Kembali

Tentang Menstruasi

Charm Girls tahu period shaming, lalu bagaimana mengatasinya?
Charm Girls tahu period shaming, lalu bagaimana mengatasinya?


Duh, masa menstruasi datang lagi! Tentunya banyak perasaan yang kamu hadapi bersamaan. Charm Girls pasti udah pada paham banget deh; yang namanya menstruasi pasti disertai dengan PMS yang bikin badan pegal-pegal, perut kembung dan kram, juga lemas yang bukan main! Ya, mau nggak mau itulah yang terjadi dari dalam tubuh.

Nggak cuma pengalaman anak perempuan saat mengalami menstruasi pertama, haid selanjutnya ternyata juga dipenuhi rasa takut dan malu loh, huhuhu. Menstruasi memang masih dianggap tabu. Eh, malah dijadikan bahan ejekan lagi.

Beneran, beberapa Charm Girls; bahwa beberapa temanmu atau bahkan kamu sendiri masih suka diejek oleh orang sekitar cuma gara-gara masa menstruasi, lho! Lewat Instagram @KemenkesRI memaparkan, terdapat 39 persen perempuan pernah diejek temannya saat menstruasi. Nah, kejadian ini disebut ‘Period Shaming’

Period shaming sendiri adalah tindakan untuk membuat seseorang merasa malu akan menstruasi yang sudah terjadi sejak dahulu kala. Ya, kira-kira sejak manusia pertama kali sadar akan konsep menstruasi.

Mau gimana lagi, ternyata masih banyak banget yang belom mendapatkan pengetahuan tentang masa menstruasi. Kesel sih, tapi marah-marah tanpa solusi juga rasanya nggak bijak juga, kan, Charm Girls. Yuk, sabar dan pegangan tangan sambil ikutin beberapa tips di bawah ini biar kamu yang diejek bisa kuat!

Charm Girls tahu period shaming, lalu bagaimana mengatasinya?
Apa Itu Period Shaming

1.Know the truths, banyak bentuk ‘Period Shaming
Huhuhu, di masa depan bahkan ketika kamu sudah dewasa; ‘Period Shaming’ mungkin saja bisa terjadi di tempat kerja ataupun lingkungan komunitas. Perbuatan ini bahkan sering dianggap sesuatu yang lumrah bagi berbagai golongan masyarakat. Bentuknya macam-macam, Charm Girls. Misalnya, nih!

- “Galak banget sih, pasti lagi mens ya!” 
Masa menstruasi memang mempengaruhi level hormon yang akibatnya jadi nggak seimbang. Ini bukan berarti kita maupun orang-orang di sekitar kita berhak menjadikannya bahan bercandaan. So, keep cool ya, CharmGirls.

- “Membicarakan menstruasi dengan kode atau enggak membicarakannya sama sekali” 
Masih ingat artikel di Charm Girls dengan macam-macam sebutan untuk menstruasi nggak?

Baca Juga: 6 Panggilan Menstruasi Unik yang wajib Charm Girls Ketahui!

Mau gimana lagi, menstruasi dan berbagai hal yang meliputinya sering dianggap tabu untuk dibicarakan, sih! Mulai sekarang, coba untuk nggak ragu lagi buat membicarakan menstruasi secara terbuka dan tanpa kode-kode, ya, Charm Girls.

Charm Girls tahu period shaming, lalu bagaimana mengatasinya?
Apa Itu Menstruasi

2.Pastikan kamu ngerti banget soal menstruasi
Biasanya sih orang yang mengejek tentang masa menstruasi umumnya nggak mengerti soal menstruasi itu sendiri, lho, Charm Girls. Nggak cuma di Indonesia, bahkan beberapa negara dengan tingkat pendidikan rendah seperti Afrika dan India juga ternyata punya pengetahuan yang minim banget tentang menstruasi. Itu juga yang membuat perempuan di sana selalu di ejek mulu, huhuhu.

Supaya kamu nggak seperti mereka, kamu harus belajar dan cari tahu tentang masa menstruasi itu sendiri. Kamu wajib menyadari bahwa menstruasi adalah hal normal. Nggak ada yang salah dengan menstruasi sebagai proses alami yang pasti dialami seorang perempuan. Coba bayangkan kalo siklus haid nggak pernah terjadi… Bisa-bisa manusia akan punah! Hu, serem banget, Charm Girls. 

Nggak cuma tentang menstruasi. Kamu juga harus paham tentang pembalut, cara menjaga kebersihan vaginamu di bawah sana, macam-macam darah haid, serta tentang dirimu sendiri. So, saat ada orang yang ngejek kamu, kata-kata mereka yang nggak masuk akal itu bakal berlalu. Oh ya, kamu boleh banget baca-baca semua konten yang ada di Charm Girl’s Talk untuk tahu tentang serba-serbi menstruasi dan pubertas.

Charm Girls tahu period shaming, lalu bagaimana mengatasinya?
Girl Support Girls

3. BERSAMA nggak usah dihiraukan, Charm Girls!
Masih nyambung dengan yang sebelumnya nih. Because, girl supports girls; kalo kamu menemukan temanmu diejek gara-gara menstruasi, kamu harus merangkulnya nih. Ajak temanmu itu untuk nggak peduli dengan ejek-ejekan orang nakal itu. Bagilah semua informasi yang kamu tahu tentang menstruasi dan ajak Ia untuk berdiskusi.

Selain membuatnya nyaman tentang menstruasi; bisa banget kamu yakinkan dia bahwa masa menstruasi itu normal dan nggak ada yang salah. Bangun pertemanan yang kuat, ya, Charm Girls. Dijamin deh orang yang suka melakukan ‘Period Shaming’ tuh pasti bosen sendiri dan berlalu begitu saja.

Charm Girls tahu period shaming, lalu bagaimana mengatasinya?
Menyikapi Ejekan

4. Kasih tau si tukang ejek seperlunya dan move on!
Seperti yang udah dikatakan sebelumnya, orang-orang suka ngejekin menstruasi tuh karena mereka nggak tau alias nggak paham dengan apa yang terjadi. Kamu punya pilihan untuk nggak peduli dan mengabaikannya atau sedikit melawan. Kamu bisa sampaikan pada mereka dengan kata-kata seperti “Menstruasi itu normal tahu!” atau “Namanya juga cewek” 

Tapi, kalo orang-orang tersebut malah semakin mengejekmu, ada baiknya kamu berhemat energi dan meninggalkannya deh. Cukup tertawakan saja dan move on. Capek tahu ngurusin orang-orang yang nggak pernah mau belajar. Toh, kamu sudah mengerti bahwa menstruasi itu nggak menjijikan. Rite, Charm Girls?
 

Komentar (0)
A