Kembali

Edukasi

Takut Olahraga saat Menstruasi? Yuk Baca Selengkapnya!

Takut Olahraga saat Menstruasi? Yuk Baca Selengkapnya!


Olahraga saat menstruasi sering kali dianggap tabu. Banyak orang percaya bahwa olahraga saat menstruasi dapat memperparah nyeri haid atau membuat darah keluar lebih banyak. Padahal sebenarnya nggak begitu, lho.

Menstruasi adalah hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Namun, bagi sebagian wanita, menstruasi dapat menimbulkan gejala yang mengganggu, seperti nyeri perut, mual, dan kram. Hal ini dapat membuat wanita enggan berolahraga saat menstruasi. Charm Girls salah satunya?

Padahal, olahraga saat menstruasi justru memiliki banyak manfaat, lho! Olahraga dapat membantu mengurangi nyeri menstruasi, melancarkan sirkulasi darah, hingga mengurangi stres dan mengatasi mood swing.

Berolahraga saat menstruasi juga bisa meredakan beberapa gejala menstruasi lainnya seperti kembung dan sembelit, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan kualitas tidurmu. 

Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat menstruasi

Olahraga saat menstruasi bisa mengurangi nyeri haid. Saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang bisa membantu meredakan rasa sakit dan menimbulkan perasaan nyaman serta senang.

Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan kadar hormon estrogen yang menurun saat menstruasi. Hormon estrogen yang berkurang inilah yang jadi penyebab mood swing, Charm Girls.

Tenang saja, bukan berarti kamu harus melakukan olahraga berat. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan tingkat kenyamananmu. Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa Charm Girls lakukan:

1.Yoga

Yoga adalah pilihan yang sempurna untuk meredakan nyeri haid. Gerakan-gerakan yoga yang lembut dan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meredakan kram perut.

2.Pilates

Pilates juga termasuk olahraga santai yang bisa meregangkan otot yang kaku agar lebih rileks. Namun sebaiknya kamu menghindari gerakan tertentu seperti sikap lilin, handstand, shoulder stand, dan gerakan yang mengharuskan meletakkan kaki di atas. Gerakan tersebut bisa memicu penyumbatan pembuluh darah di rahim sehingga membuat darah lebih banyak keluar.

3.Berjalan

Berjalan adalah olahraga ringan yang dapat kamu lakukan setiap hari, bahkan saat menstruasi. Ini tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah, tetapi juga membantu mengatasi perasaan lelah dan lesu. Selain berjalan santai, kamu juga bisa sedikit meningkatkan intensitasnya dengan jogging. Pilih rute yang tidak terlalu jauh, ya.

4.  Bersepeda

Olahraga cardio lainnya yang relatif aman lainnya adalah bersepeda. Gerakan otot tungkai kaki saat bersepeda bisa mengurangi rasa kram di perut dan nyeri punggung. Tak perlu ambil rute yang jauh dan jangan lupa minum air putih yang cukup biar nggak dehidrasi, ya!

5.  Senam ringan

Terakhir, kamu juga bisa coba senam ringan seperti senam aerobik untuk membantu sirkulasi darah. Senam zumba juga bisa dicoba, Charm Girls. Tapi ingat, hindari gerakan melompat saat senam dan pilihlah gerakan yang cukup mudah untuk dilakukan.

6.  Berenang

Yap, ternyata kamu boleh-boleh saja berenang saat haid, lho. Berenang ternyata bisa meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke tubuh kita yang akan membantu mengurangi rasa kram pada tubuh. Khususnya nyeri pada punggung bawah. Tapi pastikan kamu berenang saat aliran darahnya sudah tidak terlalu deras, ya.

Beberapa olahraga di atas bisa jadi pilihan buat Charm Girls yang ingin tetap olahraga saat menstruasi. Sebaiknya, kamu hindari olahraga-olahraga yang terlampau berat seperti muay thai, basket, sepak bola, dan angkat beban agar tidak terlalu memaksakan diri.

Lakukan olahraga yang kamu sukai, ringan, dan dalam durasi singkat sekitar 20-30 menit saja per hari. Jangan sampai terlalu memaksakan karena nantinya kamu malah bisa cedera, lho.

Tips Memilih Pembalut untuk Olahraga

Asik berolahraga memang boleh, tapi jangan sampai kamu melupakan kenyamanan saat berolahraga, ya. Makanya, penting banget untuk memilih pembalut yang nyaman dan tidak menggangu aktivitas olahraga. 

Biar nggak salah pilih, simak dulu beberapa tips memilih pembalut untuk olahraga berikut ini:

  • Pilih pembalut yang menyerap banyak cairan. Hal ini penting untuk mencegah bocor saat berolahraga.
  • Pilih pembalut yang memiliki daya cengkeram yang baik. Hal ini penting untuk mencegah pembalut bergeser saat berolahraga.
  • Pilih pembalut yang ringan dan tidak terasa mengganggu. Hal ini penting untuk menjaga kenyamanan saat berolahraga.
  • Pilih pembalut dengan lapisan yang lembut. Kamu akan banyak bergerak saat olahraga. Penting untuk memilih pembalut dengan lapisan yang lembut biar area kewanitaanmu nggak gampang iritasi.

Charm Extra Maxi Wing : Pembalut yang Nyaman untuk Olahraga

Jangan bingung pilih pembalut yang nyaman dan aman untuk berolahraga saat menstruasi. Charm Extra Maxi Wing adalah pembalut yang dirancang khusus untuk wanita aktif. Pembalut Charm Extra Maxi Wing ini memiliki pori serap aktif dan dengan inovasi lock wing yang bisa cegah geser.

Pembalut Charm Body Fit Sayap ini tersedia dalam jenis Wing, yang bisa melekat lebih erat dan tidak mudah bergeser. Anti bocor saat berolahraga, deh!

Selain itu, pembalut Charm Extra Maxi juga memiliki desain yang tipis dan ringan yang sudah dilengkapi dengan teknologi bantalan elastis yang membuat pembalut ini tidak terasa mengganjal dan bentuknya bisa kembali seperti semula. Anti kerut dan bocor!

Nggak perlu khawatir iritasi karena banyak bergerak, karena lapisan permukaannya lembut banget. Pasti nyaman digunakan saat beraktivitas olahraga.

Charm Girls nggak suka pakai pembalut dengan sayap? Kamu bisa coba alternatif Charm Extra Maxi Non Wing 23 cm. Tenang saja, karena pembalutnya tetap bisa merekat erat pada celana dalam kamu. Tetap bebas beraktivitas, deh!

Olahraga saat menstruasi adalah hal yang aman dan memiliki banyak manfaat. Dengan memilih pembalut yang tepat, olahraga saat menstruasi dapat dilakukan dengan nyaman dan aman.

Jaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu dengan olahraga saat menstruasi. Nggak perlu takut bocor dengan pembalut Charm Extra Maxi!

pembalut charm
pembalut charm extra maxi wing
Komentar (2)
A

Avatar Profile Image
docart creative art n design
Berjalan adalah olahraga ringan yang dapat kamu lakukan setiap hari, bahkan saat menstruasi.
4 months ago
Balas
Avatar Profile Image
docart creative art n design
Tenang saja, bukan berarti kamu harus melakukan olahraga berat.
4 months ago
Balas
floating-icon