Kembali

Edukasi

Q&A Menstruasi Pertamamu
Q&A Menstruasi Pertamamu


Kamu mungkin gugup saat mendapatkan menstruasi pertama. 

Yuk, terus baca dan cari tahu daftar pertanyaan umum seputar menstruasi pertamamu. 

Tanda-Tanda Menstruasi Pertama 

Q: Umur berapa Aku akan mendapatkan menstruasi pertama? 

A: Banyak perempuan mengalami menstruasi pertama sekitar umur 10 hingga 13 tahun. Beberapa perempuan mengalaminya lebih awal dan ada juga yang agak terlambat lho, jadi kamu tidak perlu khawatir ya. Tapi jika kamu belum menstruasi pertama pada umur 15 tahun, kamu harus membicarakannya dengan seseorang di rumahmu atau mengunjungi dokter 

Baca Juga : Kegalauan saat datang bulan

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Apa benar menstruasi pertama datang saat berat mencapai 40 kg? 

A: Setiap orang memiliki menstruasi pertama di waktu yang berbeda. Kamu harus tahu bahwa banyak informasi tentang usia dan berat badan tetapi tidak ada waktu yang ditentukan untuk menstruasi pertamamu, jadi Charm Girls jangan khawatir ya. 

 

Q: Bagaimana Aku bisa tahu akan mendapatkan menstruasi pertama? 

A: Sebelum menstruasi pertamamu datang, kamu akan mengalami pertumbuhan di payudaramu, merasa sakit, dan mengalami keputihan. Beberapa remaja merasakan perubahan ini hingga satu tahun sebelum menstruasi. Jadi saat kamu melihat perubahan di tubuh, persiapkanlah dirimu untuk datangnya menstruasi pertama. :) 

Q: Adakah tanda-tanda lain dari menstruasi pertama selain keputihan? 

A: Ya ada! Mungkin kulitmu bisa menjadi bintik-bintik berminyak, dan mengalami kekeringan. Tanda lainnya adalah tubuhmu terasa bengkak, lebih dari biasanya bahkan di saat kamu belum makan lho. Kamu juga bisa sakit kepala, merasa panas, dan sakit perut meskipun kamu tidak sakit. Tapi kamu tidak perlu khawatir ya. 

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Benarkah menstruasi pertamamu telat datang jika berolahraga? 

A: Itu tidak benar Charm Girls, olahragamu tidak berpengaruh pada menstruasi pertama atau menstruasi selanjutnya. Nah, apakah kamu pernah memperhatikan keputihan, rambut tumbuh di ketiakmu atau di sekitar alat kelaminmu, atau perubahan lain pada tubuhmu? Jika pernah, inilah tanda bahwa menstruasi pertamamu akan segera datang. Menstruasimu akan datang lebih cepat atau lambat sehingga kamu tidak perlu khawatir. Tetaplah beraktifitas seperti biasa sebelum menstruasimu dimulai. :) 

Ketika kamu mendapatkan menstruasi pertama

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Apa yang harus Aku lakukan jika tiba-tiba menstruasi pertama datang? 

A: Saat kamu melihat darah di pakaian dalammu saat menstruasi pertama datang, kamu tidak perlu khawatir ya. Jika kamu tidak membawa pembalut, kamu bisa menggulung tisu toilet dan menggunakannya. Kamu bisa datang ke Unit Kesehatan Sekolah atau Guru BP, biasanya mereka menyediakan beberapa pembalut. Kamu juga bisa mendapatkan pembalut di minimarket atau apotek terdekat. 

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Bagaimana cara membicarakannya dengan keluarga saat mendapatkan menstruasi pertama? 

A: Mengalami menstruasi pertama adalah hal yang luar biasa lho. Meskipun kamu sulit untuk membicarakannya dengan seseorang di keluargamu, mereka pasti akan senang jika kamu melakukannya. Charm Girls, kamu bisa memberanikan diri dan ambil langkah tersebut! Setelah membicarakannya kamu akan merasa jauh lebih baik lho. :) 

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Benarkah tinggimu tidak akan bertambah lagi setelah menstruasi pertama? 

A: Pertumbuhan tinggimu disebabkan oleh hormon pertumbuhan dan juga hormon wanita yang memperpanjang tulang. Hormon wanita dikeluarkan saat kamu mencapai pubertas. Nah, hormon tersebut bisa meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan dalam tubuhmu yang menyebabkan tulangmu berkembang. Itulah sebabnya mengapa Charm Girls bisa tiba-tiba tumbuh tinggi saat masa pubertas. Hormon wanita juga membuat tulangmu tumbuh menjadi tulang dewasa lho, dan bisa membuatmu berhenti tumbuh lebih tinggi. Karena hormon wanita lebih banyak dikeluarkan saat kamu menstruasi pertama, tulangmu berkembang dan tinggimu bisa berbeda dari yang lainnya. Nah, Charm Girls harus tahu banyak juga lho yang tumbuh lebih tinggi setelah menstruasi pertama terjadi. 

 

Informasi tentang menstruasimu 

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Berapa lama sih jarak menstruasi pertamaku sampai yang berikutnya? 

