ini dapat ditangani dengan operasi. Perawatan biasanya dilakukan dengan terapi, seperti kemoterapi, terapi radiasi, terapi hormon, atau terapi target.

Kanker payudara stadium 4

Tahapan paling akhir disebut dengan kanker payudara metastasis dan kondisinya serius mengancam jiwa. Pada stadium ini, kanker menyebar dari payudara dan kelenjar getah bening di sekitarnya ke organ tubuh lain, seperti paru-paru, kelenjar getah bening yang jauh dari payudara, kulit, tulang, hati, atau otak.

Harus Kamu Ketahui! Stadium Kanker Payudara!
Stadium kanker payudara

Pengobatan Kanker Stadium 4

Charm Girls, biasanya penderita kanker payudara stadium lanjut sudah tidak bisa disembuhkan total. Angka harapan hidupnya hanya sekitar 25% yang artinya hanya bisa bertahan selama 5 tahun setelah didiagnosis. Tapi, pengobatan harus tetap dijalani supaya meringankan gejala serta memperpanjang angka harapan hidup, dengan mengecilkan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Mereka yang ada pada tahap ini menerima terapi sistemik, yaitu terapi hormon, kemoterapi, terapi target, imunoterapi, atau kombinasi di antara semuanya. Operasi atau terapi radiasi juga diperlukan untuk kondisi tertentu. Jadi semakin cepat sel kanker payudara diketahui, semakin cepat pula pengobatan dilakukan, sehingga peluang kesembuhan semakin besar.

Makanya, penting banget buat para Charm Girls untuk melakukan pemeriksaan payudara dengan melalui SADARI (Pemeriksaan payudara sendiri). SADARI bertujuan untuk menemukan benjolan dan tanda-tanda lain pada payudara sedini mungkin agar dapat dilakukan tindakan secepatnya.

Charm Girls bisa melakukan SADARI sendiri di rumah setiap bulan secara rutin. Buat kalian yang sedang menstruasi, pemeriksaan dilakukan setiap hari ke-7 sampai 10, dihitung mulai dari hari pertama menstruasi. Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Ikut donasi dengan pembelian produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon di link berikut yuk:

Charm Pembalut Body Fit Extra Maxi 23cm Wing 30 pads - 3 Packs

Charm Pembalut Body Fit Extra Maxi 23cm Non Wing 30 pads - 3 Packs

Harus Kamu Ketahui! Stadium Kanker Payudara!
Charm Extra Maxi Pink Ribbon
charm
pembalut charm
charm extra maxi pink ribbon
stadium kanker payudara
kanker payudara
breast cancer
Komentar (3)
A

MF
Mia Fatmawati
thanks infonya min
7 days ago
Balas
la
laras
makasih kak infonya, sangat bermanfaat
6 days ago
Balas
pf
putri fachrunisa
thanks admin
10 hours ago
Balas