Kembali

Edukasi

5 gejala menstruasi normal terjadi pada wanita!
5 gejala menstruasi normal terjadi pada wanita!


Siapa yang mulai ngerasain gejala menstruasi saat haid datang? Emang membingungkan sih, buat kamu dan anak-anak cewek lainnya yang belum terbiasa dengan gejala menstruasi. Maklum aja, gejala menstruasi memang mirip dengan orang mau sakit atau nggak enak badan. 

Mulai dari sakit kepala yang suka datang mendadak, asam lambung naik, sampai perut mual dan kembung. Sudah panik nyari obat ke sana-kemari, capek-capek Googling, eh tahunya mau dapet alias lagi PMS atau Pra Menstruasi Sindrom~ 

Haduh, capek deh! 

Walaupun nggak semua cewek mengalami PMS, kamu harus sudah waspada datangnya gejala menstruai 1-2 minggu sebelum datang bulan. Sebagian besar gejala PMS yang muncul tergolong ringan. Tapi pada sebagian cewek, PMS bisa jadi cukup parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari lho.

Yuk, kita cari tahu gejala menstruasi normal itu seperti apa sih? Biar kamu bisa waspada terhadap datang bulanmu.

Baca Juga : Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya

1. Ciluk ba, jerawat! 
Coba bercermin, jerawat emang jadi gejala menstruasi normal yang paling sering terjadi. Apalagi di area dagu dan rahang..

5 gejala menstruasi normal terjadi pada wanita!
Jerawat di Dagu

Jerawat karena masa menstruasi muncul karena perubahan hormon yang punya hubungan erat dengan siklus menstruasi. Perubahan hormon tuh bakal bikin kulit menghasilkan minyak atau sebum berlebih dan akhirnya menyumbat pori-pori kulit. Sumbatan pada pori-pori, suka banget bikin bakteri lebih mudah buat nempel dan akhirnya jadi jerawatan deh~ 

Kalo Charm Girls, rajin cuci muka dan pakai obat jerawat bakal bikin jerawat yang suka datang akan hilang ketika siklus haid berakhir.

2. Kram perut bikin bete 
Sebagian besar cewek bakal mengalami kram perut jelang menstruasi. Gejala menstruasi yang satu ini bisa terjadi beberapa hari sebelum menstruasi, kemudian akan berlanjut selama dua hingga tiga hari pas lagi dapet! Kram menstruasi dapat terasa di perut bagian bawah sampai ke punggung dan paha bagian atas sehingga menimbulkan rasa pegal. Fix, bikin lemes banget sih!

5 gejala menstruasi normal terjadi pada wanita!
Kram Perut Saat Haid 

Kegiatan dalam rahim dipicu oleh prostaglandin pas proses peluruhan dinding rahim bisa bikin pembuluh darah yang ada di sekitarnya jadi terhimpit gitu. Nah, kondisi tersebut yang dapat menghambat suplai oksigen ke dalam rahim. Akibatnya, kadar oksigen dalam rahim akan rendah dan bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan kram. 

Biar nggak gitu sakit, kamu bisa coba pake heat pack atau menempelkan botol yang berisi air hangat/panas… Pasti nyaman banget deh, Charm Girls.

Baca Juga : 5 cara duduk yang benar saat menstruasi, biar gak ganggu belajar & bekerja!

3. Keputihan 
Kalo Charm Girls melihat ada cairan berlendir berwarna putih dan tidak menimbulkan bau yang terdapat dari vagina ada pakaian dalam, itu adalah keputihan sebagai gejala menstruasi normal.

5 gejala menstruasi normal terjadi pada wanita!
Keputihan adalah Gejala Menstruasi 

Mungkin sih pada awalnya berwarna putih, namun lama-kelamaan akan menjadi kecoklatan, itu berarti jika keputihan telah dicampur dengan beberapa darah. Kamu udah harus siap-siap bahwa menstruasi bakal dateng! 

Kalo kamu ngerasa risih dengan keputihan, nggak ada salahnya kok kamu memakai pantyliner, Charm Girls!

4. Sakit kepala atau pusing 
Kamu bisa saja ngeluh gara-gara sakit kepala saat menstruasi mau dateng. Perubahan kadar estrogen dalam tubuh yang dapat mengganggu hormon serotonin di otak bisa bikin kepala jadi sakit, Charm Girls.

5 gejala menstruasi normal terjadi pada wanita!
Sakit Kepala Sebelum Haid

Perbanyak minum air putih dan segera istirahat kalo kamu mengalami hal ini ya, Charm Girls. Nggak usah memaksakan untuk beraktivitas ya~

5. BM alias banyak mau! 
Saat PMS, nafsu makan kamu yang meningkat adalah gejala menstruasi normal. Beberapa studi sih bilang kalo peningkatan kadar estrogen dan progesteron menjadi penyebab ngidam terutama makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat.

5 gejala menstruasi normal terjadi pada wanita!
Gejala Menstruasi

Bayangin aja coklat, cake, burger, pizza, fried chicken kalo dimakan secukupnya sih nggak apaapa. Di satu sisi, makanan dengan kandungan tinggi gula bisa bantu mengatasi rasa lelah dan bad mood gara-gara masa menstruasi yang datang. Tubuh akan melakukan sekresi serotonin, yakni zat kimia tubuh yang meningkatkan perasaan bahagia. 

Namun, bayangkan jika Charm Girls memakannya terlalu banyak, ih! Buruk banget buat kesehatan tau! Jadi, ngidam boleh asal jangan berlebihan ok! Kalo ngidam yang manis-manis bisa diganti dengan buah-buahan yang pastinya lebih sehat.

Oiyaa Charm Girls, beberapa cewek juga ternyata bisa mengalami gejala PMS seperti merasa mual atau demam. Hal ini disebabkan karena siklus hormonal sebelum menstruasi dapat mempengaruhi perubahan suhu tubuh dan menyebabkan demam. 

Kurang lebih itulah beberapa gejala menstruasi yang normal terjadi disaat Charm Girls datang bulan. Kalo kamu merasakan gejala yang sangat parah bahkan mengganggu rutinitasmu, ada baiknya kamu segera beritahu orang tua dan minta mereka membawmu ke dokter, ya, Charm Girls!

Komentar (0)
A