Kembali

Edukasi

Sering Mengalami Iritasi Pembalut? Cek Selengkapnya Disini!

Sering Mengalami Iritasi Pembalut? Cek Selengkapnya Disini!


Pembalut yang nyaman adalah kunci agar kita terus merasa happy dan nyaman ketika sedang haid. Selain untuk menampung haid, kita perlu perhatian ekstra ketika memilih pembalut, jangan sampai kita salah memilih dan jadi iritasi pembalut. Siapa yang nggak ingin nyaman selama menstruasi? Yuk, kita bahas kenapa kenyamanan itu penting banget dan bahayanya iritasi karena pembalut. Kesehatan dan kenyamanan kita di periode ini jadi prioritas, Charm Girls! Jangan sampai iritasi bikin hari-hari kita jadi kurang nyaman. 

Pembalut adalah bantalan kapas yang empuk dan bentuknya persegi panjang, dipakai di celana dalam untuk menyerap darah pas lagi haid. Pembalut itu kayak pahlawan tanpa kostum yang bantu kita saat haid. Fungsinya? Melindungi dari darah menstruasi biar kita tetap fresh dan bebas bau. Pembalut biasanya menempel di celana dalam, sementara yang dalam dimasukkan ke dalam vagina. Mereka punya lapisan penyerap biar kita nggak bocor dan nyaman seharian. Jadi, pembalut itu teman setia kita selama menstruasi, membantu banget biar kita tetap confident dan enjoy aktivitas tanpa khawatir!

Nah, Charm Girls, kadang kita lupa, pemilihan dan pemakaian pembalut nggak boleh sembarangan. Kesalahan ini bisa bikin iritasi yang bikin sebel! Misalnya, ganti pembalut terlalu jarang atau lama, pilih yang nggak sesuai dengan kebutuhan kulit, atau malas ganti pembalut saat flow tinggi. Nah, artikel ini bakal ngebahas kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan. Jadi, yuk, simak biar kita bisa hindari iritasi dan tetap nyaman selama masa haid.

Kenapa kita bisa iritasi karena pembalut 

Iritasi karena pembalut pasti buat kita merasa nggak nyaman banget sehari-hari. Tidak hanya menahan nyeri karena haid, kita juga harus menghadapi ketidaknyamanan karena iritasi. Tapi kenapa ya kira-kira kita bisa iritasi? 

Iritasi karena pembalut bisa muncul karena beberapa alasan. Pertama adalah reaksi alergi sama pembalut. Jadi, pembalut kan punya bahan-bahan kimia campuran. Nah, ada  beberapa perempuan yang memiliki kulit sensitif, nggak tahan dengan bahan-bahan itu. Di dunia medis, biasanya disebut dengan dermatitis kontak. Kedua, jarangnya mengganti pembalut ketika sedang heavy flow. Mengganti pembalut terlalu jarang bisa bikin darah menumpuk dan menciptakan lingkungan lembab yang ideal untuk bakteri.

Ketiga, pemakaian pembalut yang ukurannya nggak pas bisa menimbulkan iritasi karena pembalut. Hal ini dapat menyebabkan gesekan antara pembalut dengan Miss V kita. Nggak hanya itu, biasanya para Charm Girls yang aktif berkegiatan juga rentan untuk terkena iritasi. Karena tuntutan aktivitas yang sibuk dan padat, kita tidak bisa menghindari gesekan yang terjadi. Akhirnya jadi iritasi, deh!

Ciri-ciri iritasi karena pembalut dan cara mengobatinya

Ketahui nih, Charm Girls, tanda-tanda iritasi karena pembalut biar kita bisa tindak cepat. Pertama, sensasi gatal atau terbakar di area intim bisa jadi sinyal. Kedua, kemerahan dan pembengkakan di sekitar kulit juga ciri umum iritasi. Kalau ada ruam atau bintik merah, itu bisa jadi tanda lain. Jangan lupa, bau tak sedap atau keputihan abnormal juga bisa terkait dengan iritasi pembalut.

Cara alternatif untuk cek iritasi adalah perhatikan perubahan pada kulit di sekitar area yang tertutup pembalut. Kalau kita merasa tak nyaman atau ada tanda-tanda ini, segera ganti pembalut atau hentikan penggunaan sementara. Ingat, Charm Girls, dengarkan tubuh kita dan perhatikan tanda-tandanya. Kesehatan intim kita itu penting!

Jika kamu mengalami iritasi karena pembalut tenang dulu Charm Girls, karena hal ini bisa diobati. Ngga enak banget kan, girls, kalo kulit jadi iritasi gara-gara pembalut. Tapi tenang, ada beberapa cara simpel buat ngobatinnya. Pertama, kamu bisa menggunakan salep yang mengandung antiseptik. Salep ini bisa kamu dapatkan di apotek terdekat dan sesuai dengan anjuran dokter.

Kedua, kamu bisa pakai krim atau salep anti-iritasi yang mengandung zinc oxide atau aloe vera bisa membantu. Kadang-kadang, kompres dingin dengan air bersih juga bisa memberikan kelegaan. Ingat, kalau iritasi nggak kunjung reda atau makin parah, segera konsultasi ke dokter.

Ngga enak banget kan, girls, kalo kulit jadi iritasi gara-gara pembalut. Tapi tenang, ada beberapa cara simpel untuk mengatasinya. Pertama, pastikan kita ganti pembalut secara teratur, jangan sampai terlalu lama dipakai. Pilih juga pembalut yang sesuai dengan jenis kulit kita, terutama yang ramah untuk kulit sensitif. Kamu perlu teliti dengan kandungan bahan kimia dalam pembalut dan pilih sesuai dengan sensitivitas kulitmu. Selain itu, rajin jaga kebersihan area intim, cuci dengan lembut dan hindari sabun yang terlalu keras.

Jangan remehkan perawatan kulit saat pakai pembalut, ya! Ganti pembalut sesuai kebutuhan, pilih yang ramah kulit. Dan yang paling penting, selalu atentif dengan tubuh kita. Kalau ada iritasi, jangan ragu cari solusinya. Kesehatan kita nomor satu! Yuk, tetap nyaman dan pede selama haid. Kita bisa atasi semua dengan cara yang baik!

ciri ciri iritasi pembalut
iritasi karena pembalut
Komentar (4)
A

An
Anonymous
Ok
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
7 months ago
Balas
floating-icon