Kembali

Edukasi

7 Hal yang Penting Diperhatikan dalam Masa Pertumbuhan Wanita

7 Hal yang Penting Diperhatikan dalam Masa Pertumbuhan Wanita


Masa pertumbuhan wanita umumnya dimulai sejak usia 8 hingga 13 tahun, sedikit lebih awal dari laki-laki yang mengalaminya pada usia 9 sampai 14 tahun. Periode ini disebut pubertas atau masa puber. Pada masa inilah kamu beranjak menjadi remaja.

Pubertas sendiri merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Selama masa puber, tubuhmu akan mengalami berbagai perubahan secara fisik dan emosional. Tujuannya tidak lain supaya kamu siap bertransisi menjadi orang dewasa.

Lantas, apa saja yang terjadi selama masa pertumbuhan remaja perempuan? Kapan masa-masa transisi ini dimulai dan berakhir? Apakah kamu masih bisa bertambah tinggi setelah masa puber usai? Simak jawabannya di sini, yuk!

Apa yang terjadi selama masa pertumbuhan wanita?

Selama masa pertumbuhan, seorang perempuan akan mengalami berbagai perubahan. Berikut adalah beberapa perubahan fisik yang akan kamu alami.

  • Payudara mulai berkembang. Awalnya, area gelap di sekitar puting akan tampak sedikit membengkak. Seiring waktu, ukuran payudaramu akan mulai membesar.
  • Muncul rambut-rambut halus pada ketiak, kaki, dan area kemaluan.
  • Tubuh tampak lebih berlekuk dan pinggul melebar. Berat badanmu mungkin akan bertambah, tapi kamu tidak perlu khawatir. Ini juga ciri-ciri pubertas yang normal.
  • Tinggi badanmu bertambah dengan pesat. Perempuan yang sedang mengalami pubertas bahkan bisa bertambah tinggi 8 cm dalam setahun, lo!
  • Beberapa orang mungkin mengalami masalah jerawat dan bau badan.
  • Kamu mengalami menstruasi alias haid untuk pertama kalinya. Biasanya, haid pertama terjadi dua tahun setelah payudara mulai berkembang.

Selain berbagai perubahan fisik di atas, kamu juga akan mengalami perubahan secara emosional. Kamu mungkin mulai tertarik kepada lawan jenis, menjadi lebih sensitif, dan sering mengalami perubahan mood yang mendadak.

Apa yang perlu diperhatikan selama masa pertumbuhan wanita?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan selama masa pertumbuhan.

1. Makan makanan bergizi seimbang

Asupan makanan bergizi seimbang sangat penting dalam masa pertumbuhan wanita. Pasalnya, tubuh membutuhkan energi dan zat gizi yang cukup supaya bisa melewati berbagai perubahan selama masa puber dengan baik.

Tentunya, kamu tidak boleh asal pilih makanan. Pilihlah makanan sehat yang kaya akan protein, seperti daging ayam, ikan, telur, serta produk kedelai seperti tahu dan tempe. Jangan lupa, penuhi juga kebutuhan serat dengan makan sayuran dan buah-buahan.

2. Jaga kebersihan tubuh

Selama masa pubertas, tubuhmu akan memproduksi lebih banyak minyak dan keringat. Keringat sebenarnya tidak memiliki bau, tetapi bakteri yang tumbuh subur pada kulitmu bisa menimbulkan bau yang tidak sedap jika bercampur dengan keringat.

Oleh karena itu, jagalah kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari. Kenakan baju dan celana yang longgar agar kulitmu bisa bernapas dan tidak memerangkap keringat. Untuk mencegah bau badan, gunakanlah deodoran atau antiperspiran setelah mandi.

3. Jaga kesehatan kulit wajah

Banyak perempuan mengalami masalah jerawat selama masa pertumbuhannya. Hal ini disebabkan karena produksi minyak pada wajah meningkat selama masa puber. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan bercampur dengan bakteri sehingga muncullah jerawat.

Cara terbaik untuk mengatasi jerawatan saat masa puber yaitu dengan membersihkan wajah secara rutin, makan makanan yang sehat untuk kulit, dan mengurangi makanan tinggi gula. Ketika ada jerawat, biarkan ia hilang sendiri dan jangan memencetnya, ya, Charm Girls!

4. Tidur yang cukup

Sering dianggap sepele, kurang tidur ternyata dapat berefek negatif pada tinggi badan remaja yang sedang puber, lo! Pasalnya, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan saat tidur. Jika kamu sering begadang, pelepasan hormon ini tentu bakal terhambat.

Kurang tidur juga bisa memengaruhi hormon lainnya serta meningkatkan risiko penyakit kronis di masa depan, terutama diabetes dan obesitas. Maka dari itu, pastikan kamu tidur setidaknya 9 jam setiap hari, ya!

5. Cintai tubuhmu sendiri

Perubahan bentuk tubuh dan kenaikan berat badan selama masa pertumbuhan bisa bikin remaja perempuan merasa insecure. Ini bisa diperparah oleh standar kecantikan di media sosial yang tidak realistis. Akibatnya, banyak remaja perempuan memaksakan diri untuk diet karena tidak suka dengan tubuhnya sendiri.

Padahal, apa yang ada di media sosial belum tentu sama dengan aslinya. Melakukan diet selama masa puber juga malah akan menghambat proses pertumbuhan itu sendiri. Jadi, alih-alih fokus dengan bagian tubuh yang menurutmu buruk, yuk, cintai diri sendiri dengan melihat hal-hal baik yang menjadi keunggulanmu!

6. Kelola stres dan kesehatan mental

Pubertas adalah masa ketika kamu sedang labil secara emosional, sensitif, dan mudah stres. Kamu mungkin juga akan mengalami konflik dengan teman, orangtua, pacar, atau orang lain di dalam hidupmu. Ini sebenarnya sangatlah wajar.

Namun, emosi negatif dan stres berkepanjangan dapat berefek negatif pada kesehatan mental. Untuk mencegahnya, carilah kegiatan yang bisa membuatmu merasa bahagia dan produktif. Jangan lupa berolahraga dan kurangi interaksi dengan hal-hal di dalam media sosial yang tidak baik untuk kesehatan mentalmu.

7. Gunakan produk kewanitaan yang tepat

Selama masa pertumbuhan, kamu akan mengalami menstruasi, keputihan, dan hal-hal sejenisnya yang berkaitan dengan organ reproduksi perempuan. Bagi kamu yang masih bingung mencari produk pembalut dan pantyliner yang tepat, CHARM bisa menjawab kekhawatiranmu.

Produk-produk CHARM telah dirancang sedemikian rupa agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu, mulai dari CHARM Body Fit yang menyerap darah haid secara maksimal, CHARM Daun Sirih+Herbal yang menjaga kebersihan Miss V secara alami, hingga CHARM Safe Night yang dapat mencegah kebocoran saat tidur.

Pembalut dan pantyliner CHARM juga terbuat dari material yang lembut dan aman bagi kulit. Dengan begitu, kamu dapat menjalani masa pubertas tanpa takut akan keluhan seputar menstruasi yang bikin kamu tidak nyaman.

Nah, itulah informasi seputar hal yang perlu kamu perhatikan selama menjalani masa pertumbuhan wanita. Tetaplah menjalani gaya hidup sehat agar masa pertumbuhanmu berjalan dengan optimal ya, Charm Girls!

masa pertumbuhan perempuan
Komentar (2)
A

An
Anonymous
Oke
a month ago
Balas
An
Anonymous
Thanks
a month ago
Balas
floating-icon