Kembali

Edukasi

Minum Teh Hijau Saat Haid Ada Manfaatnya, Lho! Apa Saja?

Minum Teh Hijau Saat Haid Ada Manfaatnya, Lho! Apa Saja?


Menjelang menstruasi, kamu mungkin pernah mengalami gejala sindrom pramenstruasi (PMS), seperti kram perut, badan nyeri, dan mood swing. Ada banyak makanan serta minuman alami yang katanya bisa mengurangi gejala tersebut, salah satunya teh hijau.

Teh hijau dipercaya sebagai minuman andalan untuk menjaga kesehatan karena kaya akan zat yang bermanfaat. Beda dengan jenis teh lainnya, teh hijau ini tidak mengalami banyak proses pengolahan, jadi kandungan antioksidannya masih terjaga dengan baik.

Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang ragu untuk minum teh hijau saat haid karena khawatir dengan kemungkinan efek sampingnya. Lantas, apakah minuman ini memang baik dikonsumsi orang yang sedang haid? Simak uraian berikut untuk mengetahui jawabannya, yuk!

Beragam manfaat minum teh hijau saat haid

Salah satu keluhan yang paling sering muncul saat menstruasi adalah kram dan nyeri pada perut bagian bawah. Sebagian orang mungkin hanya merasakan kram menstruasi ringan, sedangkan yang lainnya mengalami kram yang cukup parah.

Beberapa orang percaya kram tersebut bisa diatasi dengan makanan atau minuman herbal, termasuk teh hijau. Pasalnya, di dalam teh hijau terdapat banyak senyawa yang bisa mengurangi peradangan dan meredakan rasa tidak nyaman.

Nah, berikut adalah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan minum teh hijau saat haid.

1. Mengurangi nyeri haid

Teh hijau dikenal dengan berbagai kandungan antioksidan di dalamnya, salah satunya L-theanine. Selain melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, L-theanine juga membantu mengendurkan otot tubuh sehingga kram pun dapat berkurang.

2. Memperbaiki mood

Perubahan hormonal dan keluhan selama menstruasi memang bikin kita jadi gampang uring-uringan. Minum teh hijau ternyata memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan pikiran, lho, Charm Girls! Dengan mengonsumsi secangkir teh hijau hangat di pagi hari, kamu bisa menjalani hari tersebut dengan mood yang lebih baik.

3. Melancarkan aliran darah haid

Minum teh hijau secara rutin saat haid diyakini bisa meningkatkan aliran darah haid. Ini berasal dari kandungan vitamin K dan magnesium dalam teh hijau yang mempunyai sifat sebagai pengencer darah alami. Dengan begitu, haid pun jadi lebih lancar.

4. Mengurangi kembung

Perubahan level hormon estrogen dan progesteron saat haid membuat tubuh menahan lebih banyak air dan garam sehingga kamu jadi gampang kembung. Untungnya, kamu bisa mengatasi ini dengan mengonsumsi teh hijau. Ini karena teh hijau adalah diuretik alami, yang berarti bisa membantu mengeluarkan cairan berlebih dari dalam tubuh.

Apa efek samping minum teh hijau saat haid?

Memang belum ada penelitian khusus seputar hubungan teh hijau dan siklus haid, tapi tak ada salahnya kalau kamu ingin mengonsumsi minuman herbal yang satu ini ketika haid. Yang terpenting, konsumsilah teh hijau dalam jumlah yang sewajarnya dan jangan berlebihan.

Tanin dalam teh hijau bisa mengikat zat besi sehingga menghambat penyerapannya di dalam tubuh. Hal ini mungkin dapat memengaruhi kadar zat besi di dalam darah dan meningkatkan risiko anemia, terutama ketika tubuhmu kehilangan banyak darah akibat menstruasi.

Kamu juga bisa mengalami masalah pencernaan apabila mengonsumsi teh hijau yang terlalu pekat atau meminumnya dalam kondisi perut kosong. Selain itu, mengonsumsi teh hijau yang terlalu panas juga bisa menyebabkan masalah pada kerongkongan.

Apabila kamu sering mengalami pusing atau sakit kepala, konsumsi teh hijau juga perlu dikurangi. Pasalnya, kandungan kafein di dalam minuman ini dapat memperparah sakit kepala jika dikonsumsi secara berlebihan.

Aturan minum teh hijau saat haid 

Meskipun dianggap sebagai minuman ajaib yang bisa menenangkan pikiran dan tubuh, minum teh hijau juga ada batasannya. Batas konsumsi teh hijau dalam sehari adalah 2–3 cangkir. Jangan meminum teh hijau secara berlebihan saat haid agar kamu tetap bisa mendapatkan manfaatnya tanpa harus merasakan efek sampingnya.

Untuk menikmati teh hijau, kamu bisa mengonsumsinya dengan beberapa cara berikut.

  • Merebus teh hijau dengan air panas, kemudian minum secara rutin.
  • Menyeduh teh hijau dengan air dingin. Kamu bisa menambahkan es batu atau potongan daun mint agar lebih segar
  • Mencampurkan teh hijau bubuk (matcha) dengan air panas. Kemudian, kocok matcha hingga berbusa dan nikmati perlahan-lahan
  • Mencampurkan teh hijau dengan rempah, seperti jahe segar. Kamu juga bisa menambahkan madu atau lemon
  • Mencampurkan teh hijau sebagai bahan makanan, seperti ke dalam bubur, kue, atau salad.

Teh hijau merupakan minuman dengan segudang manfaat, termasuk bagi perempuan yang sedang haid. Minum teh hijau saat haid dipercaya dapat meringankan kram perut, mengurangi ketegangan otot, hingga menenangkan pikiran.

Meski demikian, jangan jadikan teh hijau sebagai satu-satunya “obat alami” penghilang keluhan seputar haid ya, Charm Girls. Kamu pun perlu mengimbanginya dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna, tetap aktif bergerak, dan menghindari pantangan selama haid.

efek samping minum teh hijau saat haid
Komentar (9)
A

An
Anonymous
Thanks cha
5 months ago
Balas
An
Anonymous
Next cobain
5 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
Minum teh hijau secara rutin saat haid diyakini bisa meningkatkan aliran darah haid. Ini berasal dari kandungan vitamin K dan magnesium dalam teh hijau yang mempunyai sifat sebagai pengencer darah alami. Dengan begitu, haid pun jadi lebih lancar.
5 months ago
Balas
floating-icon