Kembali

Edukasi

Perubahan pada tubuh
Perubahan pada tubuh


Perhatikan ketika putri Anda memasuki masa pubertas, payudaranya mulai tumbuh dan tubuhnya mulai terbentuk. Perlahan demi perlahan, Ia akan berubah menjadi wanita dewasa. Hal ini berkaitan erat dengan hormon yang dikeluarkan oleh ovarium. Perubahan yang ada dapat menjadi pertanda bahwa putri Anda sudah dekat dengan menstruasi pertamanya, jadi pastikan Anda terus mengamati perubahan yang terjadi dan tetap mendampingi seiring mereka tumbuh dewasa ya!

Perubahan pada tubuh

Baca Juga : Bagaimana ya tubuh perempuan dan laki-laki bekerja? - Charm Girl's Talk

Perubahan yang dipengaruhi oleh hormon 
Perubahan pada tubuh anak perempuan menjadi wanita dewasa disebabkan oleh hormon wanita. Saat memasuki masa pubertas, otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk ‘melepaskan hormon wanita’ dan di saat itu pula, sel telur atau ovarium akan mengeluarkan hormon ovarium (oestrogen) dan hormon luteal (progesteron).

Mekanisme Tubuh Seorang Gadis
 

 

 

 

 

Perubahan tubuh pada masa pubertas 

Hormon bekerja untuk mempersiapkan tubuh perempuan agar bisa melahirkan. Perubahan tubuh bisa menjadi tanda menstruasi pertama akan tiba dan saat seorang gadis merasakan perubahan seperti itu, inilah waktu yang tepat untuk membuat persiapan sebelum menstruasi pertamanya datang. Yuk, kita lihat lebih jauh.

Payudara mulai membesar 
Pada masa pubertas, kelenjar susu dan pembuluh laktiferus berkembang dengan membentuk lemak di sekitarnya sehingga menghasilkan payudara yang lebih besar Jika puting payudara terasa ‘linu dan geli’, ini tandanya payudara mungkin mulai membesar.

Tubuh mulai membentuk 
Ini adalah saat panggul bagian bawah terlihat mulai membesar. Perbedaan lebar antara perut dan pantat mulai membuat pinggang ramping karena pembentukan lemak di seluruh tubuh sehingga menghasilkan tampilan yang lebih berisi dan feminin.

Rambut tubuh mulai tumbuh 
Pada umumnya rambut kemaluan akan tumbuh terlebih dulu, kemudian diikuti oleh rambutrambut di bagian bawah lengan. Sekilas, rambut-rambut tersebut akan tumbuh tipis dan semakin lama menebal. 
// 
Tanpa disadari, putri Anda akan tumbuh meninggi, berat badannya bertambah dan warna putingnya akan tampak gelap. Namun, pada beberapa kasus, anak perempuan akan tiba-tiba mengalami menstruasi walaupun tidak ada perubahan yang signifikan pada tubuhnya.

Hal yang harus diingat! 

Hormon wanita mempengaruhi perubahan tubuh putri Anda seiring Ia tumbuh menjadi wanita dewasa. 
// 
Ketika payudara putri Anda berkembang, rambut-rambut halus pada bawah lengan dan kemaluan tumbuh, serta Ia mulai mengalami keputihan adalah sebuah tanda jika menstruasi pertamanya akan segera tiba! Jadi mari bersiap-siap ya, Mama.

Komentar (0)
A