Kembali

Edukasi

Penyebab terjadinya ruam pada miss v

Penyebab terjadinya ruam pada miss v


Vagina adalah area tubuh yang sensitif, salah satu hal yang bisa timbul di vagina adalah keberadaan ruam pada miss v. Sebagai alat reproduksi perempuan, vagina memiliki kekhususan dalam hal perawatan kebersihan dan kesehatannya. Ada berbagai macam kondisi kesehatan yang bisa dialami jika salah-salah merawat vagina.

Salah satu kondisi medis yang bisa muncul di vagina adalah ruam pada miss v. Ruam di area vagina bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk dermatitis kontak, infeksi atau kondisi autoimun, dan parasit. 

Sebagian besar penyebab iritasi pada miss v seperti ruam tidak serius secara medis dan dapat disembuhkan ya Charm Girls. Tetapi terkadang kondisi lah yang mendasarinya seberapa serius atau tidak dapat disembuhkan ruam pada miss v.

Berikut adalah beberapa penyebabnya.

Moluskum menular

Ini adalah virus yang menyebabkan infeksi kulit, mengarah pada bercak kecil, merah, dan benjolan mengkilap yang dapat terjadi di banyak bagian tubuh, termasuk area kemaluan.

Benjolan tidak sakit atau gatal, namun bisa terinfeksi dan menjadi merah, bengkak, dan tidak nyaman. Virus ini menyebar lewat kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang memilikinya. Seseorang juga bisa tertular dengan menyentuh benda (seperti handuk) yang ada virusnya.

Vaginitis 

Vaginitis atau iritasi dapat menyebabkan kemerahan di dekat vagina. Ada beberapa jenis vaginitis seperti:

  • Infeksi jamur yang terjadi ketika sejenis ragi yang biasanya hidup di vagina tumbuh tak terkendali.
  • Vaginosis bakterial, karena pertumbuhan berlebih dari jenis bakteri di vagina.
  • Trikomoniasis, yakni parasit yang menyebar melalui seks.

Kudis atau scabies

Ruam pada miss v bisa disebabkan oleh serangga kecil (tungau gatal manusia) yang masuk ke dalam kulit loh Charm Girls, karena sangat kecil, kamu bahkan tidak bisa melihatnya di kulit dan bisa terkena vagina.

Saat mendapat ruam pada miss v seseorang mungkin akan mengalami ruam atau benjolan,  rasa gatal yang parah, terutama di malam hari. 

Psoriasis 

Ruam di miss v yang psoriasis disebabkan penyakit kulit yang dapat menyerang area tubuh mana pun, termasuk di dekat vagina. Ini menyebabkan bercak pada kulit yang merah dan halus. Jika digaruk dapat menyebabkan infeksi, kekeringan, atau menyebabkan kulit menebal.

Dermatitis kontak 

Kondisi ini terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan produk yang mengiritasi kulit. Ini termasuk hal-hal seperti sabun, deterjen, pembalut, parfum, atau lotion. Dengan dermatitis kontak, seseorang mungkin mengalami gatal, kemerahan, dan bengkak di area sekitar vagina.

Neurodermatitis 

Ini adalah kondisi kulit yang juga dikenal sebagai lichen simplex chronicus. Ini menyebabkan bercak-bercak kulit gatal yang menyebabkan garukan, yang membuat seseorang makin merasakan gatal. Biasanya akan ada bercak di sekitar vagina yang kasar, bersisik, terangkat, kasar, merah, atau lebih gelap dari bagian kulit lainnya. Kondisinya juga disebut tidak menular.

Lichen sclerosus

Kemudian penyebab lainnya adalah karena Lichen sclerosus yang adalah kondisi bercak kulit menjadi putih dan menipis. Gangguan ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, namun pada wanita paling sering terjadi di dekat area genital. Ini dapat menyebabkan gatal dan nyeri. Tidak diketahui penyebabnya, tetapi paling sering terjadi pada wanita pascamenopause.

Infeksi menular seksual (IMS) 

IMIS sama seperti sifilis dan herpes genital yang dapat menyebabkan ruam di dekat vagina. IMS juga dapat menyebabkan luka atau lecet di sekitar vagina yang mungkin terasa sakit atau tidak.

