Kembali

Breast Cancer

Apakah Sel Kanker Payudara Dapat Menyebar?

Apakah Sel Kanker Payudara Dapat Menyebar?


Charm Girls, sebelum kita membahas apakah sel kanker payudara bisa menyebar, kita ketahui dulu yuk apa itu sel kanker.

Apa itu sel kanker dan apakah sel kanker dapat menyebar?

Tubuh manusia terdiri dari triliunan sel yang seiring berjalannya waktu sel-sel dalam tubuh manusia ini akan menua, rusak, mati, dan tidak berfungsi lagi. Sel-sel tersebut kemudian akan digantikan oleh sel-sel yang sehat kemudian akan tumbuh dan membelah diri dengan teratur sehingga tubuh kita dapat terus menjalankan fungsinya. 

Namun, sel-sel yang tumbuh dengan normal tersebut bisa berubah dan tumbuh tidak terkendali sehingga merusak sel-sel lainnya. Sel-sel yang tumbuh tidak terkendali inilah yang disebut sebagai sel kanker. Jadi kanker payudara berarti merupakan kondisi di mana sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali sehingga membentuk jaringan pada payudara.

Sel kanker payudara dapat menyebar?

Charm Girls, sel kanker payudara dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya yang akan menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh tersebut. Penyebaran kanker payudara atau yang disebut sebagai metastasis dapat terjadi melalui beberapa cara, yaitu seperti melalui aliran darah, getah bening, ataupun secara langsung. Sel kanker kemudian akan berhenti di suatu bagian tubuh dan tumbuh menjadi lebih banyak di lokasi yang baru.

Untuk mendiagnosis penyebaran sel kanker payudara, dokter akan memperhatikan ukuran benjolan, adanya keterlibatan kelenjar getah bening, dan adanya penyebaran pada organ lain dalam tubuh. Dari patokan tersebut kemudian akan digunakan dokter untuk menentukan stadium kanker yang dibagi menjadi kanker payudara stadium awal (I) sampai stadium lanjut (IV).

Penyebaran sel-sel kanker payudara yang mungkin terjadi

Saat sel-sel kanker payudara telah menyebar ke bagian tubuh lainnya, maka kualitas kehidupan penderita kanker bisa semakin buruk dan umumnya kanker akan lebih sulit untuk ditangani hingga bisa menyebabkan kematian.

Kemungkinan terjadinya penyebaran sel-sel kanker payudara pada organ tubuh lain yang perlu diwaspadai:

1. Kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening yang terletak di bawah lengan, di dalam payudara biasanya adalah area yang pertama kali terkena penyebaran sel kanker payudara. Penyebaran ini mungkin terjadi sejak kanker payudara berada si stadium IB. Gejala yang ditimbulkan adalah berapa benjolan pada ketiak atau area tulang selangka.

2. Tulang

Sel-sel kanker payudara yang menyebar ke tulang dapat menyebabkan beberapa bagian struktur tulang pecah tanpa membentuk tulang baru. Jika sel kanker payudara sudah menyebar ke tulang, maka pengidapnya akan merasakan nyeri pada tulang, tulang menjadi lemah dan mudah patah, hingga kelumpuhan.

Apakah Sel Kanker Payudara Dapat Menyebar?
Sel kanker payudara dapat menyebar ke tulang

3. Hati

Apakah Sel Kanker Payudara Dapat Menyebar?
Kanker payudara dapat memengaruhi hati

Sel kanker payudara yang sudah menyebar ke hati biasanya akan memunculkan gejala rasa sakit dibagian perut yang tak kunjung hilang. Selain itu rasa kembung dan kenyang yang bisa menurunkan nafsu makan dan berat badan. Gejala lainnya juga bisa berupa urine berwarna gelap, kulit kuning, demam, hingga mual dan muntah.

 

 

 

 

4. Paru-paru

Apakah Sel Kanker Payudara Dapat Menyebar?
Sel kanker payudara juga bisa menyebar ke paru-paru

Jika sel kanker payudara telah menyebar ke paru-paru, maka akan membuat pengidap lebih lemah dan rentan sakit. Gejala yang ditimbulkan adalah sesak napas, efusi pleura (penumpukan cairan di paru-paru, batuk berkepanjangan, hingga nyeri pada dada. 

 

 

 

 

 

 

5. Otak 

Apakah Sel Kanker Payudara Dapat Menyebar?
Sel kanker payudara juga bisa menyebar ke otak

Penyebaran sel kanker payudara di otak biasanya terjadi saat pengidap berada pada stadium lanjut atau stadium IV. Gejala yang ditimbulkan adalah sakit kepala, gangguan penglihatan, kejang-kejang, kelahan yang ekstrem, hingga adanya gumpalan darah pada otak. 

 

 

 

 

 

Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Apakah Sel Kanker Payudara Dapat Menyebar?
Charm Extra Maxi Pink Ribbon
charm
pembalut charm
charm extra maxi
charm extra maxi pink ribbon
kanker payudara
breast cancer
sel kanker payudara
sel kanker payudara menyebar
Komentar (9)
A

ia
intan ayuningtyas
terima kasih infonya
8 days ago
Balas
RE
Richelle Erika
sangat membantu, thanks
8 days ago
Balas
DC
Daverta Christine
thanks kak informasinya
7 days ago
Balas