A: Menstruasimu akan terjadi sebulan sekali. Kebanyakan dari kita memiliki menstruasi berikutnya 25 hingga 35 hari setelah hari pertama menstruasi lho. Untuk satu atau dua tahun pertama setelah menstruasi pertamamu, hormonmu mungkin masih belum seimbang, dan beberapa remaja tidak mengalami menstruasi berikutnya sampai beberapa bulan setelah mentruasi pertama. Setelah sekitar empat atau lima tahun, menstruasimu akan masuk ke dalam ritme yang teratur dan akan datang setiap bulan. Kesehatanmu mungkin juga mempengaruhi menstruasimu jadi kamu tidak perlu khawatir ya. :) 

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Perlukah Aku memakai celana ketat/short pants? 

A: Mengenakan celana pendek ketat saat menstruasi bisa membuatmu lebih nyaman lho. Jika kamu memakai celana biasa, pembalut bisa bergerak-gerak dan menyebabkan kebocoran. Celana pendek ketat dapat menahan sayap pembalut dengan nyaman dan dapat dibersihkan dengan mudah. Kamu bisa memilih celana pendek ketat dengan berbagai warna, bentuk dan ukuran. Kamu bisa memilihnya bersama ibu/kakak perempuanmu dari rumah. 

Q: Kenapa ya tidak semua orang mengalami nyeri menstruasi? 

A: Nyeri menstruasi memang tidak terjadi pada semua orang. Ada yang mengalami sakit perut, tapi ada juga yang tidak. Salah satu penyebab nyeri adalah karena darah di dekat bagian dalam punggung bawahmu tidak bersirkulasi dengan lancar. Jika sirkulasi darahmu buruk, kamu lebih berkemungkinan mengalami nyeri menstruasi. Tapi kamu jangan khawatir ya :) 

Q: Bolehkah Aku berolahraga selama menstruasi? 

A: Olahraga berat selama menstruasi tidak dianjurkan ya Charm Girls, tapi kamu bisa melakukan olahraga ringan dengan benar. Seperti meregangkan punggung bawah, menghangatkan seluruh tubuh dan menjaganya agar tidak terlalu dingin untuk meredakan nyeri menstruasi. Ingat ya.. berolahraga di luar ruangan dapat menurunkan suhu tubuhmu lho. Kamu bisa menggunakan jaket dan seka keringatmu agar terhindar dari kedinginan. :) 

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Bolehkah Aku mandi selama menstruasi? 

A: Saat kamu tidak mengalami banyak perdarahan, tidak apa-apa untuk berendam di bak mandi. Kamu tidak perlu khawatir akan datangnya bakteri. Tapi ingat ya.. darah menstruasi dapat mengotori air di bak mandi jadi saat kamu sedang tidak di rumah sebaiknya kamu mandi mengggunakan shower, tanpa berendam ya. Perubahan yang terjadi pada tubuhmu sebelum dan selama menstruasi 

Q: Aku mengalami keputihan tetapi sedikit berbeda dari sebelumnya. 

A: Keputihan yang kamu alami biasanya akan berwarna putih atau cream serta sedikit lengket, dan ketika mengering menjadi berwarna kekuningan, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu akan segera menstruasi pertama lho. Nah, kamu tidak perlu cemas ya, ini normal kok. Tapi jika kamu merasa keputihanmu tidak normal seperti gatal, mencium bau menyengat, atau jika keluar sesuatu yang tidak normal, kamu bisa membicarakannya dengan seseorang di rumah lalu temui dokter ya. :) 

Q&A Menstruasi Pertamamu

Q: Apakah perutmu selalu sakit sebelum menstruasi? 

A: Tidak Charm Girls! Beberapa orang merasakan rasa berat di sekitar perut dan punggung bagian bawah, namun ada juga yang tidak merasakannya lho. Remaja yang sama bisa merasakan hal yang berbeda dari satu bulan ke bulan berikutnya. Jadi ini bukanlah hal yang serius, sehingga kamu tidak perlu khawatir. :) 

Q: Darah di pembalutku lebih hitam daripada merah. 

A: Darah menstruasi itu merupakan campuran darah dan selaput endometrium (lapisan terdalam pada rahim), biasanya berwarna hitam bukan merah, sama seperti saat kamu mengeluarkan darah jika terluka. Saat menstruasi pertamamu datang kamu akan menemukan sejumlah darah kecil coklat atau hitam bercampur coklat ada pada pakaian dalammu. Tetapi Charm Girls, jika darahmu berwarna merah cerah atau jika terdapat gumpalan darah padat yang lebih besar, kamu harus membicarakannya dengan seseorang di rumahmu ya. 

Q: Ada bentuk seperti potongan hati yang bercampur dengan darah menstruasiku. 

A: Saat masih segar, darah akan bertekstur halus dan berwarna merah. Saat sudah tidak segar, darah akan mengeras menjadi sesuatu yang terlihat seperti hati. Darah menstruasi tidak hanya mengandung darah tetapi juga mengandung potongan-potongan membran endometrium. Karena itu terkadang ada gumpalan di dalam darah. Nah, ini bukan berarti kamu sakit ya, karena selama darahnya tidak besar, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan. :) 

Q: Apakah Aku akan mengalami diare atau sembelit sebelum atau selama menstruasi? 

A: Sebelum atau saat menstruasi datang, hormon yang memperlambat atau mempercepat buang air besar dapat membuatmu sembelit, atau diare. Jika kamu mengalami sembelit sebelum menstruasi, minumlah lebih banyak dari biasanya dan makan banyak sayuran ya. Disarankan juga makan yoghurt atau buah. Jadi jangan khawatir saat kamu diare selama menstruasi, cobalah untuk menjaga perut agar tetap hangat dan tetaplah jalani harimu dengan baik. :) 

menstruasi pertama
masa menstruasi
charm
Komentar (0)
A