Kembali

Edukasi

Apakah Jerawat Haid Berbahaya?

Apakah Jerawat  Haid Berbahaya?


Siapa disini yang menjadikan jerawat sebagai tanda  bahwa datang bulan akan segera datang? Ciri-ciri jerawat haid yang datang jelang tanggalan datang bulan kerap jadi patokan untuk men kan bahwa tamu bulan akan datang.

Mengalami jerawat saat haid dan menjelang haid adalah hal biasa ya Charm Girls meski memang terasa mengganggu. Hal ini jadi pendamping di samping mengalami nyeri haid, mood yang berubah-ubah serta aliran yang deras.

Nah Charm Girls, dalam kasus jerawat haid, perlu dipahami jika jerawat haid berkaitan dengan pelepasan hormonal dan berbeda jerawat biasa yang kerap dialami. Perlu dicatat juga bahwa seseorang juga bisa mengalami jerawat selama kehamilan atau menopause. 

Cara termudah untuk mengidentifikasinya adalah dengan melihat waktu saat jerawat itu muncul. Jerawat yang berhubungan dengan haid kemungkinan besar akan muncul pada minggu atau hari-hari menjelang haid atau selama haid. Selain itu, kondisi ini cenderung hilang atau membaik saat haid akan berakhir atau benar-benar berakhir. Itu jadi beberapa cara mengetahui ciri-ciri dari jerawat haid.

Mengapa jerawat sebelum menstruasi bisa muncul, hal ini dipengaruhi hormon-hormon yang buruk. Selama haid hormon berfluktuasi. Sebelum menstruasi dimulai, kadar estrogen dan progesteron turun. Hal ini dapat memicu kelenjar sebaceous mengeluarkan lebih banyak sebum, zat berminyak yang melumasi kulit loh Charm Girls. Terlalu banyak dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Hormon juga dapat meningkatkan peradangan kulit dan produksi bakteri penyebab jerawat. Disamping itu fluktuasi hormonal sebelum menstruasi juga bisa menyebabkan hal-hal lainnya seperti mood yang  berubah-ubah nyeri payudara, dan hingga nyeri haid atau PMS yang berkaitan dengan peningkatan stres. Hal itu yang mungkin juga memperburuk jerawat.

Apakah jerawat haid berbahaya?

Nah Charm Girls, sebenarnya jerawat saat haid seringkali menjadi masalah kulit yang dialami banyak perempuan dan secara medis ini berkaitan dengan fluktuasi hormon. Jadi bisa dibilang tak berbahaya.

Fenomena ini berkaitan erat dengan perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi ya Charm Girls.

Jerawat yang berbahaya adalah saat seiring waktu, jerawat juga menyebabkan jaringan parut, memerah dan sakit. Jerawat nodul adalah jenis jerawat yang termasuk ke dalam kondisi jerawat yang parah dan tidak bisa diobati dengan obat bebas. Jerawat nodul berbentuk besar, keras, terasa sakit, dan muncul di bawah permukaan kulit.

Cara atasi jerawat haid

Fluktuasi hormon berdampak pada produksi minyak dan sebum, sehingga menimbulkan jerawat yang nyeri.

Perlu diketahui juga, siklus menstruasi bukanlah suatu hal yang tetap karena kerap berubah dari orang ke orang dan bulan ke bulan. Oleh karena itu, kapan tepatnya jerawat haid dimulai dan berapa lama berlangsung itu bervariasi.

Ada beberapa cara yang bisa Charm Girls lakukan baik mencegah atau mengatasinya saat jerawat sudah muncul, berikut tipsnya.

  • Kurangi tingkat stres 

Saat seseorang stres berlebih, keseimbangan hormon dan sistem kekebalan tubuh terganggu, maka jerawat akan muncul. Charm Girls bisa mengembangkan sejumlah mekanisme penanganan yang sehat dapat menjaga penampilan kulit   lebih bersih. Mulai dari cukup tidur karena kadar kortisol manusia akan naik saat kurang tidur, yang dapat mengganggu hormon lainnya.

  • Konsumsi makanan seimbang

Jika Charm Girls ingin memperbaiki jerawa, kamu bisa melakukan diet sehat, dengan makan sayuran dan membatasi gula, makanan olahan, dan alkohol.

  • Gunakan produk wajah non komedogenik

Produk kecantikan, perawatan kulit, dan perawatan rambut non komedogenik dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori.

  • Kompres hangat dan dingin

Charm Girls bisa mengompres hangat untuk mengurangi tekanan dengan menarik keluar nanah, sedangkan kompres dingin dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

  • Gunakan pembersih atau perawatan titik dengan benzoyl peroxide. 

Benzoyl peroxide membunuh bakteri dan mengeringkan minyak serta sebum. Jika kulit sensitif, gunakan konsentrasi yang lebih rendah untuk mencegah iritasi.

  • Jangan pecahkan jerawat

Jangan pernah memecahkan jerawat, karena ingat tangan penuh dengan bakteri. Jerawat saat menstruasi memang membuat kesal tapi inget ya Charm Girls, tetapi menyentuhnya juga dapat lebih meradangkan kulit.

Nah Charm Girls, Meskipun jerawat selama haid adalah fenomena umum, setiap individu mungkin punya respons yang berbeda pada perubahan hormonal. Penting untuk diingat bahwa sumber jerawat tidak hanya berasal dari perubahan hormon ya tetapi juga dipengaruhi oleh faktor genetik, pola makan, dan perawatan kulit. 

Jerawat haid atau hormonal terjadi pada semua orang dari waktu ke waktu dan tidak berbahaya. Jika memang perubahan gaya hidup dan perawatan tidak dapat menghilangkan jerawat saat menstruasi, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan atau dokter ya Charm Girls. Apalagi jika jerawat haid semakin membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas kamu. Jangan sembarangan memecahkan jerawat daripada nanti menyesal karena peradangan.

ciri ciri jerawat haid
jerawat hamil
Komentar (0)
A

floating-icon