Kembali

Tentang Menstruasi

Merawat perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan
Merawat perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan


Perkembangan fisik laki laki dan perempuan saat pubertas terlihat saat tumbuhnya bulu-bulu  di tubuh. 

Perhatikan seluruh bagian tubuhmu, Charm Girls. Apakah ada bulu-bulu halus di tangan atau  kaki, ketiak, dan kemaluan? Ih, ngebahas bulu kemaluan memang bikin geli dan kamu nggak  sendirian; banyak cewek yang ngerasa hal yang sama. 

Dulu sih bulu kemaluan cewek dibiarkan tumbuh untuk melindungi kulit dari kotoran dan debu.  Tapi kan berjalannya waktu, pakaian dalam yang kita gunakan sehari-hari sudah lebih dari  cukup untuk menutupi kulit dari kotoran dan debu. Hal ini memungkinkan kita untuk  menghilangkan bulu pada tubuh termasuk bulu kemaluan, Charm Girls. 

Semua cewek beda-beda dan punya pilihan masing-masing. 

Ada yang memilih bulu kemaluan tetap dijaga ataupun ada juga yang memilih dipangkas habis!  

Si bulu kemaluan akan berhenti tumbuh pada panjang tertentu yaitu sekitar 1-5 cm saja, kok!  Kalau kamu memilih merawatnya, nggak usah takut bulu kemaluan akan jadi sepanjang rambut.  Tapi, harus diingat bulu pada kemaluan yang terlalu lebat dapat menimbulkan masalah 

kebersihan dan kelembaban. Kalo tidak dirawat dengan baik, rambut kemaluan berisiko sebagai  tempat berkembangnya parasit sumber penyakit. 

Sedangkan untuk kamu yang memilih untuk memotongnya, ada beberapa hal yang harus kamu  perhatikan, nih, Charm Girls. Nih dia, cara mencukur bulu vagina yang benar! 

1. Pilih alat cukur yang tepat 

Ada dua jenis alat cukur yang bisa kamu temukan, yaitu alat cukur manual sekali pakai dan alat  cukur elektrik. Sebaiknya, kamu pake alat cukur manual sekali pakai karena memiliki desain  yang lebih mudah menjangkau lipatan atau lekukan di area intim. Kamu juga bisa  menggunakannya pelan-pelan agar dirimu nggak terluka. Oh, ya, harga alat cukur manual  pastinya lebih murah kok! 

Merawat perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan
Alat Cukur

 Nah, kalau kamu ingin memakai alat cukur elektrik, pilihlah model yang sesuai dengan bentuk  tubuh. Meski demikian, hasilnya mungkin tidak akan semaksimal alat cukur manual, dan jangan  lupa untuk berhati-hati dengan baterainya. 

Please banget, kamu nggak boleh menggunakan pisau cukur berkali-kali dan bertukar dengan  orang lain, ya! 

2. Membasuh bulu kemaluan dengan air sebelum mencukur 

Berendam di air hangat atau mandi dapat melembabkan dan melembutkan kulit, sehingga bulu  kemaluan lebih mudah dicukur. 

Merawat perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan
Cara Mencukur Bulu Vagina

3. Mengoleskan krim cukur 

Jangan lewatkan shaving cream atau krim cukur lalu biarkan selama 5 menit hingga meresap  untuk melumasi dan melembabkan kulitmu, Charm Girls. 

Merawat perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan

4. Mencukur dengan teknik yang tepat 

Pakai gunting sebelum pisau cukur. Potong bulu yang lebih panjang duluan agar proses  pencukuran lebih mudah. Setelah bulu terlihat cukup pendek, rentangkan kulit dan cukur bulu  secara perlahan searah dengan arah pertumbuhannya (dari atas ke bawah). Jangan mencukur  dari bawah ke atas atau kiri ke kanan, nanti malah iritasi karena bulu tidak tercukur rapi hingga  ke akar. 

Merawat perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan
Mencukur Rambut Kemaluan 

5. Melakukan perawatan setelah bercukur 

Usai mencukur, cuci area kemaluan dengan air hangat dan keringkan. Selanjutnya, oleskan baby  oil atau lotion dengan kandungan aloe vera pada kulit. Hindari penggunaan krim atau lotion  yang mengandung pewangi, karena dapat menimbulkan rasa perih pada kulit. 

Merawat perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan
Perawatan Setelah Mencukur Kemaluan

Jangan digaruk! 

Beberapa cewek suka merasakan gatal setelah bercukur, so, jangan digaruk ya! Kukumu yang  kotor dan gesekan juga bisa menimbulkan iritasi, Charm Girls. 

Mencukur bulu kemaluan emang berasa bikin badan jadi bersih dan terawat. Tapi, dari segi  medis, mencukur bulu kemaluan nggak ada manfaat kesehatan apa pun. Orang yang mencukur  bulunya tidak berarti lebih sehat dari yang tidak mencukur. Jadi, mencukur bulu kemaluan  adalah pilihan kamu, kok, Charm Girls. 

Kalo kamu mengalami nyeri, muncul bisul, dan kulit kemerahan atau bernanah setelah  mencukur bulu kemaluan, segeralah periksakan ke dokter yah!

Komentar (0)
A