Kembali

Edukasi

Hanya Keluar Flek Coklat dan Belum Kunjung Menstruasi? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

Hanya Keluar Flek Coklat dan Belum Kunjung Menstruasi? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!


Charm Girls pernah mengalami hanya keluar flek coklat dan belum kunjung menstruasi? Kondisi ini bisa bikin kita jadi bingung dan cemas, apalagi kalau belum pernah mengalaminya sebelumnya. 

Ada yang menganggap ini hal biasa sebagai gejala PMS atau bahkan tanda-tanda hamil. Tapi ada juga yang overthinking mengira flek coklat adalah gejala dari penyakit berbahaya yang diderita.

Tapi tenang saja, karena kamu nggak sendirian, kok. Hal ini normal banget dan banyak cewek yang pernah mengalami yang namanya hanya keluar flek coklat dan belum kunjung menstruasi, lho.

Kenapa keluar flek coklat tapi tidak keluar darah haid?

Flek coklat memang biasanya terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Bercak kecoklatan ini adalah sisa-sisa dari darah menstruasi di siklus sebelumnya. Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa hari. 

Warna darah menstruasi sendiri sangat beragam, dari merah terang sampai gelap kecoklatan. Teksturnya juga berbeda, mulai dari cair kental, menggumpal, sampai hanya flek saja. 

Nah, kalau flek coklat sebelum haid biasanya berwarna merah muda sampai kecoklatan, volume darah yang lebih sedikit, mudah mengering, dan meninggalkan noda di celana dalam. 

Namun ternyata, kasusnya tidak selalu seperti itu. Tidak jarang ada hal-hal lain yang jadi penyebab hanya keluar flek coklat dan belum kunjung menstruasi. Tapi ada yang normal dan tidak normal, nih. Apa saja, ya?

Penyebab keluar flek tapi tidak haid

Berikut beberapa penyebabnya yang normal dan nggak perlu Charm Girls khawatirkan:

  • Flek implantasi: Flek implantasi adalah perdarahan ringan yang terjadi sekitar 1-2 minggu setelah pembuahan. Flek ini biasanya berwarna merah muda atau cokelat muda.
  • Sisa darah haid yang menempel di dinding rahim.
  • Gejala PMS: sekitar 1-2 hari sebelum menstruasi mulai, biasanya juga bisa muncul flek coklat sebelum haid.
  • Perubahan hormon: Perubahan hormon seperti saat ovulasi atau menjelang menstruasi dapat menyebabkan flek coklat.
  • Olahraga berat: Olahraga berat dapat menyebabkan flek coklat, terutama jika kamu tidak terbiasa berolahraga.
  • Stres: Stres dapat menyebabkan perubahan hormon, yang dapat menyebabkan flek coklat.
  • Perubahan berat badan: Penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis dapat mengganggu siklus haid.
  • Cedera vagina: cedera bisa timbul akibat penetrasi seksual yang terlalu kasar, iritasi akibat kondom atau tampon yang tersangkut, atau pemeriksaan vagina seperti pap smear.

Namun, flek coklat juga bisa muncul karena beberapa hal lain yang tidak normal, lho. Apalagi kalau disertai sama gejala lainnya seperti rasa sakit yang berlebihan. Lalu apa saja yang harus diwaspadai?

  • Hamil ektopik: Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Flek coklat adalah salah satu gejala kehamilan ektopik.
  • Infeksi: Infeksi pada vagina, serviks, atau rahim dapat menyebabkan flek coklat.
  • Penyakit radang panggul (PID): PID adalah infeksi pada organ reproduksi wanita. Flek coklat adalah salah satu gejala PID.
  • Kanker serviks: Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada serviks, yaitu bagian bawah rahim yang menghubungkan rahim ke vagina. Flek coklat adalah salah satu gejala kanker serviks.
  • Penyakit menular seksual: keluar flek tapi tidak haid apalagi disertai bau tidak sedap, sensasi terbakar dan sakit pada vagina, dan lainnya bisa jadi tanda penyakit kelamin seperti klamidia atau gonore.
  • PCOS: sindrom ovarium polikistik juga bisa memicu siklus haid tidak teratur, dan menyebabkan mens tidak lancar hanya flek saja.

Apa Efek Flek Coklat Pada Tubuh?

Flek coklat biasanya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan efek samping yang signifikan. Namun, pada beberapa kasus, flek coklat bisa menjadi tanda gangguan kesehatan yang serius.

Nah, kalau kamu merasakan mengalami mens tidak lancar hanya flek saja selama beberapa minggu, sebaiknya cepat periksakan diri ke dokter kandungan, ya. 

Apalagi kalau kamu mengalami beberapa gejala seperti bau tidak sedap, vagina terasa gatal, kram perut, dan sering terjadi setelah berhubungan seks. Itu semua bisa jadi gejala dari salah satu penyebab muncul flek coklat sebelum haid yang tidak normal tadi.

Kalau flek coklat yang kamu alami tidak berkaitan dengan kondisi medis tertentu, kamu bisa mencoba beberapa tips untuk mencegah flek coklat terjadi. Apa saja?

  • Olahraga secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan hormon.
  • Kelola stres dengan baik
  • Perhatikan pola makan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
  • Hindari penggunaan obat-obatan tanpa resep dokter. Beberapa obat-obatan, seperti obat penurun berat badan dan obat antikejang, dapat menyebabkan flek coklat.

Selain itu, tentunya Charm Girls bisa juga bisa menggunakan Charm Pantyliner Long and Wide. Pantyliner ini juga memiliki daya serap yang tinggi dan bentuk yang panjang dan lebar, sehingga kamu bisa merasa nyaman dan bebas bergerak serasa nggak memakai. 

Charm Pantyliner Long and Wide tersedia dalam kemasan 20 pads dan 40 pads, sehingga kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Yuk, coba Charm Pantyliner Long and Wide sekarang juga untuk mengatasi masalah hanya keluar flek coklat dan belum kunjung menstruasi!

keluar flek tapi tidak haid
mens tidak lancar hanya flek
Komentar (9)
A

An
Anonymous
Thanks cha
6 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
Nah, kalau kamu merasakan mengalami mens tidak lancar hanya flek saja selama beberapa minggu, sebaiknya cepat periksakan diri ke dokter kandungan, ya.
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Oke
6 months ago
Balas
floating-icon