Kembali

Edukasi

6 Manfaat Vitamin B Complex untuk Wanita dan Sumbernya

6 Manfaat Vitamin B Complex untuk Wanita dan Sumbernya


Vitamin B complex adalah sekelompok vitamin B yang memiliki beragam fungsi penting bagi kesehatan, mulai dari membantu proses pembentukan energi, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, hingga mencegah penyakit beri beri.

Selain itu, vitamin B complex juga dipercaya mempunyai manfaat tersendiri bagi wanita, terutama untuk siklus haid. Inilah mengapa beberapa wanita rutin meminum suplemen vitamin B kompleks sebelum dan selama masa menstruasi.

Nah, apakah manfaat tersebut benar adanya? Berapa banyak vitamin B kompleks yang perlu kamu konsumsi agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya? Mari simak jawaban selengkapnya dalam uraian berikut, yuk!

Beragam manfaat vitamin B complex untuk kesehatan wanita

Vitamin B complex sebenarnya merupakan sekumpulan vitamin B yang memiliki fungsi masing-masing. Ada delapan jenis vitamin B, yaitu:

  • B1 (tiamin),
  • B2 (riboflavin),
  • B3 (niasin),
  • B5 (asam pantotenat),
  • B6 (piridoksin),
  • B7 (biotin),
  • B9 (asam folat), dan
  • B12 (kobalamin).

Fungsi vitamin B complex secara umum ialah membantu produksi energi, metabolisme sel, dan memelihara fungsi organ-organ tubuh. Sementara untuk wanita yang sedang haid, inilah manfaat khusus dari vitamin B complex.

1. Membantu mengurangi nyeri haid

Vitamin B1 alias tiamin berperan dalam aktivitas sistem saraf pusat dan neuromuskular (hubungan antara saraf dan otot). Berkat manfaat tersebut, vitamin B1 mungkin dapat meredakan kram pada otot-otot rahim ketika menstruasi.

2. Memperbaiki mood

Perempuan yang sedang menstruasi biasanya mudah bete dan uring-uringan. Uniknya, vitamin B6 mungkin bisa mengatasi masalah mood akibat haid. Ini karena vitamin B6 berperan penting dalam proses perubahan triptofan menjadi serotonin, yaitu zat kimia di dalam otak yang menimbulkan rasa senang dan bahagia.

3. Mencegah anemia

Ketika menstruasi, tubuhmu akan kehilangan banyak darah. Ini bisa membuat kamu mengalami anemia yang ditandai dengan pusing, linglung, lemas, dan lesu. Nah, salah satu manfaat vitamin B complex untuk wanita adalah mencegah hal tersebut.

Tubuh memerlukan vitamin B9, vitamin B12, dan zat besi untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan berbagai zat gizi tersebut untuk mencegah anemia sehingga kamu pun bisa menjalani aktivitas dengan nyaman.

4. Meredakan migrain

Beberapa orang mungkin lebih sering mengalami migrain dan sakit kepala ketika haid. Ternyata, menurut sebuah penelitian dalam jurnal BioMed Research International pada 2015, konsumsi vitamin B6, B9, dan B12 mungkin bisa meredakan migrain.

Sejalan dengan temuan tersebut, penelitian lainnya pada tahun 2016 juga menyebutkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B2 bisa membantu mengurangi frekuensi dan durasi migrain. Jadi, kalau kamu juga sering mengalami migrain atau sakit kepala ketika haid, tak ada salahnya untuk memperbanyak asupan vitamin yang satu ini.

5. Membantu menjaga keseimbangan hormon

Manfaat lain vitamin B complex untuk wanita adalah membantu menjaga keseimbangan hormon. Vitamin ini bahkan sering disebut sebagai vitamin antistres karena diyakini bisa membantu mengatur produksi hormon stres di dalam tubuh. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Mendukung perkembangan janin

Charm Girls, tahukah kamu bahwa ibu hamil harus rajin mengonsumsi vitamin B9 alias asam folat? Asam folat berperan penting dalam perkembangan janin. Kekurangan folat selama kehamilan bisa meningkatkan risiko cacat pada otak dan tulang belakang janin. Makanya, ibu hamil harus mengonsumsi 500 mcg asam folat setiap hari.

Apa bahaya jangka panjang dari konsumsi vitamin B complex?

Vitamin B complex merupakan zat gizi yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk wanita. Tubuh membutuhkan vitamin ini untuk membentuk energi, memelihara fungsi berbagai organ, dan bahkan mencegah sejumlah penyakit.

Lalu, apakah kita boleh minum suplemen vitamin B complex setiap hari? Jawabannya adalah boleh, asalkan tidak berlebihan. Sebelum meminum vitamin secara rutin, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dahulu kepada dokter untuk mengetahui kebutuhan vitamin harianmu dan seberapa banyak dosis yang kamu perlukan.

Vitamin B complex adalah vitamin larut air. Dengan begitu, kelebihan vitamin B di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine. Namun, karena suplemen mengandung vitamin dalam jumlah yang lebih besar ketimbang sumber makanan alami, sebaiknya ikutilah saran dokter jika kamu ingin mengonsumsi suplemen vitamin ini setiap hari.

Vitamin B complex memang memiliki banyak manfaat untuk wanita, tetapi penggunaan yang berlebihan bisa menimbulkan dampak negatif berupa mual, masalah pencernaan, dan diare ringan. Jadi, selalu ikuti aturan pakainya ya, Charm Girls!

Beragam sumber vitamin B complex alami

Kalau kamu ingin menambah asupan vitamin B complex tanpa minum suplemen, tidak masalah. Vitamin ini bisa ditemukan dalam berbagai bahan makanan. Dengan makan makanan yang beragam pun, kamu sebenarnya sudah mendapatkan asupan vitamin B complex setiap hari.

Vitamin ini banyak terkandung dalam:

  • telur,
  • beragam jenis ikan,
  • daging ayam dan daging merah,
  • organ dan jeroan, seperti hati ayam,
  • susu dan produknya, termasuk keju dan yoghurt,
  • sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam dan kangkung,
  • kentang, alpukat, dan buah bit,
  • kacang-kacangan dan biji-bijian,
  • beragam jenis buah-buahan, serta
  • kedelai dan produknya, termasuk tempe dan susu kacang kedelai.

Itulah informasi seputar manfaat vitamin B complex 

untuk wanita, Charm Girls. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat, beragam, dan bergizi seimbang agar kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap hari.

fungsi b complex
Komentar (1)
A

Avatar Profile Image
docart creative art n design
Perempuan yang sedang menstruasi biasanya mudah bete dan uring-uringan.
5 months ago
Balas
floating-icon