Penyebab lainnya

Hal-hal lain yang jadi penyebab iritasi pada miss v atau vagina gatal adalah pakaian atau celana dalam yang terlalu ketat, iritasi akibat mencukur rambut kemaluan, batang rambut kemaluan yang terinfeksi dan membentuk benjolan merah, obesitas (lipatan kulit yang tumpang tindih meningkatkan gesekan dan keringat, menyebabkan iritasi vagina).

Gejala ruam pada miss v

Selain memperhatikan siklus haid, perempuan juga dihadapkan dengan kondisi kesehatan di area vagina. Saat ruam muncul, ada beberapa gejala yang bisa diidentifikasi. Gejala ruam vagina

biasanya akan terasa tidak nyaman dan gatal. Gejalanya mungkin menjadi lebih buruk jika seseorang yang mengalaminya justru menggaruk area tersebut.

Charm Girls perlu dipahami ada beberapa gejala ruam vagina, yakni 

  • Gatal, terbakar, atau iritasi. 
  • Benjolan, lecet, lesi, atau luka
  • Kulit yang berubah warna (merah, ungu, atau kuning)
  • Kercak kulit yang menebal
  • Serta peradangan
  • Rasa sakit saat buang air kecil atau seks
  • Bau
  • Demam
  • Rasa sakit di daerah panggul 
  • Pembesaran kelenjar getah bening

Cara mengatasi ruam pada miss v

Ada sejumlah cara yang bisa Charm Girls lakukan, baik dengan memulainya di rumah atau hingga nanti sudah saatnya dianggap sangat perlu menemui dokter,’

Pengobatan rumahan ruam di vagina

Perlu jadi catatan, menghentikan rasa gatal adalah yang paling penting, selain itu Charm Girls menggaruk ruam malah memperparah.

  • Hilangkan apa pun yang dapat mengiritasi kulit seperti deterjen dan sabun, lembaran pengering, bedak talk, dan krim kulit.
  • Pakai baju atau celana yang longgar, celana dalam katun, serta hindari bahan sintetis.
  • Jangan pakai semprotan vagina atau douche (kecuali dokter telah merekomendasikannya).
  • Gunakan pelembab bebas pewangi untuk mencegah kekeringan.
  • Pakai minyak kelapa dan minyak pohon teh, yang memiliki sifat antijamur.
  • Gunakan supositoria asam borat, yang juga efektif melawan infeksi jamur dan bakteri.
  • Coba  kompres dingin untuk mengurangi rasa gatal, selain itu juga akan membantu kortikosteroid menembus kulit dengan lebih baik.
  • .Makan yogurt untuk membantu mencegah infeksi jamur.
  • Gunakan probiotik jika minum antibiotik.
  • Usap dari depan ke belakang setelah buang air besar
  • Gunakan pengaman, seperti kondom, selama hubungan seksual.

Selain cara-cara di atas, Charm Girls juga perlu menjaga siklus haid dengan produk sanitasi atau pembalut yang baik seperti CHARM Cooling Fresh Night yang bisa membuat segar dan percaya diri. Terdapat sensasi menyegarkan dengan back wing yang bikin nyaman maksimal. Belum lagi ada zona triple proteksi yang bikin kamu jadi makin aman.

CHARM Cooling Fresh Night punya ukuran hingga 35 centimeter dengan atau tanpa sayap, dalam satu packnya Charm Girls bisa mendapatkan 8 pcs pembalut untuk menjaga vagina tetap aman dan sehat selama siklus menstruasi. Charm Girls bisa mendapatkannya di e-commerce kepercayaan kamu atau di supermarket terdekat. CHARM hadir dengan produk yang mudah dijangkau dimanapun dan kapanpun.

Kemudian segera ke dokter jika Charm Girls belum pernah mengalami ruam vagina sebelumnya. Charm Girls juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit (dokter kulit) atau spesialis penyakit menular yang mungkin lebih berpengalaman dengan berbagai kondisi, termasuk IMS.

Setelah penyebab ruam teridentifikasi dan memiliki pengobatan yang berhasil, Charm Girls mungkin dapat mengobati sendiri kekambuhan ruam tersebut. Yuk jangan cuek dengan kesehatan miss v ya CHARM Girls.

penyebab iritasi pada miss v
cara menghilangkan bintik di miss v
Komentar (102)
A

Avatar Profile Image
Fita wahyuni
Ok
a year ago
Balas
Avatar Profile Image
Fita wahyuni
Yes
a year ago
Balas
Avatar Profile Image
Fita wahyuni
Yup
a year ago
Balas
floating-icon