Kembali

Edukasi

Kenali macam-macam gangguan menstruasi

Kenali macam-macam gangguan menstruasi


Haid adalah proses alami dalam siklus reproduksi perempuan saat lapisan dalam rahim dilepaskan jika tidak ada kehamilan yang terjadi. Selama periode ini, beberapa wanita mungkin mengalami perubahan suasana hati, nyeri perut, kram, atau keinginan makan tertentu. Beberapa perempuan juga kadang khawatir jika telat haid dari jadwal yang biasanya. Dalam prosesnya perempuan tak jarang mengalami macam-macam gangguan menstruasi atau kelainan menstruasi.

Salah satu yang terjadi pada perempuan adalah penyakit Polikistik Ovarium (PCOS). Ini adalah salah satu gangguan hormonal yang dapat memengaruhi kesehatan. Sebagai seorang perempuan, salah satu kesehatan yang perlu dijaga dan penting adalah kesehatan organ reproduksi. 

PCOS menyebabkan menstruasi tidak teratur, memperberat menstruasi, atau bahkan menghentikan menstruasi pada anak perempuan atau perempuan muda. Saat mengalami PCOS, perempuan juga akan jerawatan dan pertumbuhan rambutnya jadi berlebihan. PCOS kerap dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon. Sederhananya, PCOS adalah gangguan hormonal yang dapat memengaruhi siklus menstruasi dan kesehatan reproduksi wanita.

Namun, ada berbagai macam kelainan menstruasi yang bisa dialami seorang perempuan. yuk simak artikel ini Charm Girls.

Apa itu gangguan menstruasi?

Sebelum membedah informasi terkait macam-macam kelainan menstruasi yang ada, Charm Girls perlu simak dulu, apa sih itu gangguan menstruasi? Nah, gangguan menstruasi adalah gejala fisik dan atau emosional yang mengganggu sesaat sebelum dan selama menstruasi berlangsung. 

Kondisi ini termasuk pendarahan hebat, terlambat menstruasi, dan perubahan suasana hati yang gak bisa dikendalikan.Charm Girls, beberapa perempuan melewati menstruasi dengan kondisi yang berbeda, ada yang lelah sekali, terasa menyakitkan namun ada juga yang tak mengalami kekhawatiran sama sekali. 

Tapi, tak sedikit juga perempuan yang alami perubahan emosional sebelum dan selama menstruasi, kondisi-kondisi ini pasti bakal mengganggu banget ya Charm Girls.

Dalam kehadiran gangguan menstruasi ada berbagai penjelasan yang bisa dipahami dan sejumlah pilihan pengobatannya ya Charm Girls. Kondisi yang ada juga perlu dikomunikasikan dengan dokter jika memang sudah dirasa berlebihan, jangan coba mengambil tindakan di luar medis dan melakukan diagnosa sendiri ya Charm Girls, yuk serahkan ke ahlinya.

Macam-macam gangguan menstruasi

Nah, Charm Girls, berikut adalah beberapa macam gangguan menstruasi yang mungkin dialami kalian.

1.Sindrom Pramenstruasi (PMS)

Sindrom pramenstruasi, atau PMS adalah istilah yang sangat umum Charm Girls, nih. American College of Obstetricians and Gynecologists memperkirakan bahwa hampir 85 persen wanita mengalami setidaknya satu gejala PMS selama masa reproduksi mereka. Namun, sekitar lima persen wanita akan mengalami gejala yang sangat parah hingga membuat perempuan tidak bisa melakukan banyak aktivitas..

Setiap wanita mengalami PMS secara berbeda, namun beberapa keluhan yang paling umum, apakah Charm Girls merasakannya juga?

  • Retensi cairan (seperti pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, dan jari)
  • Gejala psikologis (terutama kecemasan, mudah marah, hingga depresi)
  • Masalah kulit, seperti berjerawat
  • Perut kembung
  • Gejala gastrointestinal
  • Nafsu makan yang berubah
  • Payudara yang terasa lembut
  • Penurunan libido
  • Sakit kepala
  • Infeksi
  • Bahkan pingsan

2. Dismenore 

Dismenore adalah kondisi saat perempuan mengalami kram yang menyakitkan. Nyeri terjadi di perut bagian bawah tetapi bisa juga menjalar ke punggung bawah dan paha. Nyeri ini bisa menjadi gejala endometriosis, fibroid, atau kondisi medis lainnya. Selain itu, kehamilan yang tidak normal, seperti kehamilan ektopik atau keguguran, dapat menyebabkan dismenore.

