Kembali

Girl's Life

Charm Girls, berikut tips tahapan skincare untuk pemula

Charm Girls, berikut tips tahapan skincare untuk pemula


Merawat kulit dengan baik tanpa perlu ke salon sebenarnya bisa dilakukan di rumah, yakni dengan melakukan perawatan wajah atau skincare routine. Merawat diri dengan rajin skincare juga bisa jadi jawaban apa itu self healing yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Self healing dengan self love bisa dikombinasikan.

Namun, dengan banyaknya produk skincare yang ada di pasaran, tak jarang seseorang jadi pusing dengan langkah-langkah penggunaannya, apalagi mencari skincare routine untuk pemula.

Kulit mencerminkan kesehatan kalian  Charm Girls. Untuk merawatnya, kamu perlu membangun kebiasaan sehat.

Langkah-langkahnya skincare routine  dapat bergantung pada kebutuhan setiap orang dan jumlah waktu yang dimiliki. Biasanya, rutinitas dasar skincare meliputi menghapus riasan, membersihkan wajah, mengoleskan perawatan di tempat untuk noda apapun, menggunakan tabir surya di siang hari, dan mengoleskan pelembab.

Secara cepat Charm Girls bisa memulai skincare routine  untuk pemula dengan membagi waktu menjadi siang dan malam serta klaster produk skincarenya sebagai berikut:
 

  • Pagi
  • Cleanser untuk Oil atau water based 
  • Toner 
  • Serum 
  • Perawatan spot (seperti jerawat)
  • Cream mata
  • Pelembab
  • Sunscreen
  • Foundation atau dasar makeup
  • Malam
  • Makeup remover
  • Pembersih wajah
  • Hydrating mist atau toner
  • Serum atau essence
  • Hydrating Serum
  • Krim mata
  • Krim malam atau sleep mask
     

Tahapan-tahapan yang diperlukan

Untuk pagi, Charm Girls bisa gunakan daftar skincare rutinitas dasar pagi: 

1.Pembersih

Gunakan untuk menghilangkan kotoran dan residu yang menumpuk dalam semalam.

2.Pelembab. 

Berguna untuk menghidrasi kulit dan bisa dalam bentuk krim, gel, atau balsem.

3.Tabir surya atau sunscreen

Ini sangat-sangat penting untuk melindungi kulit dari efek merusak sinar matahari.

Sedangkan rutinitas dasar malam untuk skincare pemula bisa dimulai dengan melakukan hal-hal ini:

4.Penghapus riasan

Makeup remover menghilangkan sisa riasan yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, membersihkan lapisan makeup yang dirasa sudah bersih dengan cuci muka bisa padahal belum.

5.Pembersih

Ini akan menghilangkan kotoran yang tersisa setelah menggunakan makeup remover dan debu yang ada di wajah.

6.Spot treatment

Jika Charm Girls sedang berjerawat, gunakan obat jerawat di malam hari dengan produk anti radang dan pengering karena lebih efektif digunakan di malam hari.

1.Krim malam atau masker tidur Pelembab akan membantu perbaikan kulit.

Selain menyederhanakan pendekatan di atas, Charm Girls juga bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk jadi cerdas dalam hal kulit dan sesuai dengan budget sebagai pemula:

2.Bersihkan kulit sebelum menggunakan produk perawatan kulit dan sebelum tidur. 

Pembersih yang lembut menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran, serta membantu mencegah pori-pori tersumbat dan berjerawat. Untuk mencegah iritasi, batasi mencuci muka hingga dua kali sehari dan setelah berkeringat.

3.Memaksimalkan skincare dari pelembab 

Dengan mengoleskannya pada kulit lembab, pelembab memerangkap air di kulit, membantunya terlihat lebih cerah dan lebih muda. Ingatlah untuk melembabkan wajah, tubuh, dan bibir, bahkan jika Charm Girls punya kulit berminyak.

4.Gunakan pelindung matahari atau sunscreen 

Gunanya adalah untuk membantu mencegah keriput, bintik-bintik penuaan, dan kanker kulit. Perlindungan matahari adalah bagian penting dari perawatan kulit harian. Oleskan tabir surya ke seluruh kulit yang tidak tertutup pakaian.

5.Pertimbangkan untuk menggunakan produk dengan fungsi ganda, seperti pelembab dengan tabir surya. 

Pastikan tabir surya berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi, dan ingatlah untuk mengoleskannya kembali setiap dua jam atau setelah berenang bahkan berkeringat.

6.Baca label produk yang digunakan

Carilah produk untuk jenis kulit yang bertuliskan "non-comedogenic" atau "tidak akan menyumbat pori-pori".

  1. Pertimbangkan untuk pakai petroleum jelly Produk ini punya beberapa kegunaan, termasuk melembabkan kulit dan kuku yang kering serta mengobati luka ringan.
  2.  Waspada iritasi

Agar skincare routine  bagi pemula semakin maksimal hasilnya dan meminimalkan potensi iritasi, pilihlah produk yang paling cocok untuk jenis kulit. Hindari pemakaian produk yang berefek pada kondisi kulit berjerawat atau sensitif.

Kenali jenis kulit

Sesuaikan produk yang ada dengan jenis kulit kalian ya Charm Girls gunakan produk yang cocok untuk kulit berminyak, kering atau kombinasi.

  • Kulit sensitif dapat menyengat atau terbakar setelah penggunaan produk
  • Kulit normal berwarna bening dan tidak sensitif
  • Kulit kering bersisik, gatal, atau kasar
  • Kulit berminyak berkilau dan berminyak
  • Kulit kombinasi kering di beberapa area dan berminyak di area lainnya

Skincare routine  untuk kulit kering

Jika kulit Charm Girls kering, fokuskan rutinitas pada hidrasi dan membangun pelindung kulit yang sehat. Ikuti langkah-langkah di atas tetapi ganti produk yang mungkin terlalu keras atau asam dengan produk yang menambah kelembaban pada kulit dan membantu mempertahankan kelembamannya.

Usia untuk memulai skincare routine 

Saat Charm Girls ingin memulai skincare routine , cobalah untuk memulainya di usia yang pernah terlalu dini atau bahkan  terlambat. Anak-anakbisa berlatih merawat kulit dengan mencuci muka saat bangun tidur dan sebelum tidur serta mengoleskan tabir surya di siang hari.

Tapi, pilih langkah dan produk spesifik dalam rutinitas untuk masalah dan usia kulit. Remaja, misalnya, mungkin memerlukan rutinitas skincare dengan produk yang bisa membantu mengatasi noda dan kulit berminyak. Sedangkan orang dewasa mungkin lebih fokus pada produk yang mendukung kulit mereka seiring bertambahnya usia. Bangun rutinitas yang tepat untuk kalian Charm Girls.

Itu adalah beberapa tahapan sederhana untuk skincare routine  bagi pemula. Jika Charm Girls tidak yakin dengan jenis kulit, bicarakan dengan dokter kulit bersertifikat sebelum memulai rutinitas perawatan kulit apapun.

Skincare routine untuk pemula
Skincare untuk pemula
Komentar (17)
A

An
Anonymous
Makasih infonya
a month ago
Balas
An
Anonymous
Bermanfaat banget
a month ago
Balas
An
Anonymous
Thanks infonya
a month ago
Balas
floating-icon