Kembali

Tentang Menstruasi

Sering keluar cairan bau dari miss v?

Sering keluar cairan bau dari miss v?


Charm Girls, tahu nggak? Kalau miss V bisa mengeluarkan cairan selain darah haid. Wah, kira-kira normal, nggak ya? Cairan yang keluar dari miss V adalah sesuatu yang alami bagi perempuan. Cairan tersebut disebut sebagai lendir serviks, dan memiliki fungsi penting dalam kesehatan reproduksi. Tapi kalau cairan bau dari miss v yang keluar, kira-kira masih alami juga nggak ya?

Setiap organ reproduksi wanita di tiap-tiap orangnya, memiliki aroma yang berbeda. Pada umumnya, aroma yang keluar dari miss v biasanya sedikit asam, yup seperti  yoghurt. Aroma ini datang dari bakteri baik yang terkandung di dalam cairan/lendir serviks milik miss v wanita. Lendir serviks diproduksi oleh leher rahim dan berfungsi sebagai pelumas alami untuk membantu sperma berenang menuju sel telur saat masa subur.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah dan jenis cairan yang keluar dari miss V. Misalnya, faktor hormon, seperti pada saat ovulasi dan kehamilan, dapat membuat cairan menjadi lebih banyak dan encer. Selain itu, faktor kesehatan, seperti infeksi vagina, dapat menyebabkan keluarnya cairan yang berbeda dari lendir serviks.

Selain itu, Charm Girls juga perlu sadar jika ada perubahan aroma atau bau miss V. Biasanya penyebab aroma Miss V yang tidak normal dapat bervariasi, di antaranya adalah infeksi jamur, infeksi bakteri, vaginosis bakterial, infeksi menular seksual, atau bahkan kanker serviks. Infeksi jamur dan bakteri biasanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri atau jamur berlebih di Miss V yang menyebabkan perubahan pH dan membuat aroma menjadi tidak sedap. Sementara itu, vaginosis bakterial adalah infeksi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri sehat di Miss V.

Infeksi menular seksual seperti klamidia atau gonore juga dapat menyebabkan aroma Miss V yang tidak sedap. Sementara itu, kanker serviks jarang menyebabkan aroma Miss V yang tidak normal, tetapi dapat menyebabkan perubahan cairan yang keluar dari Miss V. Oleh karena itu, yuk sama-sama cegah penyebab miss v bau.

Jenis-jenis cairan miss V yang keluar

Cairan yang keluar dari miss V dapat bervariasi dan dipengaruhi oleh siklus menstruasi, tingkat kesuburan, kehamilan, dan kondisi kesehatan. Beberapa jenis cairan miss V yang umum meliputi:

  1. Cairan serviks: Cairan serviks biasanya memiliki tekstur seperti putih telur dan biasa keluar sebelum ovulasi atau masa subur. Aromanya tidak terlalu kuat dan tidak memiliki bau yang tidak sedap.
  2. Cairan ovulasi: Cairan ovulasi mirip dengan cairan serviks, namun memiliki tekstur lebih licin dan bening. Cairan ini menandakan masa ovulasi atau pelepasan sel telur dari indung telur. Aromanya umumnya netral atau sedikit manis.
  3. Cairan vagina: Cairan vagina umumnya berfungsi untuk menjaga kelembaban dan kesehatan organ intim. Cairan ini biasanya transparan atau putih susu dan bau serta aromanya dapat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti makanan, obat-obatan, dan kondisi kesehatan.
  4. Cairan karena infeksi: Jika cairan yang keluar berbau busuk atau amis, berwarna kuning atau hijau, dan terasa gatal atau terbakar, maka ini bisa menjadi tanda adanya infeksi pada organ reproduksi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus dan harus segera ditangani oleh dokter untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Kondisi kesehatan ini yang menjadi penyebab miss V bau.

Bagaimana ya mengatasinya?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyebab aroma cairan miss v bervariasi ternyata memiliki banyak penyebab. Dari faktor hormon sampai faktor kondisi kesehatan atau infeksi yang bisa mempengaruhi bau miss V. 

Selain itu, penggunaan beberapa produk seperti pembalut atau pakaian dalam yang tidak cocok dengan kulit sensitif daerah kewanitaan juga dapat menyebabkan iritasi atau infeksi. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk perawatan tubuh yang tepat dan menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan baik.

Charm Girls bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi bau tidak sedap pada cairan miss V, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Menjaga kebersihan organ intim dengan cara membersihkannya secara teratur. Namun, perlu diingat bahwa terlalu sering membersihkan organ intim juga dapat menghilangkan bakteri baik yang sebenarnya melindungi organ intim.
  • Menghindari penggunaan produk-produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras atau parfum yang berlebihan, karena dapat mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik pada organ intim.
  • Menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat seperti katun, sehingga dapat menghindari kelembapan pada area intim yang dapat memicu pertumbuhan bakteri.
  • Menghindari konsumsi makanan yang pedas, berlemak, atau yang mengandung bahan kimia seperti alkohol dan kafein, karena dapat memicu bau tidak sedap pada cairan miss V.
  • Menggunakan produk kesehatan organ intim seperti sabun khusus organ intim yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu menjaga keseimbangan pH dan mengurangi bau tidak sedap.

Jika bau tidak sedap pada cairan miss V disertai dengan gejala seperti gatal atau iritasi pada organ intim. Sebaiknya Charm Girls segera berkonsultasi dengan dokter ya untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

bau miss v
penyebab miss v bau
Komentar (29)
A

An
Anonymous
H
9 months ago
Balas
An
Anonymous
G
9 months ago
Balas
An
Anonymous
G
9 months ago
Balas
floating-icon