Kembali

Tentang Menstruasi

Kapan menstruasi pertama setelah melahirkan?
Kapan menstruasi pertama setelah melahirkan?


Melahirkan adalah ujung dari proses yang panjang, lalu selanjutanya ada penantian menstruasi  pertama setelah melahirkan. 

Proses melahirkan dapat dilakukan melalui jalan lahir/vagina (persalinan pervaginam) atau  persalinan melalui sayatan pada dinding perut dan dinding rahim (persalinan perabdominam)  atau dikenal dengan bedah sesar (seksio sesarea). Rasanya semua ini sangat ajaib dan penuh  perjuangan hidup atau mati untuk membawa buah hati ke dunia. 

Jika Anda melakukan proses melahirkan normal (bukan prematur atau bedah sesar) ini akan  terjadi di usia kandungan 40 minggu. Maka itu, ketika memasuki masa akhir kehamilan, yakni di  trimester ketiga; Anda harus sudah siap dengan segala kemungkinannya. - 

Baca Juga : Ini gejala menstruasi atau tanda hamil muda?

Ketika hamil, Anda seharusnya mendapat perlakuan istimewa dari lingkungan, ruang kerja  bahkan tubuh Anda sendiri. Menjalani masa kehamilan adalah kebahagiaan yang tidak bisa  diungkapkan dengan kata-kata. Beberapa calon Ibu akan memancarkan aura yang berbeda dan  terlihat lebih cantik saat hamil; pipi memerah, kulit menjadi lebih lembut, cerah, dan bersinar.  Ternyata, ini bukan saja karena bahagia akan segera menjadi seorang Ibu, namun bisa  dijelaskan secara ilmiah. Kondisi ini disebut pregnancy glow.

Juga yang, hingga terbebas sementara dari menstruasi. Tak bisa dimungkiri, “libur” sejenak dari  tamu bulanan ini memang cukup menyenangkan ya, jadi tidak perlu repot sedia pembalut di  tanggal-tanggal tertentu. Namun cepat atau lambat, tamu bulanan ini akan hadir kembali  setelah Anda melahirkan sang buah hati. 

Selama masa kehamilan, Anda tidak akan menstruasi kurang lebih sembilan bulan. Nantinya,  Anda baru mendapatkan menstruasi pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas meski  waktunya berbeda-beda pada setiap wanita. 

Kapan menstruasi pertama setelah melahirkan dimulai lagi? 

Waktu tepatnya haid kembali lagi setelah melahirkan normal atau caesar akan berbeda-beda  pada setiap ibu karena ada banyak faktor yang menentukannya.  

Kapan menstruasi pertama setelah melahirkan?
Mens Pertama Pasca Melahirkan 

Jika Anda menyusui ASI eksklusif, menstruasi pertama Anda akan datang dalam jangka waktu  yang agak lama yakni sekitar 6-8 bulan setelah melahirkan. Jika Anda tidak menyusui ASI  eksklusif, menstruasi pertama umumnya akan datang dalam jangka waktu sekitar 5-12 minggu  setelah melahirkan. 

Sementara siklus haid sendiri akan kembali dalam jangka waktu atau jarak 45 hari baik untuk  Anda yang melahirkan melalui bedah sesar atau normal. 

Mengapa menyusui mempengaruhi menstruasi pertama setelah melahirkan? 

Selama masa pemberian ASI eksklusif, tubuh memproduksi banyak hormon prolaktin untuk  mencukupi produksi ASI. Jumlah produksi hormon prolaktin yang cukup banyak ini dapat  menekan produksi hormon yang mendukung proses ovulasi (pelepasan sel telur untuk  pembuahan). 

Oleh karena itu, Anda tidak mengalami ovulasi sehingga kemungkinan besar juga tidak akan  mengalami menstruasi setelah melahirkan sampai masa menyusui selesai.

Bagaimana dengan nifas setelah melahirkan? 

Ibu umumnya mengalami perdarahan dan keputihan yang dikenal dengan nama lokia atau  darah nifas setelah melahirkan, baik usai melahirkan normal maupun melalui operasi caesar  selama kurang lebih 40 hari. 

Kapan menstruasi pertama setelah melahirkan?
Haid Pertama Setelah Nifas 

Setelah melahirkan, tubuh Anda akan terus mengeluarkan darah dan jaringan yang ada di  dalam rahim sebagai sisa saat kehamilan sebelumnya. Darah yang keluar dalam beberapa  minggu awal pasca persalinan mungkin padat dan berbentuk seperti gumpalan darah.  Darah yang keluar tersebut kemudian akan berubah menjadi keputihan. Keputihan ini akan  berlanjut selama sekitar enam minggu, yakni kira-kira waktu kembalinya menstruasi Anda  setelah melahirkan bila tidak menyusui ASI. 

Harus diingat! Menstruasi pertama setelah melahirkan mungkin lebih berat! 

Siklus menstruasi pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas, mungkin tidak langsung  kembali lancar sama persis seperti sebelum hamil. 

Mungkin Anda akan merasa kram yang lebih berat dan sering; serta lebih sering dan cepat  berulang ketimbang biasanya sebelum hamil dan melahirkan karena rongga rahim menjadi  lebih besar setelah kehamilan; dan juga sehingga ada lebih banyak lapisan rahim yang harus  diluruhkan selama menstruasi. 

Selama tahun pertama setelah melahirkan, Anda bisa saja mengalami perubahan dalam jumlah  perdarahan, waktu menstruasi yang lebih lama, dan siklus yang lebih panjang. Tubuh Anda akan  beradaptasi ulang, ini semua wajar kok!

Selalu perhatikan setiap hal kecil yang terjadi pada tubuh Anda setelah melahirkan. Apabila  menemukan keluhan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter agar dapat diketahui penyebab  menstruasi pertama setelah melahirkan tidak kunjung datang karena beberapa keluhan bisa  mengindikasikan infeksi. Semoga tidak terjadi pada Anda ya! 

Stay safe, Parents!

Komentar (0)
A