Kembali

Tentang Menstruasi

Pernah Mengalami Darah Haid Berwarna Coklat Kehitaman? Cari Tahu Penyebabnya!

Pernah Mengalami Darah Haid Berwarna Coklat Kehitaman? Cari Tahu Penyebabnya!


"Darah haid aku warnanya coklat kehitaman, ini normal atau nggak, ya?"

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para cewek, terutama yang baru pertama kali mengalami menstruasi. Darah haid berwarna coklat kehitaman memang bisa membuat khawatir, apalagi jika disertai dengan gejala-gejala lain, seperti nyeri perut yang parah atau perdarahan yang berat.

Namun, tenang dulu, Charm Girls! Darah haid berwarna coklat kehitaman biasanya adalah hal yang normal. Perlu kamu ketahui bahwa warna darah haid bisa bervariasi. Macam-macam darah wanita saat haid mulai dari merah terang, merah muda, coklat, hingga hitam.

Perbedaan tersebut biasanya tergantung pada waktu dan kondisi kesehatan kamu. Misalnya, di awal haid cenderung berwarna merah segar lalu warnanya berubah mendekati selesainya siklus haid.

Lantas, apa saja penyebabnya warna darah haid bisa berubah seperti itu, ya?

Kenapa Wanita Keluar Darah Warna Coklat Kehitaman?

Darah haid wanita dapat memiliki berbagai warna, mulai dari merah cerah hingga coklat tua. Darah haid yang berwarna coklat kehitaman adalah fenomena yang umum terjadi. Warna ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah proses oksidasi.

Darah haid berwarna coklat kehitaman biasanya terjadi pada awal atau akhir masa menstruasi. Saat itu aliran darah haid cenderung nggak deras, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keluar dari tubuh. Jadi warnanya berubah jadi coklat kehitaman deh, Charm Girls.

Darah haid yang gelap juga bisa jadi merupakan darah lama atau darah yang tersisa dari siklus menstruasi sebelumnya. Bisa dibilang, ini adalah cara tubuh untuk membersihkan diri.

Buat Charm Girls yang baru mengalami menstruasi juga mungkin bakal mengalami flek darah berwarna coklat ketika tidak sedang haid. Jangan takut, keputihan berwarna coklat itu normal kok. Hal serupa juga mungkin terjadi pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi atau yang mendekati masa menopause.

Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat Kehitaman

Selain karena darah yang sudah tinggal lama di dalam rahim, warna darah haid yang tidak normal juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, loh. Khususnya jika kamu mengalami gejala lain yang tidak nyaman.

Kira-kira kamu pernah mengalami gejala-gejala di bawah ini, nggak?

  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Darah sering keluar di luar siklus haid
  • Siklus haid kurang dari 24 hari atau lebih dari 38 hari sekali
  • Haid berlangsung lebih dari 7 hari
  • Darah yang keluar sangat banyak dan berbau tidak enak
  • Vagina gatal atau kram
  • Perut nyeri
  • Demam dan kelelahan
  • Sudah menopause tapi malah haid lagi

Kalau kamu merasakan gejala di atas, sebaiknya cepat periksakan diri ke dokter kandungan, ya. Biar mendapatkan diagnosa yang tepat dan bisa dilakukan pengobatan yang juga tepat. 

Soalnya ada beberapa masalah yang mungkin jadi penyebab perubahan warna darah haid yang disertai gejala lainnya. Berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi:

  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal

Alat kontrasepsi hormonal dapat mengubah siklus menstruasi, sehingga darah haid bisa keluar lebih sedikit dan berwarna lebih gelap.

  • Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS adalah kondisi yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Wanita dengan PCOS mungkin mengalami perdarahan yang tidak teratur, termasuk darah haid berwarna coklat kehitaman.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan endometrium (lapisan rahim) tumbuh di luar rahim. Jaringan ini dapat berdarah dan keluar dari vagina, sehingga menyebabkan darah haid berwarna coklat kehitaman.

  • Mioma rahim

Mioma rahim adalah tumor jinak yang tumbuh di rahim. Mioma rahim dapat menyebabkan perdarahan yang tidak teratur, termasuk darah haid berwarna coklat kehitaman.

  • Infeksi menular seksual (IMS)

IMS, seperti gonore dan klamidia, dapat menyebabkan perdarahan vagina, termasuk darah haid berwarna coklat kehitaman.

  • Kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang serviks, yaitu bagian bawah rahim yang menghubungkannya dengan vagina. Kanker serviks dapat menyebabkan perdarahan vagina, termasuk darah haid berwarna coklat kehitaman.

Selain itu, kemungkinan juga terjadi karena ada benda asing yang terperangkap di dalam vagina seperti tampon yang lupa dibuang, sex toys, atau alat kontrasepsi yang menyebabkan infeksi. 

Atau bisa juga disebabkan pendarahan implantasi, keguguran, darah nifas, radang panggul, atau aliran darah haid dari rahim ke vagian yang terhalang.

Cara Mengatasi Darah Haid Berwarna Coklat Kehitaman

Jika darah haid berwarna coklat kehitaman disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak berbahaya, seperti penggunaan alat kontrasepsi hormonal atau perubahan siklus menstruasi yang masih normal, maka tidak perlu diobati.

Namun, jika darah haid berwarna coklat kehitaman disebabkan oleh kondisi medis tertentu, maka diperlukan pengobatan untuk mengatasi kondisi medis tersebut. Makanya kamu harus memperhatikan apakah kamu memiliki gejala tertentu yang membuat dirimu nggak nyaman.

Tapi nggak ada salahnya kok, untuk kamu tetap menjaga kesehatan organ reproduksimu agar nggak mengalami hal-hal di atas. Ada beberapa cara mengatasi darah haid berwarna coklat kehitaman yang mungkin bisa kamu coba.

Di antaranya adalah menjaga gaya hidup sehat, makan yang teratur, hindari stres, olahraga teratur, menjaga kebersihan organ reproduksi, serta memperhatikan penggunaan alat kontrasepsi.

Nah, buat kamu yang mengalami flek berupa darah haid berwarna coklat kehitaman, jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan Charm Pantyliner Cooling Fresh untuk membantu menyerap darah haid dan menjaga area kewanitaan tetap kering dan nyaman.

Charm Pantyliner Cooling Fresh memiliki daya serap yang tinggi, sehingga dapat menyerap darah haid dengan cepat. Ukurannya yang lebih panjang dan lebar serta perekat cegah geser juga ampuh mencegah kebocoran.

Selain itu, pantyliner ini juga dilengkapi dengan ekstrak daun mint yang dapat memberikan sensasi dingin menyegarkan sehingga mengurangi rasa gerah dan lembab.

Charm Pantyliner Cooling Fresh tersedia dalam kemasan isi 28 pads. Dan Charm Girls bisa mendapatkannya di toko-toko terdekat atau secara online, ya.

cara mengatasi darah haid berwarna coklat kehitaman
Komentar (9)
A

An
Anonymous
Thanks cha
5 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
Selain karena darah yang sudah tinggal lama di dalam rahim, warna darah haid yang tidak normal juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, loh. Khususnya jika kamu mengalami gejala lain yang tidak nyaman.
5 months ago
Balas
An
Anonymous
Thanks cha
5 months ago
Balas
floating-icon