Kembali

Breast Cancer

Sebelum Semakin Buruk, Cegah Kanker Payudara Yuk!

Sebelum Semakin Buruk, Cegah Kanker Payudara Yuk!


Mungkin banyak dari Charm Girls yang bertanya-tanya, apakah nyeri payudara termasuk gejala kanker payudara? Namun sebenarnya ada kemungkinan yang lain, lho. Yuk, kita bahas!

Nyeri haid pada payudara termasuk gejala kanker payudara?

Biasanya kalo lagi haid pasti kamu suka ngerasain nyeri di bagian perut, atau payudara terasa kencang kan, Charm Girls? Sebagian orang mungkin jadi khawatir dan mengira itu sebuah tanda kanker payudara, nyatanya saat menjelang hingga saat masa menstruasi, tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada payudara. Nyeri haid pada payudara biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Sebelum Semakin Buruk, Cegah Kanker Payudara Yuk!
Nyeri payudara bisa karena hormon atau tanda kanker payudara

Apakah kanker payudara dapat disembuhkan?

Penderita kanker payudara stadium awal memiliki risiko yang rendah untuk mengalami komplikasi. Pada kanker stadium awal, sel kanker belum menyebar ke luar area payudara, sehingga terkadang pada situasi tertentu kemoterapi tidak diperlukan, Charm Girls. 

Medical Manager PT Kalbe Farma Tbk menjelaskan bahwa terapi kanker payudara stadium awal melalui teknik operasi atau pembedahan dapat mengangkat seluruh sel kanker. Namun Charm Girls, perlu kalian ketahui walaupun kanker payudara terkesan berbahaya, namun kanker bisa dikendalikan atau dikontrol. Atau dengan kata lain, kanker bisa saja tidak muncul lagi atau tidak menyebar. Tetapi, ada beberapa kasus yang membuat kanker yang sudah diobati tetap ada.

Pentingnya kesadaran dalam menangani kanker payudara

Kesadaran dan penanganan merupakan hal yang penting banget bagi kanker payudara, jangan lupa untuk deteksi diri dengan langkah SADARI ya, Charm Girls. Karena semakin kita mengetahui gejala kanker yang dialami, maka akan semakin baik bagi dokter untuk segera melakukan tindakan pencegahan dan penyembuhan.

Nyeri pada payudara memang merupakan salah satu gejala kanker payudara, namun bukan berarti hal tersebut pasti untuk kanker payudara. Nyeri pada payudara pada umumnya terjadi dipicu oleh perubahan hormon saat menstruasi, jadi kemungkinan besar rasa nyeri yang kamu rasakan hanyalah nyeri haid yang umum.

Namun Charm Girls, jika nyeri haid pada payudara yang kamu rasakan muncul dengan gejala lain seperti benjolan, atau tanda infeksi seperti kemerahan dan bengkak, segera periksakan diri ke dokter ya!

Langkah yang harus segera dilakukan untuk mencegah kanker semakin buruk

Naah, Charm Girls untuk mencegah keadaan kanker yang dialami semakin buruk, kamu harus pastikan beberapa hal ini terus kamu lakukan secara rutin ya!

1.   Terus melakukan konsultasi dengan dokter

Hal yang paling penting untuk kamu lakukan adalah terus berkomunikasi dan berkonsultasi dengan dokter, sehingga segala perkembangan terkait kanker dapat terus dikontrol oleh dokter dan diberikan penanganan yang tepat.

Sebelum Semakin Buruk, Cegah Kanker Payudara Yuk!
Konsultasikan ke dokter jika menemukan tanda kanker payudara

2.   Mencari tahu informasi tindakan penanganan segera

Beberapa penanganan untuk kanker payudara yang harus kamu ketahui adalah kemoterapi, operasi pengangkatan, terapi hormon, hingga terapi radiasi. Dokter akan mengetahui penanganan mana yang harus diberikan kepada pengidap kanker payudara berdasarkan stadiumnya.

3.   Komitmen untuk melakukan pengobatan

Jika kamu memiliki komitmen untuk terus melakukan pengobatan dengan rutin dan sesuai dengan arahan doktermu, maka akan akan semakin baik kondisi kanker payudara yang dialami. Memang tidak mudah menjalani pengobatan kanker payudara, jika dilakukan pengobatan yang rutin, tentu akan bisa meningkatkan kesempatan kamu untuk sembuh.

4.   Lakukan olahraga rutin

Olahraga juga harus tetap dilakukan bagi seorang yang pengidap kanker, karena olahraga dapat membantu mengurangi efek samping dari pengobatan, komplikasi dari pengobatan, mengurangi risiko kekambuhan kanker, stress atau depresi yang dialami, serta untuk memperbaiki suasana hati.

Sebelum Semakin Buruk, Cegah Kanker Payudara Yuk!
Melakukan olahraga rutin untuk mengurangi risiko kanker payudara

Nah itu dia Charm Girls cara cegah kanker payudara dan perbedaannya dengan nyeri haid. Jadi, kamu gak perlu panik lagi yaa. Periksakan ke dokter jika nyeri haid yang kamu rasakan tidak hilang dalam satu sampai dua minggu.

Walaupun penyakit kanker adalah penyakit yang memiliki banyak resiko, kita gak boleh patah semangat ya! Lakukan semua hal yang bisa membantu mencegah resiko kanker agar tidak semakin buruk. Ingat bahwa kamu gak sendirian kok! Ada keluarga dan teman-teman dekat yang pastinya akan terus mensupport kita.

Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Sebelum Semakin Buruk, Cegah Kanker Payudara Yuk!
Charm Extra Maxi Pink Ribbon
charm
pembalut charm
charm extra maxi
charm extra maxi pink ribbon
kanker payudara
breast cancer
mencegah kanker payudara
nyeri payudara
Komentar (3)
A

LK
Lia Kurniasih
thanks tipsnya kak
6 days ago
Balas
sa
santi anggraini
makasih ilmunya min
2 days ago
Balas
ya
yasmin
terima kasih admin, sangat membantu
8 hours ago
Balas