Kembali

Edukasi

Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan
Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan


Sebagai anak cewek, kamu berhak merasa bebas!  

Terlepas dari apa itu menstruasi; seharusnya siklus ini nggak menghalangi kamu untuk  melakukan kegiatan yang kamu suka sehari-hari. Rasa nyeri dan bad mood yang dateng  harusnya bisa jadi sebuah tanda biar kamu lebih aware bahwa tubuh kamu dapat melakukan  banyak hal keren, Charm Girls! 

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya nggak kamu lakukan, nih, biar mencegah menstruasi  menjadi semakin memburuk. Berbagai larangan saat haid ini ada baiknya kamu turutin agar  menstruasi berjalan lebih ringan, dan kamu tetap dapat beraktivitas sebagaimana mestinya. Jadi, apa saja yang tidak boleh dilakukan saat haid? Yuk, mari intip, Charm Girls! 

Baca Juga : Posisi tidur pewe pas lagi menstruasi hari pertama 

1. Kebanyakan makan yang asin-asin 

Pas lagi dapet, kamu bisa jadi gampang lapar, lho. Tapi, terlalu banyak makan makanan yang  asin bisa bikin gejala haid menjadi lebih buruk. Makanan asin tuh bikin terjadinya retensi air,  akhirnya perut bisa makin kembung dan kram. 

Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan
Kurangi Makanan Asin 

Oleh sebab itu, kurang-kurangi mengkonsumsi makanan asin, seperti keripik kentang atau  cemilan asin lainnya. Terlebih di konsumsi dalam jumlah tinggi saat haid. Cobalah ngemil lebih  banyak sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah segar, atau gandum. 

2. Kafein! 

Siapa sih yang gak suka es kopi kekinian? Kalau kamu adalah salah satunya, sebaiknya hindari  dulu minum kopi ketika menstruasi! Kafein yang terdapat dalam kopi, teh, soda, dan minuman  mengandung kafein lainnya bisa memengaruhi hormon selama menstruasi, serta bisa  menurunkan aliran darah pada rahim. 

Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan
Hindari Minuman Berkafein 

Baca Juga : Jangan dimakan, hindari beberapa makanan ini saat masa menstruasi 

3. Rebahan dan Mager 

Pas lagi dapet, pengennya rebahan aja seharian! Tapi faktanya, olahraga itu terbukti dapat  membantu mengurangi kram dan nyeri yang dialami saat haid. Olahraga juga bikin membuat  mood jadi lebih baik. Kamu bisa pilih olahraga sesuai dengan kondisi tubuhmu tanpa perlu  memaksa, seperti berjalan santai, jogging, pilates, yoga, berenang, atau bersepeda. Jadi, ayo  bangun dan bergerak saat datang bulan tiba agar tubuhmu tetap sehat, Charm Girls :D 

Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan
Olahraga Bikin Mood Baik 

4. Menggunakan pembalut terlalu lama 

Mengganti pembalut secara teratur merupakan bagian penting dalam menjaga kebersihan area  kewanitaan kamu. Tapi, banyak cewek yang males untuk ganti dan memakai satu pembalut  seharian! Aduh… 

Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan
Ganti Pembalut Secara Teratur 

Hal ini bisa menyebabkan infeksi bakteri atau jamur. Sebaiknya, patuhi larangan saat haid ini  dengan mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali ketika menstruasi. Tetaplah ganti pembalut,  meskipun kamu mungkin merasa pembalut belum 'penuh' dan belom bocor!

5. Begadang 

Drakoran atau mabar semaleman sama teman-teman emang seru! Tapi, tidur tuh penting  banget bagi tubuh beristirahat dan memulihkan energi. Begadang bisa meningkatkan hormon  stress kortisol. Hal ini dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan  gejala premenstruasi semakin berat. Jadi, jangan begadang dong, Charm Girls! 

Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan
Tidur Penting untuk Memulihkan Energi 

6. Mengonsumsi susu dan produk berbahan susu 

Selama menstruasi, kamu sebaiknya menghindari mengonsumsi susu maupun produk berbahan  susu. Sebab susu dapat membuat perut terasa kembung. 

Kandungan gas yang banyak dalam perut karena pengaruh hormon bisa diperburuk dengan  mengkonsumsi susu atau produk berbahan susu. Hal ini bahkan juga dapat memicu terjadinya  kram atau iritasi usus. 

Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan
Hindari Konsumsi Produk Berbahan Susu

7. Waxing 

Pas menstruasi, perubahan hormon membuat tubuh lebih peka terhadap rasa sakit dan kulit  menjadi lebih sensitif. Oleh sebab itu, saat melakukan waxing; kamu bakal merasakan sakit  yang berlipat ganda. Jadi, tunda dulu aja waxing atau kegiatan lain yang bisa menambah rasa  sakit saat menstruasi 

Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan
Waxing Saat Menstruasi Lebih Sakit 

Yang paling penting, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perubahan hormon saat  menstruasi dan rasa nggak nyaman bisa membuat kamu mengalami 

bad mood. 

Namun, jangan  sampai emosi negatif ini menguasai kamu. Lakukan hal-hal yang menyenangkan yang dapat  meningkatkan suasana hati, seperti mendengarkan musik, menonton film, ataupun ngobrol  sama teman-teman! Tiap cewek kan biasanya punya cara masing-masing untuk jadi lebih baik!

Komentar (0)
A