Kembali

Tentang Menstruasi

Charm Girls, mitos atau fakta remaja sekarang lebih cepat pubertas?
Charm Girls, mitos atau fakta remaja sekarang lebih cepat pubertas?


Seiring berjalannya usia Charm Girls, memang banyak hal yang terjadi. Selain perkembangan fisik yang bisa kamu lihat, perkembangan otak dan juga pola pikir. Kamu, sebagai anak perempuan ngerasain nggak sih, kalo perbedaan fisik laki-laki dan perempuan makin terasa jelas. Seperti tanda-tanda menstruasi mulai terjadi dan juga tubuhmu yang terlihat berisi. 

Nah, jika 100 tahun lalu, menstruasi terjadi pada usia-usia 17 tahun. Namun di era modernisasi seperti saat ini, awal menstruasi pada remaja perempuan semakin maju; khususnya di generasi milenial dan generasi Z seperti kamu! Saat ini, banyak sekali pra-remaja yang berusia 10 tahun sudah mengalami adanya menstruasi dibanding dahulu.

Baca Juga : Pubertas bikin jerawatan

Hah, penasaran ya kenapa hal ini bisa terjadi, Charm Girls? Yuk, kita cari tahu!

1. Kelebihan gizi
Emang deh, sesuatu yang berlebihan itu emang nggak baik! Seperti kata Ahli Gizi Beta Sindiana, S.Gz yang mengungkapkan bahwa persentase terjadinya menstruasi pertama dini pada sebuah penelitian terlihat, kalau remaja putri dengan gizi lebih (kelebihan berat badan dan obesitas) lebih tinggi 19,4 persen dibandingkan dengan remaja putri yang status gizinya normal atau kurang.

2. Makanan zaman sekarang sama dulu beda!
Kalo kamu pelajari lebih dalam lagi, makanan zaman now sudah mengalami banyak perubahan dibandingkan zaman dulu. Dulu kan makanan lebih sehat tuh, sekarang makanan lebih ada yang disuntik hormon dan segala macam, contohnya steroid.

Steroid biasa digunakan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan agar lebih cepat pada hewan ternak, seperti sapi, kambing, domba, dan ayam. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, anak yang sering mengonsumsi daging ayam atau sapi yang sebelumnya disuntik hormon memiliki peluang mengalami menstruasi pertama lebih cepat, Charm Girls. 

Hal itulah yang membuat hormon estrogen lebih cepat tumbuh dan besar dalam waktu yang cepat. Hormon estrogen sendiri, berfungsi untuk mengatur siklus haid pada perempuan.

Charm Girls, mitos atau fakta remaja sekarang lebih cepat pubertas?
Penyebab Anak Cepet Puber

Ingat juga jajanan dan junk food yang biasanya kamu beli online! Makanan tinggi kalori dan lemak namun rendah mikronutrien ini juga jadi biangnya, lho, Charm Girls. 

Ada hubungan antara frekuensi konsumsi junk food dengan usia menstruasi pertama. Ditemukan bahwa anak perempuan yang suka makan junk food lebih dari 2 kali per minggu, lebih banyak mengalami menarche dini (<12 tahun) dari yang makan junk food kurang dari 2 kali per minggu.

3. Si berbahaya radikal bebas
Polutan atau polusi yang mengandung Phthalates. Phthalates ini dihasilkan oleh benda-benda yang deket banget sama kamu! Oh, no! Misalnya kantong plastik yang terbakar, zat dioksin yang dilepaskan PVC, sabun, sepatu karet, boneka mainan, dan lain-lain yang fungsinya untuk melunakkan bahan plastik, bahan coating cat dan peralatan elektronik yang umum digunakan ternyata menyebabkan gangguan hormon kesuburan; dan jadinya bisa menstruasi pertama lebih cepat! Selain itu Phthalates juga bisa memicu gangguan metabolisme dan fungsi organ tubuh, gangguan pertumbuhan, serta meningkatkan risiko terjadinya alergi. Serem banget yaa, Charm Girls!

Charm Girls, mitos atau fakta remaja sekarang lebih cepat pubertas?
Bahaya Radikal Bebas

4. Media-Media Dewasa
Siapa sangka, tontonan dan konten sosial media yang suka banget mengumbar seksualitas tanpa filter! Huhuhu, secara nggak sadar, konten-konten tersebut bisa menstimulasi atau rangsangan mata ke dalam otak hingga menyebabkan hormon estrogen meningkat. Serem banget, bagaimana tubuh kamu itu ternyata gampang banget terpengaruh sama sekitar.

Charm Girls, mitos atau fakta remaja sekarang lebih cepat pubertas?
Bahaya Konten Negatif
Komentar (0)
A