Kembali

Edukasi

Tips Cara Mengatasi Badan Pegal Menjelang Haid

Tips Cara Mengatasi Badan Pegal Menjelang Haid


Menjelang hari menstruasi, biasanya wanita akan mengalami berbagai macam gejala, mulai dari perubahan suasana hati, perut kembung, nyeri payudara, hingga badan pegal yang membuat kita mencari cara mengatasi badan pegal menjelang haid. 

Tak perlu khawatir, Charm Girls, karena gejala-gejala tersebut merupakan bagian dari sindrom pramenstruasi (PMS), yaitu sekumpulan gejala fisik dan emosional yang dialami wanita selama beberapa hari sebelum menstruasi. Badan pegal merupakan salah satu gejala PMS yang paling umum dialami oleh wanita. 

Rasa pegal ini bisa terjadi di berbagai bagian tubuh, seperti punggung, leher, bahu, lengan, kaki, dan otot-otot lainnya. Rasa pegal ini biasanya terasa lebih parah pada hari-hari menjelang menstruasi dan membuat wanita berusaha mencari cara agar cepat PMS.

Penyebab Badan Pegal Menjelang Haid

Lantas, apa sebenarnya yang jadi penyebab menjelang haid badan sakit semua, ya? Para ahli menduga bahwa hal ini berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dan beberapa faktor lainnya. Apa saja?

  • Perubahan kadar hormon

Perubahan kadar hormon, terutama progesteron, dapat menyebabkan kontraksi otot dan peningkatan kadar prostaglandin. Kontraksi otot dan prostaglandin inilah yang jadi penyebab menjelang haid badan sakit semua.

  • Prostaglandin

Prostaglandin adalah sejenis zat kimia mirip hormon yang dilepaskan dari rahim untuk memulai kontraksi yang akan menyebabkan menstruasi. Nah, prostaglandin ini terkadang bisa diproduksi secara berlebihan dan menyebar ke area sekitar rahim dan juga aliran darah.

Prostaglandin berlebih inilah yang bisa menyebabkan badan sakit semua saat haid di area sekitar rahim seperti area punggung dan bawah kaki. Apalagi saat prostaglandin masuk ke dalam darah, maka Charm Girls juga bisa merasakan sakit di seluruh tubuh hingga sakit kepala.

  • Mediator inflamasi lainnya

Selain prostaglandin, ada juga beberapa mediator inflamasi lain seperti C-reactive protein (CRP) yang bisa jadi penyebab menjelang haid badan sakit semua.

  • Magnesium

Perubahan hormon estrogen saat menstruasi bisa juga mengubah tingkat atau efisiensi mineral tertentu, salah satunya proses penyerapan dan pemanfaatan magnesium dalam tubuh. Nah, kadar estrogen yang menurun dan magnesium yang terganggu inilah yang bisa menyebabkan badan sakit semua saat haid.

Cara Mengatasi Badan Pegal Menjelang Haid

Badan pegal menjelang haid bisa disebut sebagai hal rutin yang harus kita alami sebagai wanita. Tapi bukan berarti itu enggak lagi mengganggu aktivitasmu. 

Untuk tetap merasa nyaman saat gejala tersebut menyerang, berikut beberapa cara mengatasi badan pegal menjelang haid yang bisa kamu lakukan:

  • Istirahat yang cukup

Charm Girls harus banget istirahat yang cukup dapat membantu tubuh untuk memulihkan diri dari kelelahan dan stres. Pastikan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam, ya.

  • Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa pegal. Namun, sebaiknya hindari olahraga yang terlalu berat saat menjelang haid, ya. Pilih olahraga yang ringan seperti joging pagi, bersepeda santai, atau berenang.

  • Pijat

Pijat dapat membantu merelaksasi otot dan mengurangi rasa pegal saat kondisi badan sakit semua saat haid menyerang. Kamu bisa memijat sendiri atau meminta bantuan orang lain.

  • Kompres hangat

Cara mengatasi badan pegal menjelang haid selanjutnya adalah bisa menggunakan kompres air hangat. Kompres hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri otot. Kamu bisa menggunakan handuk hangat atau botol air panas untuk mengompres area tubuh yang terasa pegal.

  • Konsumsi makanan yang sehat

Konsumsi makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

  • Hindari makanan dan minuman yang memicu PMS

Beberapa makanan dan minuman dapat memicu PMS, seperti makanan tinggi garam, gula, dan lemak, serta minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Hindari konsumsi makanan dan minuman tersebut jika kamu ingin mengurangi gejala PMS, termasuk badan pegal.

  • Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup juga bisa menjadi cara mengatasi badan pegal menjelang haid yang efektif. Selain dapat membantu mencegah dehidrasi juga mengurangi rasa pegal. Pastikan untuk minum air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari, ya.

  • Gunakan pakaian yang nyaman

Cara mengatasi badan pegal menjelang haid selanjutnya, Charm Girls bisa menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat untuk menghindari tekanan pada tubuh.

  • Lakukan teknik relaksasi

Teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan, juga bisa menjadi cara mengatasi badan pegal menjelang haid karena dipercaya bisa membantu mengurangi stres dan nyeri otot.

Jika badan pegal yang kamu alami sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan sama sekali enggak reda setelah kamu melakukan beberapa cara mengatasi badan pegal menjelang haid di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan obat-obatan untuk membantu mengurangi rasa pegal dengan cara yang aman.

Badan pegal menjelang haid memang bisa bikin aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Apalagi kalau kamu harus beraktivitas di luar rumah. Nah, biar kamu tetap nyaman dan percaya diri, coba pakai CHARM Slim Protect+.

Pembalut ini punya kelebihan yang bisa bikin kamu tetap nyaman, bahkan saat badan pegal menyerang. Pembalut ini punya ketebalan hanya 0,1 cm saja, jadi kamu enggak bakal merasa seperti pakai pembalut sama sekali dan nyaman sepanjang hari.

Tapi tenang aja, tipis bukan berarti lemah, karena CHARM Slim Protect+ punya daya serap yang tinggi dan bantalan pelindung ekstra yang mampu serap cairan kering seketika. Kamu enggak perlu khawatir bocor!

Jadi, tunggu apalagi? Buruan coba CHARM Slim Protect+ dan rasakan sendiri kenyamanannya.

badan sakit semua saat haid
menjelang haid badan sakit semua
Komentar (8)
A

An
Anonymous
Oke cha
a month ago
Balas
An
Anonymous
Noted
a month ago
Balas
An
Anonymous
Thanks infonya
a month ago
Balas
floating-icon