Kembali

Breast Cancer

Kanker Payudara Bisa Menyerang Remaja?
Kanker Payudara Bisa Menyerang Remaja?


Kanker payudara memang menjadi salah satu kondisi medis yang memiliki reputasi sebagai penyakit berbahaya. Karenanya, tak mengherankan jika Charm Girls mungkin bertanya-tanya, apakah kanker payudara pada remaja dapat terjadi atau tidak?

Berbagai studi dari beberapa kasus penyakit ini pun sudah cukup menjadi pertanyaan tersebut, loh. Penasaran, kan? Yuk, simak fakta-faktanya di bawah ini!

Usia Rentan Seseorang Terkena Kanker Payudara

Menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menempati peringkat teratas dalam kasus terbanyak di tanah air tercinta ini.

Kanker payudara juga menjadi penyakit dengan kasus kematian terbanyak di posisi ima dengan jumlah mencapai lebih dari enam ratus ribu.

IlnfoDATIN Beban Kanker di Indonesia Kementerian Kesehatan menyebutkan, pada tahun 2018, melihat data yang dihasilkan oleh Rumah Sakit Kanker Dharmais, memperlihatkan bahwa kasus kanker terbanyak adalah kanker payudara, yang diikuti oleh kanker serviks, dan kanker paru-paru.

Kementerian Kesehatan Indonesia juga menyebutkan bahwa penyakit ini lebih mudah menyerang kelompok yang sudah berusia lanjut. Hal ini terlihat dari Riskesdas 2018 yang menunjukkan data bahwa kelompok umur 55-64 tahun lebih mudah mengidap penyakit kanker.

Kanker Payudara Bisa Menyerang Remaja?
Kanker payudara biasanya menyerang kelompok umur 55-64 tahun

Namun, jika benjolan itu terasa semakin membesar atau kamu khawatir dengan hal tersebut, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter ya.

Penyebab Remaja Bisa Mengidap Kanker Payudara

Meskipun kasus pada remaja sangat jarang terjadi, bukan berarti tidak ada ya. Menurut National Cancer Institute, kurang dari 2 persen kasus kanker payudara ditemukan pada seorang remaja.

Lalu, apa sih penyebab seorang remaja bisa mengidap kanker payudara? Simak yuk penjelasannya di bawah ini, seperti yang dilansir dari laman NHS, Charm Girls!

1. Faktor umur

Sebelumnya memang sudah disinggung, bahwa kasus penyakit kanker payudara kebanyakan ditemukan pada seseorang yang sudah berusia lanjut. Sehingga, usia menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan resiko kamu untuk mengidap kanker payudara.

2. Keluarga kamu punya riwayat mengidap kanker payudara

Nyatanya, jika ada keluargamu yang pernah atau mempunyai riwayat mengidap kanker payudara, bisa meningkatkan resiko dirimu terkena penyakit ini.

Kanker Payudara Bisa Menyerang Remaja?
Cek riwayat penyakit yang ada di keluarga

4. Pernah mengalami benjolan di payudara sebelumnya (tumor jinak)

Pada beberapa kasus, benjolan payudara biasa yang sering disebut sebagai tumor jinak, bisa mengubah jaringan pada payudara dan ukurannya terus membesar. Perubahan tersebut juga bisa meningkatkan resiko kamu terkena kanker payudara.

Kanker Payudara Bisa Menyerang Remaja?
Perempuan dengan Tumor memiliki risiko kanker payudara

5. Kelebihan berat badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan atau bisa disebut sebagai obesitas, nyatanya juga menjadi salah satu resiko penyebab mengidap kanker payudara pada remaja loh.

6. Minum minuman beralkohol

Terlalu sering minum minuman beralkohol memang tidak baik untuk kesehatan. Salah satunya bisa meningkatkan resiko kamu terkena penyakit kanker payudara.

Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Kanker Payudara Bisa Menyerang Remaja?
Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Ribbon
breast cancer
kanker payudara
kanker payudara remaja
usia kanker payudara
oktober
pink month
charm
charm extra maxi
charm extra maxi pink ribbon
Komentar (0)
A