Kembali

Tentang Menstruasi

Mitos atau fakta ada makanan penghambat haid?

Mitos atau fakta ada makanan penghambat haid?


Pada perempuan yang masih subur, haid adalah proses reproduksi yang terjadi secara berkala.  Haid pada wanita umumnya terjadi dalam siklus 28 hari sekali. Namun, terkadang ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi perempuan. Faktor penyebab ini dapat menyebabkan perempuan telat haid atau bahkan datang bulan lebih cepat. Nah, Charm Girls ternyata salah satu penyebabnya bisa dari makanan yang dikonsumsi.

Ada beberapa jenis makanan penghambat haid atau mempengaruhi siklus haid perempuan. Dalam beberapa kasus, makanan dapat mempengaruhi hormon yang terkait dengan siklus menstruasi dan menunda menstruasi. Hal ini mungkin belum diketahui secara umum dan kita kadang lalai mengawasi makanan yang kita konsumsi. Memang kadang godaan ke-BM-an kita ketika PMS suka bikin kita lebih tergiur untuk makan cemilan yang manis-manis. Eits, tapi ternyata ada beberapa makanan untuk telat haid.

Kira-kira makanan yang selama ini kita konsumsi mempengaruhi haid kita nggak, ya?

Cari tahu penyebabnya yuk!

Kalau asupan makanan harus kita jaga, artinya makanan bisa menjadi pengaruh telatnya haid, dong! Kok bisa ya? Yuk, kita sama-sama cari tahu alasannya!

Makanan dapat mempengaruhi siklus menstruasi karena mengubah kadar hormon dalam tubuh. Hormon seperti estrogen dan progesteron memegang peran penting dalam siklus menstruasi, dan kadar mereka dapat berubah kalau kamu mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan yang dapat mempengaruhi kadar hormon termasuk gula, makanan olahan, dan makanan yang mengandung bahan pengawet.

Perubahan dalam mengonsumsi makanan yang mengakibatkan peningkatan atau penurunan jumlah asupan kalori, karbohidrat, protein, dan lemak, dapat mengubah tanggal dimulainya haid bulanan. Baik makan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit dapat mengakibatkan siklus menstruasi tidak teratur atau tertunda. Charm Girls perlu ingat, bahwa makanan bereaksi berbeda pada setiap individu. Beberapa makanan dapat menunda siklus menstruasi seseorang tetapi tidak berarti hal yang sama akan terjadi pada kamu.

Tenang, Charm Girls tetap bisa makan enak, kok! Memang, perubahan dalam diet dan makan makanan tertentu dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh perempuan. Tapi, ada faktor-faktor pendukung lain yang dapat mempengaruhi jumlah dan perubahan hormon di dalam tubuh kita. Yang penting kamu harus lebih aware terhadap konsumsi makanan. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, dijamin deh siklus haid kamu akan berlangsung secara normal.

Ini dia beberapa makanan penghambat haid

Charm Girls nggak perlu bingung dan khawatir lagi, simak list makanan untuk telat haid di bawah. Supaya kamu bisa mulai nge-rem nih asupan jenis-jenis makanan di bawah ini dalam jumlah yang banyak.

1.Kafein 

Minum kopi atau minuman berkafein lainnya dalam jumlah besar dapat menghambat siklus menstruasi. Kafein dapat menimbulkan stres pada tubuh dan menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. 

Kafein dapat memperlambat haid karena merupakan stimulan dan memiliki efek yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan hormon dalam tubuh. Efek kafein pada sistem saraf pusat dan hormon dapat mengubah siklus menstruasi dan memperlambat haid.

2.Makanan berlemak dan berminyak

Banyak penelitian yang sudah menyebutkan pengaruh junk food terhadap kesehatan manusia. Ini juga termasuk siklus menstruasi perempuan, loh. 

Makanan yang tinggi lemak bisa mempengaruhi hormon dan memicu gangguan dalam siklus menstruasi. Lemak dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, yang merupakan hormon utama yang berperan dalam siklus menstruasi. Kadar estrogen yang tinggi dapat menyebabkan ovulasi terhambat, sehingga siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau bahkan terlambat.

3.Gula 

Ice cream, croffle dan boba emang enak banget untuk dimakan apalagi ketika PMS. Makanan-makanan manis juga dikonsumsi biasanya untuk bikin mood naik ketika kita lagi PMS. Tapi, Charm Girls perlu tahu, nih! Gula dan makanan yang tinggi karbohidrat dapat meningkatkan insulin dan menyebabkan perubahan hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi. Jadi, menjaga kestabilan kadar gula juga cukup penting ya agar haid tetap normal.

4.Jus lemon 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa asam sitrat pada jus lemon dapat mempengaruhi hormon progesteron dan estrogen, yang mempengaruhi siklus menstruasi. Ini berarti jus lemon bisa menjadi makanan untuk telat haid. Minum jus lemon sebelum datang bulan bisa makin menunda datangnya haid dan menghasilkan aliran yang lebih ringan.

5.Makanan yang mengandung gelatin

Beberapa orang berpendapat bahwa gelatin dapat menghambat haid karena mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Makanan seperti agar-agar dan jeli mengandung bubuk gelatin di dalamnya. Gelatin memiliki kemampuan untuk memperlambat menstruasi. Dari beberapa jam hingga sampai beberapa hari. 

Sekarang karena Charm Girls sudah tahu berbagai makanan untuk telat haid. Disarankan untuk mengurangi atau menghindari konsumsinya ketika mendekati datang bulan, ya. Selain itu perbanyak minum air putih dan makan makanan dengan asupan gizi yang tinggi. Agar kesehatan tubuh dan reproduksi kamu selalu terjaga.

makanan untuk telat haid
Komentar (26)
A

An
Anonymous
Ok
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
floating-icon