Kembali

Edukasi

Jangan Sampai Makan Makanan yang Dilarang saat Haid! Cek di Sini!

Jangan Sampai Makan Makanan yang Dilarang saat Haid! Cek di Sini!


Jangan Sampai Makan Makanan yang Dilarang saat Haid! Cek di Sini!

Bagi perempuan, menstruasi adalah bagian alami dari kehidupan. Namun, menstruasi tak selalu berjalan dengan mulus. Masih banyak perempuan yang menghadapi keluhan terkait menstruasi, termasuk menstruasi yang tidak lancar.

Haid yang tidak lancar biasanya disertai dengan keluhan lain, seperti kram perut dan badan pegal. Tingkat keparahannya pun bisa bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya. Sadar atau tidak, mungkin kamu pun pernah mengalaminya. 

Nah, tahukah kamu bahwa salah satu faktor di balik keluhan seputar menstruasi adalah makanan yang kamu konsumsi sehari-hari? Yuk, cek artikel ini untuk mengetahui apa saja makanan yang dilarang dikonsumsi saat haid! 

Makanan yang dilarang dikonsumsi saat haid

Banyak wanita mengalami sindrom pramenstruasi (PMS), yaitu sekumpulan gejala fisik dan emosional yang umumnya terjadi beberapa hari atau minggu sebelum haid dimulai. Gejala yang muncul bisa berbeda-beda pada tiap wanita, tapi gejala PMS yang khas adalah nyeri haid.

Para ahli meyakini bahwa salah satu penyebab haid tidak lancar dan PMS yang lebih mengganggu adalah peradangan di dalam tubuh. Nah, satu langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan memerhatikan pola makan.

Beberapa jenis makanan dinilai bisa mengurangi peradangan dan meringankan gejala PMS. Di sisi lain, ada juga makanan yang harus dihindari saat haid karena dianggap bisa menimbulkan dampak sebaliknya. Berikut adalah contoh makanan tersebut.

1. Makanan pedas

Makanan pedas diyakini dapat merangsang respons peradangan dalam tubuh sehingga memperburuk gejala PMS. Itu sebabnya kamu dianjurkan mengurangi makanan pedas ketika haid. Kalaupun ingin makan pedas, sebaiknya batasi jumlahnya dan gunakanlah cabai alami.

2. Makanan olahan

Makanan beku, makanan cepat saji, daging asap, serta makanan olahan sejenisnya ternyata tidak boleh dimakan banyak-banyak saat haid. Pasalnya, berbagai makanan tersebut mengandung pengawet yang bisa memperparah gejala haid.

3. Makanan tinggi lemak jenuh

Makanan lainnya yang dilarang untuk dikonsumsi saat haid ialah makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging olahan, gorengan, dan kue yang banyak mengandung mentega. Konsumsi makanan tinggi lemak jenuh akan meningkatkan produksi zat mirip hormon yang disebut prostaglandin. Zat ini bisa membuat kram perut semakin parah.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dan mengandung minyak berlebih sebaiknya dihindari, terlebih ketika haid. Pasalnya, makan gorengan bisa meningkatkan kadar estrogen, yang salah satu efeknya ialah memperburuk suasana hatimu. Selain itu, gorengan juga bisa menimbulkan jerawat dan peradangan kulit.

5. Makanan tinggi garam

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi sebaiknya dihindari selama masa haid.  Ini lantaran garam dalam makanan bisa menahan air dalam jaringan tubuh (retensi air) sehingga menyebabkan perut kembung.

Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak garam, bisa-bisa gejala PMS jadi makin parah. Kamu juga akan merasa lesu, malas, dan pusing. Jadi, yuk, perbaiki lagi pola makanmu agar haid berjalan dengan lancar tanpa menimbulkan banyak keluhan. 

6. Kafein

Kafein biasanya ditemukan dalam kopi, teh, minuman berenergi, serta soda. Ia adalah zat stimulan yang bisa merangsang perubahan hormonal, meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, serta memperburuk kecemasan.

Jadi, selain menghindari makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat haid, jangan lupa untuk membatasi asupan kafein harianmu, ya, Charm Girls! Dengan begitu, kamu tentu bisa menjalani haid dengan nyaman.

Apa saja efek memakan makanan tersebut?

Memilih makanan selama menstruasi ternyata punya dampak besar pada kenyamanan tubuhmu. Makanan yang disebutkan di atas sebaiknya memang dihindari, tapi tak bisa dipungkiri bahwa kadang-kadang kita memang susah untuk menahan diri.

Sebagai pengingat, berikut adalah beberapa efek negatif yang bisa timbul apabila kamu mengonsumsi berbagai makanan tersebut selama menstruasi.

1. Nyeri haid yang lebih parah

Beberapa jenis makanan, terutama yang tinggi garam, bisa meningkatkan peradangan dan retensi air di dalam perut. Salah satu dampaknya ialah nyeri atau kram menstruasi yang lebih parah dari biasanya.

2. Suasana hati yang tidak stabil

Bukan rahasia lagi bahwa haid bisa bikin mood kita berantakan. Namun, tahukah kamu bahwa makanan tinggi gula dan lemak bisa memperburuk hal ini? Makanan manis juga bisa bikin gula darah jadi tidak stabil. Salah satu dampaknya ialah mood swing alias suasana hati yang berubah-ubah secara drastis.

3. Perut kembung dan begah

Perubahan level hormon progesteron selama haid membuat tubuhmu menahan banyak cairan. Inilah yang bikin kamu merasa kembung dan begah tiap kali haid. Nah, makan banyak makanan tinggi garam selama haid bisa membuatmu makin kembung.

4. Gangguan pencernaan

Makanan pedas termasuk dalam kelompok makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat haid, dan ini bukan tanpa alasan. Terlalu banyak makan makanan pedas bisa bikin perutmu sakit dan bahkan menyebabkan diare.

5. Lebih gampang capek

Konsumsi kafein atau makanan tinggi gula memang bisa menambah energi, tapi hanya sementara. Setelahnya, kamu akan mengalami penurunan energi yang cukup besar sehingga malah lebih gampang capek.

Nah, itu dia mengenai makanan yang sebaiknya dihindari saat menstruasi, Charm Girls! Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, cobalah untuk ubah pola makan jadi lebih sehat. Jangan lupa juga untuk minum banyak air, ya!

makanan yang harus dihindari saat haid
makanan yang tidak boleh dimakan saat haid
Komentar (4)
A

An
Anonymous
Thanks cha
3 months ago
Balas
An
Anonymous
Oke cha
3 months ago
Balas
An
Anonymous
Noted cha
3 months ago
Balas
floating-icon