Kembali

Edukasi

Keluar darah haid sedikit saat puasa, kenapa ya?

Keluar darah haid sedikit saat puasa, kenapa ya?


Bulan Ramadan telah tiba, ibadah puasa juga sudah berlangsung. Namun perempuan kerap dilanda kekhawatiran apalagi jika menjalani ibadah puasa saat belum datang bulan. Maka dari itu batalkah puasa jika keluar darah haid sedikit? Artikel di bawah akan menjelaskan sejumlah hal mengenai kondisi saat darah haid saat puasa.

Melansir dari berbagai sumber, munculnya flek atau bercak kecoklatan kerap jadi masalah umum yang kerap dialami perempuan, flek biasanya muncul pada masa awal serta akhir periode haid, atau bisa jadi juga sebagai tanda kehamilan.

Menstruasi adalah saat darah dari rahim menetes keluar dari vagina selama beberapa hari setiap bulan. Seorang perempuan mulai mendapatkan menstruasi saat pubertas, biasanya saat seorang perempuan berusia sekitar 12-15 tahun. Haid atau menstruasi adalah kondisi keseimbangan yang rumit antara hormon estrogen dan progesteron.

Mendekati masa datangnya haid perempuan kadang mendapati dirinya mengalami flek yang membekas di pakaian dalam alih-alih langsung mengalami menstruasi. Bercak adalah perdarahan yang lebih ringan daripada aliran darah haid normal.

Banyak penyebab bercak yang tidak perlu dikhawatirkan dan bahkan mungkin normal tergantung pada usia atau faktor lain, seperti kehamilan. Namun hal ini berpengaruh saat menjalani ibadah puasa.

Penyebab haid keluar haid sedikit karena puasa

Siklus haid lah yang membuat haid datang setiap bulannya.dan dikendalikan oleh hormon dalam tubuh. Siklus haid adalah waktu dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya.

Kebanyakan perempuan menstruasi tiap 21-35 hari atau sekitar sebulan sekali, di masa bulan puasa ini tak sedikit perempuan yang mengalami haid di tengah masa bulan Ramadan atau bahkan di tengah hari saat puasa sudah berjalan. 

Pendarahannya sendiri bisa berlangsung selama 2-7 hari, namun berbeda untuk setiap orang. Menstruasi mungkin tidak selalu datang pada waktu yang sama setiap bulan. 

Charm Girls, perlu dipahami bahwa flek kecoklatan di celana sebelum haid tiba adalah wajar, biasanya berlangsung sehari atau dua hari. Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid adalah hal yang normal serta tidak berbahaya. 

Tetapi harus dipastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina bukan dari saluran urine atau bahkan anus. Saat flek biasanya memang ada rasa kram yang dialami ini bisa jadi tanda seorang perempuan bakal mengalami haid atau sedang memasuki masa-masa premenstrual syndrome (PMS).

Selain sebelum menjelang datang bulan atau haid, flek coklat juga bisa muncul di tengah-tengah siklus bulanan. Flek coklat juga bisa disebabkan karena stres atau bahkan kelelahan ya Charm Girls.

Ada perbedaan antara bercak atau flek dengan darah haid. Flek pendarahan sangat ringan, tak perlu langsung memerlukan pelindung seperti pembalut, warna merah muda, merah muda, atau coklat, durasinya dapat bervariasi, pengaturan waktu setiap saat dalam sebulan, gejala lain tergantung pada penyebabnya, tetapi mungkin tidak memiliki gejala lain.

Sedangkan, darah haid cirinya adalah pendarahan bisa berat, memerlukan dengan warna darah merah tua, merah cerah, coklat, atau merah muda. 

Cara mengatasi jika keluar darah haid sedikit saat puasa

Jika Charm Girls mengalami darah keluar sedikit saat puasa, kamu bisa mengecek kondisi lainnya apakah Charm Girls mengalami gejala seperti munculnya jerawat, kembung, payudara yang mulai lembut, perubahan suasana hati hingga nyeri. 

Selain itu, Charm Girls juga bisa mengecek tanggalan periode haid yang kemungkinan memang akan berlangsung saat bulan puasa.

Kondisi darah haid keluar saat puasa menimbulkan pertanyaan, batalkah puasa jika keluar darah haid sedikit ? Dalam pandangan agama ada tiga pendapat ulama dalam hal ini, dijelaskan bahwa Hanafiyah berpendapat, batas minimal bisa disebut haid adalah tiga hari. Ketika darah keluar kurang dari tiga kali 24 jam, menurut hanafiyah, itu bukanlah darah haid. Sehingga tetap wajib menjalankan aktivitas sebagaimana layaknya sedang suci.

Malikiyah sebaliknya, tidak ada batas waktu minimal untuk keluarnya darah haid. Wanita bisa mengalami haid, meskipun darah yang keluar hanya sekali. Sehingga flek, menurut Malikiyah, terhitung sebagai haid.

Sementara mayoritas ulama Syafi'iyah dan Hambali mengatakan bahwa batas minimal haid adalah sehari semalam. Kalau darah yang keluar kurang dari 24 jam, maka itu tidak dihitung sebagai haid. Sehingga flek sekali atau dua kali, tidak terhitung sebagai haid ya Charm Girls.

Selain itu, Charm Girls juga perlu mencatat kondisi setiap flek terjadi untuk melihat apakah memang itu sebagai pertanda akan mendapat haid, ini dapat berguna untuk mengingatkan kondisi sebelum datang bulan di waktu yang akan datang. Selain mempertimbangkan keluarnya darah haid sedikit saat puasa Charm Girls juga perlu memeriksakan kondisi kesehatan apakah flek keluar setiap bulan atau hanya terjadi sesekali. Jika ada gejala lain yang mengiringi kehadiran flek maka periksa ke dokter.

batalkah puasa jika keluar darah haid sedikit
hukum keluar keputihan saat puasa
Komentar (133)
A

Avatar Profile Image
Ardaranisa
Noted
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
10 months ago
Balas
floating-icon