Kembali

Girl's Life

Apakah boleh minum susu saat haid? Yuk ketahui disini!

Apakah boleh minum susu saat haid? Yuk ketahui disini!


Apakah boleh minum susu saat haid ?

Ketika melewati masa masa haid, tak jarang Charm Girls pasti berkutat dengan berbagai macam tantangan, tapi tenang mari hadapi karena haid adalah sesuatu yang natural dan jadi tanda kamu menghadapi kondisi kesehatan yang baik.

Charm Girls, tahukah kalian, bukan hanya makanan, ternyata ada juga minuman yang tidak boleh diminum saat haid. Beberapa minuman yang dilarang saat haid ini perlu kamu ketahui untuk membantu lancarnya masa haid terlewati dengan baik. 

Saat haid keinginan untuk mengkonsumsi sesuatu terkadang meningkat, baik itu es krim, minuman manis seperti kopi susu kekinian atau milkshake yang menyegarkan, lalu apakah boleh minum susu saat haid?

Nah Charm Girls, perlu kamu perhatikan juga minum susu saat haid karena bisa memicu kram haid. Hal itu disebabkan karena susu punya kandungan asam arakidonat yang bisa picu rasa nyeri.

Bahaya minum susu saat haid

Sebenarnya minum susu saat haid bolehkah? sebetulnya susu bisa dikonsumsi bisa saat haid, namun tidak semua jenis susu itu ternyata baik untuk dikonsumsi saat haid. Salah satunya adalah saat minum susu murni yang kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko PMS, sedangkan minum susu skim atau susu rendah lemak memiliki risiko PMS yang lebih rendah. Kandungan lemak berlebih disinyalir dapat memicu kram perut saat haid. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi susu rendah lemak yang kaya nutrisi. 

Susu adalah bagian utama dari diet seimbang, tetapi makan dengan terlalu banyak keju atau mengonsumsi terlalu banyak produk berbasis susu saat haid dapat menyebabkan kram menstruasi semakin memburuk. Faktanya, susu dapat menyebabkan kembung, gas, dan diare, menurut Healthline. Jadi, yuk bermain aman saja dan coba cari alternatif lain dari berbagai produk olahan susu.

Deretan minuman yang dilarang ketika haid

Charm Girls, saat haid ternyata ada berbagai hal yang harus diperhatikan loh mulai dari pola makan, kebersihan, kesehatan tubuh hingga minuman yang tidak boleh diminum saat haid. Nah berikut adalah beberapa minuman yang dilarang saat haid selain susu:

1.Teh berkafein

Ada beberapa jenis yang mengandung kafein seperti teh hitam dan hijau. Walau lebih rendah dari kopi tapi kafein dari teh juga bisa berikan efek yang sama seperti meminum kopi secara berlebihan.

2.Kopi

Kandungan kafein yang tinggi dapat memperburuk rasa sakit dan juga berkontribusi pada nyeri payudara. Kamu mungkin menginginkan kafein tetapi harus secara pasti mengurangi asupan kopi. Skip dulu ya order kopi susu kekiniannya, coba cari alternatif lain.

3.Alkohol

Nah ini juga satu hal yang perlu dihindari, baik saat haid ataupun saat tidak haid. Alkohol punya sejumlah efek negatif pada tubuh yang dapat memperburuk gejala haid Charm Girls, bisa membuat dehidrasi, memperburuk sakit kepala dan menyebabkan kembung. Minuman yang mengandung alkohol juga bisa sebab masalah pencernaan, seperti diare dan mual.

4.Minuman yang manis-manis

Minuman yang terlalu manis juga dapat menyebabkan lonjakan energi yang diikuti dengan gangguan. Minuman yang terlalu manis bisa perburuk suasana hati. Sat cenderung merasa murung, depresi, atau cemas selama haid kamu perlu perhatikan asupan gula ya Charm Girls.

Minuman yang boleh dikonsumsi saat haid

Charm Girls, kamu tak perlu khawatir karena ada sejumlah alternatif minuman yang baik untuk kamu konsumsi saat haid, beberapa bisa perbaiki mood dan kondisi fisik saat haid:

1.Jahe

Minuman yang baik saat haid adalah jahe hangat. Secangkir teh jahe hangat bisa perbaiki gejala haid dan menghangatkan tubuh. Jahe memiliki efek anti-inflamasi, yang bisa menenangkan otot yang pegal dan mengurangi mual. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi jahe lebih dari empat gram dalam satu hari karena dapat menyebabkan mulas dan sakit perut.

2.Dark Chocolate

Dark Chocolate atau coklat hitam punya banyak kandungan zat besi dan magnesium. Sebatang 100 gram coklat hitam mengandung 67 persen asupan harian yang direkomendasikan (RDI) untuk zat besi dan 58 persen RDI untuk magnesium. 

Charm Girls juga bisa minum coklat panas saat keadaan perut sedang terasa tidak enak, magnesium menurut studi juga ternyata mengurangi keparahan gejala PMS.

3.Yogurt

Segelas yogurt bisa menyegarkan, apalagi ternyata banyak orang mengalami infeksi jamur selama atau setelah menstruasi. Jika Charm Girls cenderung terkena infeksi jamur, makanan kaya probiotik seperti yogurt bisa menyehatkan bakteri baik di vagina dan membantu Charm Girls melawan infeksi.

Nah yogurt juga kaya magnesium dan nutrisi penting seperti kalsium. Namun, perlu dihindari yogurt dengan pemanis buatan, lebih baik minum yogurt cair tanpa rasa atau plain.

Selain itu Charm Girls juga bisa minum teh kombucha dan juga teh peppermint.

 

bolehkah minum susu saat haid
apakah saat haid boleh minum susu
minum susu saat haid bolehkah
Komentar (165)
A

Avatar Profile Image
Diana Triaji
Waahh thanks min infonya, emg ga bisa nih kalo ga yg manis²🤭
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Yeah
a month ago
An
Anonymous
Yeah
a month ago
Avatar Profile Image
Rosmala
Ok
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Okee
a month ago
RT
Ratna Tri Asihah
G bisa kalau g ngopi
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Sip
a month ago
floating-icon