Kembali

Stay Productive

7 cara belajar efektif dan efisien, yuk coba!
7 cara belajar efektif dan efisien, yuk coba!


Charm Girls, di masa perkembangan anak laki-laki dan perempuan ini kamu punya banyak kesempatan yang terbuka lebar di masa depan. Di titik ini, kamu bisa jadi apapun yang kamu mau, lho. Namun, untuk mencapai ke sana, tentunya pasti banyak tantangan yang kamu hadapin. Salah satunya, belajar.

Yah, belajar emang sering banget jadi tantangan tersendiri. Ngerti banget kok, kalo belajar terkadang bisa super duper membosankan, kepanikan dan bikin males banget.

Baca juga : Ubah insecure jadi bersyukur dengan tips mudah ini! - Charm Girl's Talk
 

Faktanya, memang semua orang bisa melakukan aktivitas belajar. Tapi jarang banget yang tau bagaimana cara belajar efektif dan efisien. Belajar efektif adalah proses kegiatan belajar yang memberikan pengaruh atau dapat membawa hasil dari ketekunan, kesempatan belajar dan kualitas yang lebih baik.

Kan percuma kamu kalo belajar tapi kurang fokus. Yang ada malah terpaksa deh. Nah, bagaimana sih cara belajar efektif dan efisien? Yuk, disimak aja Charm Girls!

1. Set The Goals!
Dimulai dengan menetapkan tujuan atau target. Misal tujuanmu belajar adalah untuk rangking atau misal mendapatkan nilai 90. Jadi bisa banget nih, kamu tulis di tempatmu biasa belajar.
Selain bisa selalu mengingatkan tujuan kamu, ini juga bagus untuk memacu semangatmu, Charm Girls.

7 cara belajar efektif dan efisien, yuk coba!
Belajar Efektif di Rumah

Dengan menentukan tujuan, kamu bisa selalu punya motivasi jika kamu mulai merasa kehilangan semangat untuk belajar. Kamu bakal semakin bersungguh-sungguh dalam melakukannya. Belajar nggak perlu lagi dilakukan dalam kondisi tertekan, tetapi bisa dilakukan dengan suka cita, deh!

2. Belajar di Tempat yang Disukai
Ternyata, tempat yang nyaman bakal mempengaruhi mood kamu pas belajar. Karena itu, atur dulu ruangan belajarmu di rumah menjadi senyaman mungkin. 

Kamu bisa bereksperimen dengan posisi serta penampilan meja belajar biar berasa punya suasana baru yang lebih segar dan memberikan semangat. Ohya, kamu juga dapat mencari atmosfer berbeda dengan belajar di kafe sambil minum boba favorit, atau perpustakaan. Namun, pastikan keadaan tenang biar kamu dapat belajar dengan nyaman.

3. Buang jauh smartphone kamu
Eits, bukan berarti dibuang beneran, Charm Girls. Tips belajar efektif lainnya adalah dengan mengenali gangguan yang mungkin merusak konsentrasi belajar kamu. Ini bisa datang dari mana saja, termasuk dari orang tua kamu sendiri. Adapun beberapa hal yang kerap mengganggu proses belajar di rumah adalah, televisi, mainan dan lainnya.

Apalagi zaman sekarang yang selalu jadi gangguan; smartphone. Banyak banget sosial media yang bisa kamu nikmatin berjam-jam tanpa sadar! Hayo, mau belajar apa mau main smartphone?

7 cara belajar efektif dan efisien, yuk coba!
Belajar Efektif Jauhi Smartphone

4. Be consistent on your own 
Belajar nggak perlu semaleman penuh, ataupun berjam-jam duduk di meja sampai pegal. Kamu cukup punya waktu rutin yang sesuai dengan kesukaanmu. Entah itu pagi hari, setelah bangun tidur atau malam hari. 

Nah, kalo ada temanmu yang selalu mendapat nilai bagus tanpa belajar; percayalah. Ia pasti belajar lebih efektif dan keras daripada yang kamu kira. Jadi, daripada kamu membandingkan dirimu dengan orang lain. Lebih baik kamu berpegang teguh dengan dirimu sendiri dan tetap konsisten!

5. Siapkan hadiah kecil untuk diri sendiri! 
Iya, belajar memang terkadang bikin pusing sendiri. Jadi, jangan lupa untuk berikan hadiah untukmu sendiri setelah belajar dengan giat, misal membeli camilan favorit. Dengan mendapatkan hadiah, akan timbul rasa puas di dalam diri sehingga kamu makin terpacu menaklukkan target belajar berikutnya.

6. Nafas sejenak, jangan lupa istirahat 
Belajar dengan keras boleh, tapi tetap ingat kesehatanmu. Banyak yang selama ini menganggap bahwa waktu istirahat dibutuhkan saat kamu sudah merasa sangat lelah, lantas jika belum merasa kelelahan badan dan otak akan terus dipacu untuk bekerja.

Jangan nunggu merasa sangat lelah baru beristirahat, ya. Karena dengan beristirahat yang benar justru kamu dapat meningkatkan kemampuan fokus kamu, loh. Energi pun dapat terisi kembali dan membuat lebih produktif, Charm Girls.

7 cara belajar efektif dan efisien, yuk coba!
Belajar Menyenangkan

7. Never give up! Just don’t
Jika semua sudah kamu lakukan dan masih belum mencapai target, bukan berarti kamu gagal. Ingatlah bahwa kamu tidak akan pernah bisa jika tidak membuat kesalahan. Tetap tenang dan pantang menyerah. Tidak ada jalan pintas dalam meraih impian, jangan pernah menyerah untuk terus belajar. Ok?

Komentar (0)
A