Kembali

Love Self, Family and Friends

Apakah Papa tahu Aku sudah menstruasi pertama?
Apakah Papa tahu Aku sudah menstruasi pertama?


Kamu pernah nggak ngebayangin ada di sebuah situasi saat mama tidak ada di rumah, namun kamu mempunyai pertanyaan tentang tubuh dan bahkan menstruasi pertama? Kayaknya bakal awkward banget nggak sih? Papa kan cowok; kamu juga pasti bertanya-tanya apakah Ia mengerti tentang perkembangan fisik laki-laki dan perempuan yang berbeda.

Baca Juga : 5 reaksi saat menstruasi pertama kali, kamu yang mana? - Charm Girl's Talk

Apalagi, banyak banget mitos berkeliaran tentang menstruasi yang katanya tabu banget untuk dibahas dengan Papa.

Charm Girls, satu hal yang kamu harus tahu, nih! Menstruasi pertama adalah hal terindah yang dialami oleh seluruh perempuan. Biarpun ada nyeri menstruasi yang harus kamu hadapi, itu adalah hal pertama yang menandakan kamu sudah beranjak dewasa, it is so cool, right! Papamu juga punya peranan untuk mengetahui hal itu, lho.

Papa adalah bagian penting dalam hidupmu, bahkan beberapa orang bilang bahwa cinta pertama seorang anak perempuan, ya Papanya sendiri! So sweet banget. Tanpa kamu sadari, sebenarnya Papamu juga ingin tahu soal pertumbuhan dan perkembangan putrinya sendiri. Mentang-mentang Papa tidak mengalami masa menstruasi, bukan berarti Ia tidak tahu apa itu menstruasi loh.

Awalnya sih emang bakal nyeremin banget untuk memulai percakapannya tapi setelah kamu membuka “Period Talk” ini bersama Papamu, efek baiknya bakal berpengaruh banget, misalnya:

  1. Terjalin hubungan yang baik dengan rasa percaya satu sama lain antara anak perempuan dan Papanya.
  2. Papamu juga dapat menambah wawasannya, diam-diam Ia akan berterima kasih karena kamu sudah mengajarkan hal baru kepadanya.
  3. Kamu bisa lebih percaya diri untuk menyatakan pendapat di masa depan nanti.
  4. Ketika kamu butuh bantuan saat membelikan pembalut atau sedang nyeri menstruasi, Papamu bisa menjadi orang yang bisa diandalkan, lho.

Tuh kan, banyak juga sisi positifnya. Buat kamu, para Charm Girls yang masih bingung bagaimana cara membuka percakapannya, bisa disimak nih beberapa tips berikut.

  1. Jika kamu malu, carilah waktu yang tepat dan privat

Perhatikan kebiasaan Papamu sehari-hari untuk mengerti waktu yang tepat untuk memulai percakapan, Charm Girls. Lebih enak juga kalau kamu bisa bercerita padanya langsung dengan tatap mata tanpa perlu menggunakan chat di handphone. Waktu-waktu setelah makan malam bisa banget jadi saat yang tepat, lho! 

Mungkin untuk membuka percakapannya, kamu bisa bilang “Pah, Aku mau ngomong sesuatu penting deh” atau “Pah, boleh minta waktunya sebentar nggak?”. Nah, jika Papamu ternyata sedang sibuk, kamu nggak usah berkecil hati, ya. Kamu bisa bilang padanya, “Kalau sudah santai, kasih tahu ya”.

Eh, dari sini kamu ternyata bisa belajar untuk menjalin komunikasi yang baik juga, lho!

Apakah Papa tahu Aku sudah menstruasi pertama?
Kebiasaan Papa Sehari-Hari
  1. Eh, Papamu juga tahu kok soal menstruasi pertama dan pubertas

Walaupun Papamu seorang laki-laki, jangan kira Ia tidak tahu menahu soal menstruasi pertama, nyeri menstruasi bahkan hormon menstruasi. Loh, kok? Iya dong, Ia pasti sudah pernah menghadapi Mamamu yang mengalami menstruasi juga kok; atau kakak dan ibunya sendiri. Setidaknya, Ia sudah memiliki pengetahuan dasar tentang pubertas dan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan. Ia tidak se-clueless yang kamu bayangkan kok.
Eh, kamu juga bisa ajak Papamu untuk membaca artikel-artikel menarik yang ada di Charm Girl’s Talk, banyak banget panduan untuk Parents.

  1. Siapkan topik pembicaraan dan jujur

Akhirnya setelah kamu bisa duduk berdua, coba ceritakan saja apa yang terjadi dari hati. Tentang menstruasi pertama, nyeri menstruasi dan perasaanmu saat menghadapinya. Siapa tahu bahwa Papamu dapat memberikan sudut pandang baru tentang itu, dan apabila Ia tidak tahu… Kamu harus memakluminya. Percaya deh, Papamu pasti akan memikirkan hal itu dan mencari tahu sendiri.


Ke depannya Ia akan lebih peka dengan perubahan sifatmu yang terkadang menjadi moody dan mudah marah sebagai gejala menstruasi yang umum banget. Papa bisa throwback sendiri masa lalunya ketika Ia masih remaja dan mengalami pubertas dan segala perubahannya!


Untuk membuat kamu dan Papa lebih akrab dan saling mengandalkan satu sama lain. Kamu bisa minta tolong Ia membelikan pembalut atau membuatmu nyaman saat masa menstruasi sebagai cara menunjukkan kalau Papamu punya peranan penting dalam hidupmu, Charm Girls!

  1. Nikmati prosesnya

Rasa malu itu pasti ada, bersamaan dengan perasaan nggak enak, takut, dan aneh. Tarik napas dan tenanglah, Charm Girls. Kamu dan Papa sedang sama-sama masuk ke dalam fase hidup yang baru. Dalam hati, Papamu juga pasti merasa senang dan bangga melihat putri kecilnya sekarang telah tumbuh dewasa. Beberapa Papa dari anak perempuan mungkin akan sedikit menggoda atau bahkan menjadi lebih bawel…. Namun, itulah tanda sayangnya pada kamu, lho. Nggak perlu dibawa galau, yah!

  1. Berterima kasih dan berikan pelukan kecil

Seorang Papa pasti selalu ingin yang terbaik untuk putrinya yang cantik seperti kamu, Charm Girls. Ia ingin sekali melihat pertumbuhan dan perkembangan putrinya secara utuh dan sehat…. Jadi, jangan lupa untuk berterima kasih kepadanya, okay?

Apakah Papa tahu Aku sudah menstruasi pertama?
Berikan Pelukan Kecil

 

 

Komentar (0)
A