Kembali

Tentang Menstruasi

6 panggilan menstruasi unik yang wajib di ketahui!
6 panggilan menstruasi unik yang wajib di ketahui!


Charm Girls tahu nggak sih, biasanya cewek punya kata unik untuk menjelaskan sesuatu dan hanya dapat dimengerti oleh sesamanya? Sejenis kode-kode gitu, deh. Nah, sebenarnya sih ada banyak kode-kode yang biasa dipakai setiap hari; termasuk dengan istilah “Menstruasi’, Charm Girls! Emang ada apa aja sih? Yuk kita cari tahu~

  1. “Dapet, Lagi Dapet Nih”

Hayo, siapa yang dulu kalo denger kata “Dapet” suka bingung? Sini kumpul! Entah dari mana tren kata “Dapet” ini beredar. Sebelum mengalami menstruasi pertama, rasanya aneh banget kalo denger para cewek dewasa bilang “Aduh, dapet nih!” atau “Lagi dapet” dan bertanya-tanya sendiri, apa ya yang didapatkan sebenarnya. Eh, akhirnya setelah beberapa lama jadi tahu juga.

Baca Juga : Charm Girls tau gak sih, hewan menstruasi atau tidak? - Charm Girl's Talk

Padahal saat masa menstruasi kita bukan ‘mendapatkan sesuatu’, tapi malah melepaskan darah yang berasal dari dinding rahim. Hahaha, lucu juga ya Charm Girls.

  1.  “Datang bulan”

Tunggu, datang bulan? Bukan berarti bulan yang ada di langit akan menghampirimu, Charm Girls. Nah, istilah “datang bulan” berasal dari periode menstruasi yang selalu terjadi alias datang setiap bulannya; mungkin lebih tepatnya setiap 25 hingga 38 hari. Untuk yang satu ini sebenarnya cukup masuk kreatif sih, Charm Girls. Banyak yang menganggap istilah datang bulan ini lebih sopan; padahal kata menstruasi juga nggak salah kan? Setuju nggak, Charm Girls?

  1. “Halangan”

Wah, istilah yang satu ini cukup menimbulkan kontroversi nih, Charm Girls. Masih banyak orang-orang di luar sana yang menganggap kalo masa menstruasi akan membuat cewek tidak bisa melakukan sesuatu, oleh karena itu disebut “halangan”. Sedih, nggak sih? Padahal, paling, hanya aktifitas beribadah aja tuh yang biasanya harus tertunda. Kalo kamu mengerti soal menstruasi dan segala seluk beluknya, cewek harusnya sih tidak akan mengalami masalah pas ngejalanin rutinitas, lho! Menghadapi masa menstruasi emang penuh tantangan, namun kamu pasti terbiasa kok! So, kamu setuju nggak sih kalo menstruasi itu adalah sebuah “halangan”, Charm Girls.

  1. “Lagi M”

Panggilan yang satu ini lucu banget, Charm Girls. Kira-kira “Lagi M” itu sedang ngapain ya? Lagi makan? Lagi mandi? Lagi minum? Lagi mencuci? Lagi mager? Lagi main? Banyak banget artinya, yah. Ternyata “M” adalah singkatan dari menstruasi. Masih jadi misteri nih kenapa kata menstruasi harus pake acara disingkat-singkat, padahal nanggung banget kan, Charm Girls.

  1. “Lagi Keluar Darah Kotor”

Hah? Darah kotor? Untuk istilah yang satu ini emang salah banget sih. Dalam istilah kedokteran, nggak ada yang namanya darah kotor pada tubuhmu. Selain pada menstruasi, darah kotor juga sering banget dikaitkan dengan jerawat. Padahal, kedua hal tersebut sangat erat hubungannya dengan hormon. Apalagi, dari macam-macam darah haid di masa menstruasi tuh nggak kotor dan nggak berbahaya. Darah dan jaringan yang keluar pada saat menstruasi berasal dari penebalan lapisan dalam rahim yang nggak dibuahi, Charm Girls. 

Huft, ada-ada saja yah istilah darah kotor ini!

Kurang lebih seperti itulah panggilan unik tentang masa menstruasi yang semua cewek alami. Nah, tahukah kamu sebenarnya alasan kenapa cewek punya kata-kata unik adalah karena kata ‘menstruasi’ sendiri sering banget dianggap tabu, Charm Girls. Masih banyak teman-teman kita yang merasa kurang nyaman.

Nggak cuma di Indonesia, di luar negeri juga punya panggilan lain yang cukup unik seperti “Shark Week”, “Flo, atau “Bloody Mary”. Hal ini cukup menyedihkan sedih juga ya, padahal kan periode menstruasi adalah siklus alami yang pastinya dialami seluruh cewek di dunia. Kenapa harus malu-malu, ya nggak?

Nah, dengan pengetahuan yang cukup tentang tubuh dan masa menstruasi dari Charm Girl’s Talk; semoga kamu jadi nggak risih ngomongin menstruasi dengan teman atau orang tuamu ya!

Komentar (0)
A