Kembali

Edukasi

Perut kembung saat haid? kok bisa ya?

Perut kembung saat haid? kok bisa ya?


Perut kembung seringkali menjadi masalah untuk banyak perempuan. Tidak dipungkiri kalau perut kembung seringkali bikin diri sendiri nggak pede. Dan malah jadi nggak nyaman ketika mau terlihat lucu dengan outfit kita hari ini. Perut kembung saat haid adalah gejala umum yang sering dialami oleh wanita, terutama ketika haid telat. Meskipun gejala ini umumnya tidak serius, namun kondisi ini dapat memberi tanda bahwa terjadi gangguan kesehatan yang lebih serius. 

Perut kembung dapat disebabkan karena siklus menstruasi seseorang. Haid yang telat dapat menyebabkan perut kembung, ini karena tubuh memproduksi hormon progesteron, yang membantu memperlama siklus menstruasi dan menyebabkan perut terasa lebih kembung. Jika haid telat, ini bisa menandakan bahwa tubuh sedang mengalami perubahan hormonal dan perubahan tersebut bisa mempengaruhi tingkat progesteron dalam tubuh.

Biasanya kamu akan merasakan perut kembung sebelum menjelang haid. Ini disebabkan oleh perubahan hormon progesteron dan estrogen yang menyebabkan dinding rahim menebal. Tapi tenang aja Charm Girls, secara perlahan rasa kembung akan hilang setelah haid. 

Nah, tidak hanya itu saja. Perut kembung yang disertai telat haid bisa menjadi tanda kehamilan juga, loh. Pada awal kehamilan, hormon progesteron membantu meregangkan rahim dan menyebabkan perut terasa kembung. Selain itu, masalah hormonal juga dapat menjadi penyebab di balik perut kembung yang bikin kamu merasa begah seharian. Jika ada masalah dengan sistem endokrin, seperti PCOS atau masalah tiroid, ini bisa mempengaruhi produksi hormon dan menyebabkan haid yang tidak teratur dan perut kembung.

Kondisi masalah serius seperti infeksi juga dapat mempengaruhi telat haid perut kembung.  Infeksi saluran kemih bisa menyebabkan peradangan dan nyeri pada bagian bawah perut, dan bisa menyebabkan haid yang tidak teratur dan perut kembung. Yang terakhir, selain permasalahan fisik, Charm Girls perlu sadar juga nih dengan kondisi mood kamu. Nyatanya, stress dapat menyebabkan haid telat Stres bisa mempengaruhi siklus haid dan menyebabkan haid yang tidak teratur dan perut kembung.

Gimana sih gejalanya?

Kalian mungkin pernah merasakan kok berat badan bertambah ketika siklus haid mau datang ya? Atau celana jeans kesukaan kita tiba-tiba terasa sempit ketika mau digunakan. Ini bisa menjadi tanda-tanda dari perut kembung. Selain yang sudah disebutkan, ada beberapa tanda-tanda lainnya juga, loh.

Adanya perasaan penuh atau perut terasa ‘ditekan’ dapat menjadi salah satu tandanya. Karena hal ini area perut akan merasakan pembengkakan. Kamu juga dapat merasakan perasaan tidak nyaman seperti nyeri dan kram perut ketika perut kamu mengembung. Rasa nyeri akan dirasakan di bagian bawah perut dan rentang rasa nyerinya juga dapat bermacam-macam.

Gejala lain yang dirasakan juga dapat berupa mual. Mual di saat perut kembung dapat terjadi, terutama jika disebabkan oleh masalah gastrointestinal. Selain gejala itu, perut yang kembung biasanya terisi oleh gas. Perut kembung karena telat haid dapat menimbulkan erupsi dan suara berdebum di dalam perut. Telat haid dan sering kentut juga bisa menjadi tanda-tandanya. Gejala seperti sembelit bisa memperburuk kembung dan juga bisa menjadi gejala haid yang telat.

Gini nih cara mengobatinya

Perut kembung menimbulkan berbagai gejala yang tentunya bikin badan nggak nyaman dan kamu jadi nggak bersemangat menjalani hari.Tenang, Charm Girls kamu bisa atasi dan menghindari perut kembung yang mengganggu dengan cara-cara berikut:

1.Kurangi asupan makanan yang memicu kembung 

Makanan seperti karbohidrat, daging, banyak gula, garam dan lemak jenuh serta produk susu dapat memicu kembung. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut dan fokus pada makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

2.Latihan fisik teratur

Latihan fisik dapat membantu mengatasi kembung dan memperlancar sistem pencernaan. Latihlah secara teratur, misalnya berolahraga setiap pagi atau melakukan yoga. Nggak ada salahnya kan untuk tetap produktif dengan olahraga ringan.

3. Minum air yang cukup

Cukup minum air bisa membantu mengatasi kembung dan memperlancar sistem pencernaan. Minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap hari. Penting banget untuk diingat ya, Charm Girls!

4.Hindari minuman bergas

Minuman segar kemasan memang enak untuk dikonsumsi apalagi ketika cuaca sedang terik. Eh, tapi ternyata minuman kemasan banyak mengandung gas, loh. Minuman bergas seperti soda dan minuman berkarbonasi lainnya bisa memicu kembung. Hindari minuman tersebut dan lebih baik minum air putih atau jus buah segar.

5.Periksakan diri ke dokter

Jika kembung perut tetap berlanjut, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan menyarankan tes atau pemeriksaan untuk menentukan penyebab kembung dan membantu menentukan pengobatan yang tepat.

Perut kembung bisa saja disebabkan berbagai hal, tapi biasanya jika perut kembung disebabkan karena menjelang haid. Perut akan kembali ke semula ketika haid selesai berlangsung. Namun, Charm Girls perlu sadar untuk menjaga pola hidup yang sehat agar gejala perut kembung yang muncul tidak membahayakan kesehatan.

telat haid dan sering kentut
telat haid perut kembung
Komentar (23)
A

Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
. Jika ada masalah dengan sistem endokrin, seperti PCOS atau masalah tiroid, ini bisa mempengaruhi produksi hormon dan menyebabkan haid yang tidak teratur dan perut kembung.
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
floating-icon