Kembali

Tentang Menstruasi

Beberapa alasan nafsu makan meningkat saat PMS

Beberapa alasan nafsu makan meningkat saat PMS


Hayo, unjuk tangannya yang pasti banyak BM ketika lagi PMS. Charm Girls pasti setuju kalau sedang PMS rasanya ingin makan dan jajan banyak hal. Agak sulit ya untuk menahan diri supaya nggak ngemil terus di masa PMS. Tapi sebenarnya PMS itu apa sih? Sindrom Pramenstruasi (PMS) adalah hal yang tidak asing bagi sebagian besar wanita. Setiap bulan, menjelang datangnya menstruasi, tubuh dan emosi kita dapat mengalami berbagai perubahan.

Pada masa PMS kamu bisa merasa lebih gampang marah, sedih, atau cemas. Yang paling biasa, nafsu makan meningkat saat PMS. Terus bisa ada rasa perut kembung, nyeri dada, dan badan pegel-pegel. Beberapa orang juga mengalami migrain, susah tidur, atau sembelit. Pokoknya, PMS itu kayak tamu yang dateng bulanan dengan tingkah yang beragam. Kalo Charm Girls merasakan itu, jangan khawatir, itu biasa terjadi. Tapi kalo gejalanya parah banget, sebaiknya diskusi sama dokter ya!

PMS itu kadang muncul karena perang hormon di tubuh kita. Jadi, waktu sekitar haid, hormon kayak estrogen dan progesteron sedang bergejolak, nih. Stres dan pola tidur yang tidak teratur bisa bikin gejalanya makin parah. Makanan juga mempengaruhi, terutama kafein, gula, dan makanan asin. Jadi, mungkin ga heran kalo Charm Girls pengen coklat terus saat PMS, tapi sebaiknya tahu batasannya, ya!

Ngomongin nafsu makan meningkat saat PMS, membuat kita sering bertanya nggak, sih? Apa penyebab nafsu makan meningkat ketika haid mendekat ya? Pernah nggak sih kamu merasa kayak "monster" lapar menjelang haid? Jangan khawatir, itu sering terjadi pada banyak wanita, dan ada beberapa alasan ilmiah di baliknya.

Pertama, mari bicara tentang hormon. Kita tahu bahwa hormon itu penentu utama siklus haid kita, dan menjelang haid, hormon kita berubah-ubah. Kadar estrogen dan progesteron melonjak dan turun. Dan saat kadar hormon kita berubah, itu bisa mempengaruhi otak kita. Otak kita, terutama hipotalamus, yang bertanggung jawab mengatur nafsu makan, bisa bingung oleh perubahan hormon ini. Hasilnya, kita bisa merasa lebih lapar dan ingin makan lebih banyak.

Selain itu, perubahan emosi juga memainkan peran penting. Saat PMS, banyak dari kita merasa lebih sensitif, mudah marah, atau sedih. Dan untuk mengatasi perasaan-perasaan itu, kita sering mencari "kenyamanan" dari makanan. Itu sebabnya kita cenderung menginginkan camilan yang enak atau makanan manis ketika sedang PMS. Faktor psikologis ini biasanya menjadi highlight dari penyebab nafsu makan bertambah menjelang haid. Tenang kamu nggak sendirian kok ketika merasakan ini, ribuan wanita pasti setuju dengan poin ini.

Ada juga faktor fisik, seperti nyeri perut atau kram yang menyakitkan. Saat merasakannya, kita mungkin ingin makan sesuatu yang bisa meredakan rasa sakit atau memanjakan diri kita sendiri. Karena pasti rasanya nggak enak ketika tubuh sedang terasa nyeri dan nggak ada cemilan manis yang menemani kita, benar nggak Charm Girls?

Jadi, intinya, peningkatan nafsu makan selama PMS adalah kombinasi dari perubahan hormon, emosi, dan faktor fisik. Dan yang paling penting, ini adalah hal yang umum terjadi pada banyak wanita. Jadi, jangan minder banget ya jika kamu merasa seperti monster lapar menjelang haid!

Menghadapi nafsu makan yang melonjak saat PMS bisa jadi tantangan, tapi jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasinya.

  • Pilih Camilan Sehat: 

Jika kamu benar-benar merasa perlu ngemil, pilih camilan yang sehat. Hindari camilan berat gula atau garam yang berlebihan. Cobalah buah segar, yogurt rendah lemak, atau kacang-kacangan. Mereka bisa memuaskan nafsu makan tanpa membuatmu merasa bersalah.

  • Atur Porsi Makan: 

Ketika nafsu makan meningkat, coba atur porsi makananmu. Makan lebih sering tapi dalam porsi kecil bisa membantu. Ini bisa menjaga gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan nafsu makan yang besar.

  • Penuhi Nutrisi: 

Pastikan makananmu kaya nutrisi. Pilih makanan yang mengandung serat, protein, dan vitamin yang diperlukan tubuhmu. Ini bisa membantu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

  • Hindari Godaan: 

Kenali makanan atau situasi yang memicu nafsu makanmu saat PMS. Misalnya, jika kamu tahu coklat selalu jadi incaran, coba hindari memiliki banyak coklat di sekitarmu.

  • Berolahraga: 

Aktivitas fisik bisa membantu mengatasi nafsu makan yang melonjak dan meredakan gejala PMS. Cobalah untuk bergerak lebih, seperti berjalan kaki atau bersepeda.

  • Minum Air Banyak: 

Air putih adalah teman terbaikmu. Minum cukup air bisa membantu merasa kenyang dan mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Stay hydrated ya, Charm Girls!

  • Kurangi Stres: 

Stres bisa memperburuk gejala PMS dan meningkatkan nafsu makan. Yuk, coba teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam untuk mengurangi stres.

  • Konsultasi Dokter: 

Jika gejala PMS atau nafsu makan yang tidak terkendali sangat mengganggu, konsultasikan dengan dokter. Mereka bisa memberikan saran dan mungkin meresepkan obat jika diperlukan.

Ingatlah, nafsu makan meningkat saat PMS adalah hal yang normal, dan berbagai strategi ini bisa membantumu mengelolanya dengan lebih baik. Yang terpenting, dengarkan tubuhmu dan jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. 

penyebab nafsu makan bertambah menjelang haid
apa penyebab nafsu makan meningkat
Komentar (29)
A

nu
nurwijayanti
ok
18 days ago
Balas
nu
nurwijayanti
ok
18 days ago
Balas
nu
nurwijayanti
ok
18 days ago
Balas
floating-icon