Kembali

Girl's Life

Gimana ya cara mengatasi haid pertama pada anak?

Gimana ya cara mengatasi haid pertama pada anak?


Bagaimana cara memberi pengertian kepada anak tentang menstruasi

Setiap perempuan akan memasuki masa menstruasi, meski waktunya dan kondisinya tak sama, gadis kecil yang beranjak dewasa akan merasakan perubahan di dalam dirinya, Saat anak mengalami menstruasi orang tua perlu mengetahui cara mengatasi haid pertama pada anak, penjelasan dan edukasi jadi hal penting agar anak bisa melewati masa pertumbuhan dirinya dan pubertas ini dengan percaya diri serta dalam kondisi yang baik.

Haid pertama pada anak perempuan pasti berbeda-beda, ada yang mengalaminya lebih cepat ada juga yang lebih lambat. Orang tua perlu mengubah pola asuh dan cara membimbing anak, tidak hanya soal perubahan fisik tetapi soal bagaimana menstruasi mempengaruhi banyak hal.

Nah Charm Girls, artikel ini mungkin akan membantu untuk memberi gambaran untuk haid pertama pada anak perempuan, baik sebagai orang tua atau kakak.

Menstruasi biasanya dimulai pada usia sekitar 12 tahun, tetapi menstruasi mungkin terjadi pada usia delapan tahun, maka dari itu penting untuk mendiskusikan topik ini lebih awal. 

Bicaralah lebih awal dan sering ya Charm Girls.

Semakin dini orang tua atau pendamping anak mulai berbicara tentang perubahan yang terjadi selama masa pubertas, hal itu semakin baik. Rencanakan rangkaian percakapan. Jika anak banyak bertanya tentang menstruasi, jawablah secara terbuka dan jujur bahwa menstruasi adalah perubahan yang alami dalam tubuh.

Jika anak tidak mengajukan pertanyaan, mulailah diskusi tanpa terkesan menggurui, cari suasana yang menyenangkan dan perhatikan kondisi moodnya. 

Jangan lupa untuk klarifikasi informasi yang salah

Terkadang banyak informasi yang tersebar di luar pengetahuan anak, baik jangkauan pemahaman katanya atau bahkan bisa menyesatkan. Tanyakan apakah anak memiliki pertanyaan, dan jelaskan dasar-dasarnya, bisa juga bagikan pengalaman yang pernah dialami oleh Charm Girls sebagai ibu atau kakak perempuan. 

Tindak lanjuti setiap pelajaran kesehatan dan pendidikan seks yang diterima anak di sekolah. Jika anak menolak untuk berbicara, jangan menyerah ya, hal ini penting agar pendidikan soal seks juga jadi terjaga dan anak paham mana yang baik dan benar.

Perlu mengetahui fakta tentang siklus menstruasi

Penting untuk anak paham soal perubahan siklus menstruasi, bagaimana nyeri di perut jelang haid datang dan persiapan untuk menyimpan pembalut di dompet atau tas sekolah.

Semua perubahan saat pubertas ini sebaiknya didampingi agar anak bisa menghilangkan ketakutan atau kecemasan yang tidak berdasar, serta secara positif mempengaruhi citra tubuh anak.

Pembicaraan soal menstruasi juga jadi pembuka di masa depan tentang kencan dan seksualitas. Di mana saat menstruasi berarti tubuh secara fisik mampu untuk hamil. Pada paruh pertama siklus menstruasi, kadar hormon estrogen meningkat, membuat lapisan rahim menebal. Lapisan ini akan memberi makan sel telur yang telah dibuahi (embrio) jika terjadi kehamilan. Saat lapisan tumbuh, sel telur di salah satu ovarium mulai matang.

Cara dampingi anak saat pertama kali menstruasi

Saat anak pertama kali mendapatkan menstruasi, dampingi dia agar tenang dan tidak panik, serta mengajarkan untuk menjaga kebersihan diri.

Jadilah teman, bicaralah dengan positif

Perubahan yang terkait dengan pubertas bisa sedikit menakutkan, yakinkan anak jika kondisi yang dialaminya adalah normal untuk merasa khawatir tentang menstruasi, tetapi tidak ada yang terlalu dikhawatirkan, yakinkan anak bahwa kakak atau mama serta pendampung ada di dekatnya untuk menjawab pertanyaan apapun, jangan buat dia merasa sendirian terkait perubahan yang dialaminya.

Edukasi soal penggunaan pembalut

Jelaskan cara menggunakan pembalut, dan pentingnya menggantinya secara teratur setiap empat hingga delapan jam untuk pembalut dan tampon dan setiap delapan hingga 12 jam untuk cangkir menstruasi. 

Siapkan di kamar mandi dengan berbagai jenis produk sanitasi sebelumnya. Penting untuk ingatkan anak membawa persediaan di tas ransel, dompet, atau loker guna berjaga-jaga.  Dorong anak untuk bereksperimen untuk menemukan produk yang paling cocok baginya. CHARM memiliki berbagai jenis pembalut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, cek seluruh produk CHARM di link ini https://www.charm.co.id/id/products.html 

Setiap orang berbeda

Ingatkan anak untuk tidak khawatir ketika teman-temannya mulai menstruasi atau jika mereka menstruasi lebih cepat bahkan terlambat. Jelaskan bahwa menstruasi adalah proses yang berbeda-beda bagi setiap orang serta umum bagi anak yang menuju remaja mengalami menstruasi yang tidak teratur. 

Mungkin diperlukan waktu enam tahun atau lebih setelah menstruasi seseorang dimulai agar siklus menjadi teratur. Siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari  dihitung dari hari pertama satu periode hingga hari pertama periode berikutnya. 

Jelaskan juga pada anak bahwa setiap menstruasi akan ada perubahan fisik yang terjadi, dalam siklusnya anak mungkin akan mendapat rasa sakit yang parah atau bahkan ringan.

Ajari anak cara melacak menstruasi di kalender 

Selain mengecek kalender, bisa juga menggunakan aplikasi smartphone, hingga akhirnya anak mungkin dapat memprediksi kapan menstruasi akan dimulai. Melacak periode juga dapat membantu anak Anda dan dokter anak Anda mengidentifikasi kemungkinan gangguan menstruasi atau masalah kesehatan lainnya.

 

apa yang harus dilakukan ketika haid pertama
cara menghadapi menstruasi pertama
haid pertama pada anak perempuan
Komentar (381)
A

An
Anonymous
.
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Okee
2 months ago
Ma
Maya_Khumaeroh14
Y
2 months ago
Avatar Profile Image
Ade Tina Sri Rahayu
Ya
2 months ago
An
Anonymous
Oke
2 months ago
An
Anonymous
Iya
2 months ago
An
Anonymous
.
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Okee
2 months ago
Ma
Maya_Khumaeroh14
Y
2 months ago
Avatar Profile Image
Ade Tina Sri Rahayu
Ya
2 months ago
An
Anonymous
Oh
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Oh juga
2 months ago
An
Anonymous
Siaga
2 months ago
Ma
Maya_Khumaeroh14
Y
2 months ago
Ma
Maya_Khumaeroh14
.
2 months ago
floating-icon