Dismenore biasanya disebut dengan dua istilah yakni: 

  • Dismenore primer: Nyeri kram akibat menstruasi. Kram terjadi akibat kontraksi rahim dan biasanya lebih parah saat terjadi pendarahan hebat.
  • Dismenore sekunder: Nyeri terkait menstruasi yang menyertai kondisi medis atau fisik lainnya, seperti endometriosis atau fibroid rahim.

3. Amenore

Nah Charm Girls, gangguan menstruasi lainnya adalah Amenore, yakni tidak adanya periode menstruasi lebih dari tiga siklus menstruasi bulanan. Ada dua kategori kondisi dari amenore.

  • Amenore primer: Kondisi ini adalah saat seorang gadis tidak menstruasi pada usia 16 tahun. Anak perempuan yang tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan seksual (perkembangan payudara dan rambut kemaluan) pada usia 13 tahun perlu memeriksakan diri pada dokter. 

Selain itu, setiap anak perempuan yang tidak menstruasi pada usia 15 tahun harus dievaluasi untuk mengetahui adanya amenore primer.

  • Amenore sekunder: Kondisi ini terjadi ketika menstruasi yang sebelumnya teratur pada perempuan berhenti minimal selama tiga bulan.

Amenore dapat terjadi sebagai bagian dari kehidupan normal seorang perempuan. Kehamilan adalah salah satu alasan paling umum mengapa menstruasi teratur tiba-tiba berhenti, namun menyusui juga dapat menyebabkan seorang wanita tidak menstruasi dalam waktu lama. Selain itu, menopause adalah penyebab umum amenore lainnya yang dianggap sebagai bagian normal dari penuaan.

Selain itu, amenore  juga dapat disebabkan oleh pengobatan, perilaku, atau masalah medis tertentu, termasuk obesitas, gangguan makan, olahraga berlebihan, masalah tiroid, ketidakteraturan ovulasi, atau kelainan anatomi.

4. Menoragia

Saat amenore adalah kondisi menstruasi tidak terjadi, menoragia adalah kondisi yang berseberangan, yakni menstruasi yang jauh lebih berat. Menoragia

jenis perdarahan uterus abnormal yang umum terjadi, kondisinya ditandai dengan perdarahan menstruasi berat yang berkepanjangan dan mungkin cukup parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menstruasi bisa dikategorikan mengalami menoragia adalah saat pembalut harus diganti setiap jam atau lebih sering dan/atau jangka waktunya lebih dari tujuh hari.

Menoragia dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, fibroid rahim, kehamilan abnormal, infeksi atau pertumbuhan panggul, gangguan perdarahan, penyakit radang panggul, beberapa jenis alat kontrasepsi, tingginya kadar prostaglandin atau endothelin, atau masalah medis lainnya.

Faktor risiko yang harus dipahami

Nah itu adalah beberapa gangguan menstruasi yang ada ya Charm Girls. Selain itu Charm Girls juga perlu memahami faktor risiko dari gangguan menstruasi. 

Usia memainkan peran penting dalam gangguan menstruasi. Anak perempuan yang mulai menstruasi pada usia 11 tahun atau lebih muda berisiko lebih tinggi mengalami nyeri hebat, menstruasi lebih lama, dan siklus menstruasi lebih lama.

Selain itu, wanita yang mendekati masa menopause (perimenopause) juga mungkin tidak mengalami menstruasi. Perdarahan hebat atau menstruasi yang deras juga sering terjadi saat wanita mendekati masa menopause.

Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dapat meningkatkan risiko gangguan menstruasi seperti dismenore (nyeri menstruasi) dan amenore (tidak menstruasi).

Selain itu, siklus menstruasi yang lebih panjang dan berat berhubungan dengan kram yang menyakitkan. Kemudian merokok juga dapat meningkatkan risiko menstruasi yang lebih berat.

Jangan lupa konsultasikan ke dokter

Sebagai catatan untuk Charm Girls adalah untuk selalu merujuk pada penelitian medis yang dapat memberikan informasi akurat dan terpercaya mengenai kesehatan. Apalagi terkait kondisi atau pengalaman gangguan menstruasi yang dialami, jangan takut untuk konsultasikan ke dokter jika memang Charm Girls sedang alami masalah-masalah seputar menstruasi ya!

kelainan menstruasi
Gangguan menstruasi
Komentar (4)
A

An
Anonymous
Thanks cha
6 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
Salah satu yang terjadi pada perempuan adalah penyakit Polikistik Ovarium (PCOS). Ini adalah salah satu gangguan hormonal yang dapat memengaruhi kesehatan
6 months ago
Balas
Avatar Profile Image
docart creative art n design
Sindrom pramenstruasi, atau PMS adalah istilah yang sangat umum Charm Girls, nih.
6 months ago
Balas
floating-icon